Advertisement
APLIKASI

10 Aplikasi Screenshot Terbaik untuk Memotret Layar Android Aplikasi Terbaik

Setiap ponsel Android umumnya sudah memiliki fitur screenshot built-in. Fitur yang satu ini memang sangat bermanfaat untuk mengambil gambar pada layar perangkat Android secara real time. Akan tetapi, umumnya fitur screenshot bawaan dari smartphone hanya mampu mengambil gambar saja.

Sementara itu, aplikasi screenshot yang tersedia di Google Play Store biasanya tidak hanya mampu mengambil gambar di layar saja, tetapi juga memungkinkan Anda untuk meng-edit, menambahkan tulisan, atau melakukan beberapa hal lainnya.

Nah, Berikut ini Carisinyal sudah merangkum sepuluh aplikasi screenshot Android pilihan. Aplikasi canggih ini bisa menjadi solusi untuk Anda yang kurang puas dengan fitur screenshot bawaan dari perangkat Android Anda.

1. Screenshot Easy

screenshot easy_

Sesuai dengan namanya, Screenshot Easy, siap membantu penggunanya untuk melakukan screenshot secara mudah dan praktis.

Ini merupakan aplikasi gratis di mana Anda bisa menangkap layar dengan banyak cara. Pertama, Anda bisa melakukan screenshot dengan cara menekan tombol “power” dan “volume.” Cara yang kedua, Anda bisa menekan tombol “power” + “home.”

Kedua cara tadi akan melakukan screenshot dalam waktu dua detik saja. Kalau Anda merasa repot untuk menekan dua tombol, maka Screenshot Easy menyuguhkan fitur untuk menangkap layar dengan cara menggoyangkan ponsel dan notification icon. Nah, mana cara yang ingin Anda gunakan?

2. Screenshot touch

Screenshot touch

Menangkap layar di Android, kini Anda bisa melakukannya dengan mudah dan praktis. Hanya butuh sekali sentuh maka secara otomatis layar akan langsung ter-screenshot dengan sendirinya. Ya, aplikasi yang dibesut oleh Daejeong Kim ini memang cukup baik dalam menangkap layar.

Baca Juga:  BERBAGI INFO LOWONGAN KERJA BULAN JANUARI TH. 2022 di PONELO KEPULAUAN, GORONTALO UTARA, GORONTALO Aplikasi Terbaik

Dalam aplikasi yang dinamakan Screenshot touch ini, penggunanya bisa menikmati fitur screenshot dengan cara sentuh layar, notification area, atau dengan cara menggoyangkan bodi ponsel. Juga, Screenshot touch punya fitur merekam video untuk layar lho. Cukup lengkap, kan?

3. Screen Master

screen master_

Kalau Anda mencari aplikasi ringan untuk melakukan screenshot, maka kami sarankan untuk men-download Screen Master. Aplikasi ini hanya akan memakan ruang kurang dari 5MB di ponsel Anda. Meski ringan, namun Screen Master cukup bagus untuk menangkap layar.

Screen Master menjamin penggunanya akan mendapatkan hasil tangkapan layar dengan resolusi HD. Bukan hanya itu saja, bahkan Anda juga bisa langsung menyimpan hasil screenshot di memori external HP. Ada tiga cara melakukan screenshot di Screen Master, yakni Floating button, Shaking device, dan Web capture.

4. Screenshot Assistant

Screenshot assistant_

Screenshot Assistant adalah aplikasi screenshot di Android yang mudah dioperasikan. Setelah memasang aplikasi di ponsel, Anda hanya perlu mengatur perizinan akses aplikasi sesuai anjuran. Lalu, aplikasi Screenshot Assistant langsung memberitahu Anda kalau aplikasinya siap digunakan.

Untuk menggunakan Screenshot Assistant dalam mengambil tangkapan layar, cukup tekan home button selama beberapa detik. Hasil screenshot akan langsung tampak di layar HP dan Anda dapat menyuntingnya dengan menambahkan teks atau memotong image-nya sesuai kebutuhan. Aplikasinya bisa diunduh secara gratis di sini.

5. Screenshot & Screen Recorder

Screenshot & Screen Recorder

Kalau di aplikasi Screenshot & Screen Recorder ini, Anda bisa memilih tipe cara screenshot-nya. Ada dua cara untuk melakukan screenshot di aplikasi ini, yang pertama dengan cara menggoyangkan HP dan yang kedua dengan klik satu kali di tombol tertentu.

Ada hal menarik lainnya dari aplikasi ini, yakni screen recorder. Jadi, Screenshot & Screen Recorder bukan hanya berfungsi untuk screenshot, tapi bisa difungsikan sebagai aplikasi rekam layar juga. Cukup bagus, kani?

6. Screenshot Capture – Tri Core

Screenshot capture - tri core_

Aplikasi selanjutnya datang dari Tri Core. Screenshot Capture memungkinkan Anda untuk membuat tangkapan layar dalam hitungan detik saja. Saat menggunakan aplikasi ini, Anda cukup menekan tombol “Start” saja.

Baca Juga:  15 Aplikasi Kamera Webcam Terbaik untuk Laptop Aplikasi Terbaik

Setelahnya, akan muncul ikon bergambar lensa kamera di layar ponsel Anda. Nah, Anda dapat menekan ikon tersebut untuk mengambil tangkapan layar. Serupa dengan kebanyakan aplikasi lainnya, Screen Capture menghadirkan fitur editing untuk gambar hasil tangkapan layar. Anda dapat menambahkan filter atau teks, juga memotong gambar sesuai selera. 

Aplikasinya memang cukup lengkap, namun jika dibandingkan dengan Screenshot Assistant, aplikasi ini masih kurang praktis karena mengandalkan ikon kamera yang mengapung di layar. Sementara Screenshot Assistant hanya mengharuskan penggunanya untuk menekan tombol home saja.

7. Screenshot – Splend Apps

Screenshot - Splend Apps

Jika Anda gunakan Screenshot dari Splend Apps untuk mengambil tangkapan layar, dijamin akan mendapatkan pengalaman yang memuaskan.

Aplikasi ini bisa mengambilkan tangkapan layar dengan cara tombol overlay yang posisinya dapat dikustomasi, mengetuk opsi shutter dari bar notifikasi, ataupun kombinasi tombol fisik yang menjadi standari di perangkat Android.

Apabila diinginkan, Anda pun bisa menyetel durasi delay yang akan menghitung mundur sebelum area layar benar-benar di-screenshot-kan. Ini adalah aplikasi yang tersedia secara gratis dan tidak mengharuskan pengguna untuk melakukan rooting (walau beberapa fitur tertentu mengharuskannya).

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button