Advertisement
Tanya Jawab

√ Apa pengertian musik vokal dan instrumen? – CIKIJING.COM

Jawaban:

Sebenarnya, berdasarkan unsur yang disajikan, musik di bagi menjadi 3 yaitu musik vokal, musik instrumental, dan musik campuran. Berikut ini penjelasan lebih lengkap pengertian masing-masing:

1. Musik vokal

Musik vokal adalah jenis musik yang disajikan hanya dengan suara vokal manusia saja tanpa adanya iringan suara alat musik. Contoh dari musik vokal adalah orang yang bernyanyi, orang bersiul, orang bersenandung, musik acapella, dan musik kudus. Musik vokal tidak membutuhkan media, hanya keahlian dalam mengolah suara. Variasi aransemen menggunakan vokal dua suara, tiga suara, atau empat suara.

2. Musik instrumental

Musik Instrumental adalah jenis musik yang disajikan hanya suara alat-alat musik saja tanpa adanya vokal. Contoh dari musik instrumental antara lain: instrumen piano pada musik klasik, instrumen gitar akustik, instrumen saxophone. Musik instrumental menggunakan media dalam penyajiannya, seperti buku-buku musik, bakat, kreativitas, pengetahuan sifat suara manusia, serta imajinas. Dalam menyusun aransemen, musik instrumen berpedoman pada pengetahuan ilmu harmoni dan akor.

3.  Musik campuran

Musik campuran adalah jenis musik yang disajikan gabungan antara keduanya yaitu adanya vokal yang diiringi oleh suara lantunan alat musik. Musik ini paling banyak dikembangkan dan dinikmati orang karena selain instrumen pengiring, juga dapat dinikmati lirik yang disampaikan vokalisnya.

Terimakasih telah melihat artikel Tanya Jawab, semoga bermanfaat bagi para pembaca Cikijing.com.

Baca Juga:  untuk melepas blok mesin sepeda motor diperlukan alat pemukul yaitu - CIKIJING.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button