Advertisement
Tanya Jawab

#1 best kalau dalam kehidupan ini tidak ada aturan – CIKIJING.COM

Jawaban:

Kalau dalam kehidupan ini tidak ada aturan maka akan timbul pertentangan (konflik) dalam interaksi antar sesama manusia di lingkungan masyarakat.

Pembahasan:

Di tengah lingkungan masyarakat terdapat banyak aturan. Aturan ini dapat berupa aturan tak tertulis seperti norma dan etika, atau aturan terlusi seperti hukum dan undang-undang.

Aturan pada dasarnya dibentuk agar manusia dapat menjalankan haknya, tanpa mengurangi atau melanggar hak orang lain. Seperti yang disebutkan Thomas Hobbes dalam karyanya “De Cive”, bahwa “Manusia adalah serigala bagi manusia lainnya”. Maksudnya manusia akan saling menyakiti satu sama lain, karena keinginan manusia untuk mendapatkan haknya dan memenuhi kebutuhannya akan mendorong untuk melanggar hak orang lain, bila tidak ada aturan. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya konflik. Karena itulah manusia memerlukan aturan agar dapat menghindari hal yang tidak diinginkan tersebut.

Contohnya adalah saat kita berkendara di jalan. Pengendara kendaraan bermotor memiliki hak untuk melintas, sementara pejalan kaki memiliki hak untuk menyeberang. Tanpa aturan, maka akan terjadi kecelakaan saat keduanya berebut menggunakan jalan. Karena itu diperlukan aturan lalu lintas di jalan, seperti aturan zebra cross dan lampu merah, agar terjadi ketertiban dan mencegah terjadinya konflik di jalan.

Aturan pada intinya berupa perintah dan larangan, yang berasal dari Allah, Nabi maupun manusia.

Tujuan dari aturan tersebut tentunya agar hidup menjadi tertib dan damai, dan agar berada pada jalan yang benar.

Maka apabila aturan tidak ada, maka tidak akan tercipta kehidupan yang tertib dan damai. Sebab tidak ada perintah maupun larangan. Semua boleh dilakukan.

Hal tersebut akan menyebabkan konflik kepentingan antar manusia, yang saling merugikan satu sama lain.

Baca Juga:  Tahap perkembangan dimana pemahaman anak dicapai melalui eksplorasi dirinya sendiri dan manipulasi fisik-motorik melalui pengalaman sendiri disebut? - CIKIJING.COM

Tanpa aturan, misalnya aturan dari Allah berupa Al Qur’an, maka hidup akan tersesat. Kejahatan dan kemaksiatan merajalela.

Jawaban Akhir & Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Apabila tidak ada aturan, maka dampak yang akan diakibatkan sangat besar. Dampak yang ditimbulkan karena tidak ada aturan dalam kehidupan antar lain sebagai berikut :

  1. Hidup antara sesama makhluk hidup menjadi tidak harmonis.

  2. Kejahatan merajalela dimana-mana.

  3. Setiap saat terjadi perkelahian, percecokan atau bahkan peperangan.

  4. Hidup menjadi tidak tentram dan sellau berada dalam ketakutan karena semua orang bertindak semaunya sendiri.

 

Terimakasih telah melihat artikel Tanya Jawab, semoga bermanfaat bagi para pembaca Cikijing.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button