Advertisement
Tanya Jawab

√ Pemanfaatan Medan Magnet pada Migrasi Hewan – CIKIJING.COM

Jawaban:

1. Migrasi burung

Partikel magnetik yang ada pada tubuh burung digunakan untuk menciptakan “peta” navigasi dengan memanfaatkan medan magnet bumi.

Contoh: Burung merpati pos memanfaatkan medan magnet bumi sebagai penunjuk arah pulang. Butiran-butiran magnet terdapat pada paruh burung digunakan sebagai pusat pengindra magnetik burung.

2. Migrasi salmon

Ikan salmon dapat mendeteksi medan magnet tertentu di suatu tempat.

Contoh: Ikan salmon menetas dan tinggal di sebuah sungai selama tiga tahun, kemudian mereka bermigrasi ke laut. Ikan salmon akan kembali ke tempat asal tanpa tersesat menggunakan medan magnet yang dimiliki sungai tersebut sebagai penunjuk arah.

3. Migrasi penyu

Penyu dapat mendeteksi medan magnet di suatu tempat yang mengarah di lautan yang hangat dan wilayah yang kaya akan sumber makanan.

Contoh: Ketika penyu mendeteksi medan magnet suatu wilayah, penyu akan berenang menuju ke arah wilayah tersebut.

4. Lobster Duri

Lobster duri mampu merasakan medan magnet bumi dan akan menyesuaikan diri tetap bergerak menuju arah kutub utara.

Contoh: lobster duri mendeteksi medan magnet untuk memandu migrasi yang dilakukan dari lepas pantai Florida menuju lautan lepas yang lebih hangat dan tenang di setiap akhir musim gugur.

5. Magnet dalam tubuh bakteri

Organel khusus yang disebut magnetosome terdapat pada kelompok  Magnetotatic bacteria (MTB). Magnetosome ini tersusun atas senyawa magnetite (Fe₃O₄) atau greigite (Fe₃s₄) yang memiliki sifat kemagnetan sangat kuat.

Contoh: MTB melakukan navigasi dan migrasi dengan bantuan medan magnet.

Pembahasan

Medan magnet bumi adalah daerah di sekitar bumi yang masih dipengaruhi oleh gaya tarik bumi. Medan magnet tersebut mempengaruhi kehidupan makhluk hidup di bumi. Sebagian besar hewan memanfaatkan medan magnet bumi untuk untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya.

Baca Juga:  Diketahui larutan natrium klorida, natrium hidroksida, asam nitrat, etanol dan urea. Larutan mana yang termasuk elektrolit dan non elektrolit

Di dalam tubuh hewan terdapat magnet. Oleh karena itu, hewan mampu mendeteksi medan magnet bumi. Fenomena tersebut dinamakan biomagnetik. Medan magnet bumi juga digunakan hewan untuk membantu mereka dalam menentukan arah migrasi, mempermudah mencari mangsa, atau menghindari musuh.

Terimakasih telah melihat artikel Tanya Jawab, semoga bermanfaat bagi para pembaca Cikijing.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button