APLIKASI

12 Aplikasi untuk Membuat Flowchart untuk Memudahkan Kerjamu Aplikasi Terbaik

Ketika kamu mengembangkan ide, alur kerja, ataupun desain sebuah proyek, keberadaan aplikasi pembuat flowchart akan membantu menyederhanakan proses pembuatannya. Aplikasi ini, meskipun tak nampak seperti investasi prioritas, dapat membantu tak hanya untuk mengeksplorasi kreativitas bisnis dan brainstorming, tapi juga kemungkinan biayanya jauh lebih murah dibandingkan dengan whiteboard.

Memang tidak semua aplikasi pembuat flowchart memiliki kualitas yang sama, tapi yang terbaik semuanya akan memiliki fitur inti yang sama, seperti template dasar dan objek yang telah ditentukan sebelumnya.

Untuk membantumu memilih aplikasi pembuat flowchart yang terbaik yang sesuai dengan kebutuhanmu, artikel ini sudah merangkum 12 aplikasi terbaik untuk membuat flowcart. Yuk, simak pembahasannya.

1. GitMind

Capture Git MInd

GitMind adalah perangkat online gratis yang bisa kamu aplikasikan untuk membuat flowchart, bagan organisasi, diagram UML, diagram tulang ikan, diagram pohon, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini hadir dengan banyak pilihan template flowchart yang bisa kamu pilih.

Antarmuka dari aplikasi ini sangat bersih sehingga mudah dipelajari dan dikuasai. Bentuk flowchart yang paling umum dan paling sering digunakan pun dirancang dan diatur agar penempatannya mudah diakses saat membutuhkannya. Kamu hanya perlu menjalankan fungsionalitas drag and drop yang sederhana untuk mulai membuat struktur flowchart.

Tidak hanya itu, kamu juga dapat mengekspor gambar Anda ke berbagai format file, seperti PDF, PNG, JPEG, dan SVG. Kamu pun dapat mengatur kata sandi untuk flowchart dan membagikannya dengan tim. Semua fungsi ini menjadikan GitMind sebagai alat pembuat flowchart yang hebat bagi para pemula.

2. Microsoft Visio

Microsoft Visio
*

Sepertinya aplikasi ini sudah sangat terkenal. Microsoft Visio merupakan alat yang popular untuk membuat diagram alur, bagan organisasi, diagram, denah rumah (floor plan) desain teknik, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini memungkinkan anggota tim untuk bisa mengerjakan diagram secara bersamaan.

Baca Juga:  Jasa pembuatan aplikasi android jogja Kabupaten Tebo – Kangjo Online Store Aplikasi Terbaik

Kamu dapat mengkoneksikan flowchart dan diagram yang kamu buat ke data real-time sehingga perubahan apapun yang terjadi dalam data yang mendasarinya akan terlihat melalui pemformatan bentuk yang diterapkan. Versi web Microsoft Visio bisa digunakan di browser apapun di mana saja.

Pada bagian kegunaan dan fitur, MS Visio mempunyai pilihan diagram dan template grafik yang bervariasi. Tentu saja ini akan sangat berguna bagi pengguna karena mereka memiliki banyak opsi yang bisa disesuaikan dengan setiap kebutuhan yang unik dan berbeda.

3. yED Graph Editor

yED Graph Editor

yED Graph Editor merupakan aplikasi desktop gratis, bagus, dan lintas platform yang dapat digunakan untuk membuat diagram dengan cepat juga efektif. Aplikasi ini dapat digunakan di semua platform utama seperti Windows, Unix/Linux juga Mac OS X.

Aplikasi ini juga mendukung berbagai jenis diagram yang memungkinkan pengguna untuk membuat diagram secara manual ataupun mengimpor data eksternal untuk manipulasi atau analisis. yED juga bisa digunakan untuk membuat bagan organisasi, mind map, diagram swimlane, ERD, dan masih banyak lagi.

Fitur utama aplikasi ini termasuk antarmuka pengguna yang intuitif, impor data eksternal dari spreadsheet Excel, ekspor bitmap serta grafik vector, dan pengaturan otomatis elemen diagram. YEd mudah bagi pemula untuk digunakan, namun juga menyediakan kontrol yang dibutuhkan para ahli.

4. Corel MindManager

mindmanager_

Corel MindManager dapat diandalkan oleh kamu yang ingin membuat flowchart dengan mudah. Kamu dapat membuat berbagai jenis diagram dengan template yang juga beragam. Corel MindManager menyediakan tool yang cukup lengkap dengan user interface yang juga ramah bagi pengguna.

Tersedia paket berlangganan khusus profesional dengan tarif sekitar $160 atau Rp2,4 jutaan per tahun. Ingin mencoba Corel MindManager? Silakan langsung unduh di sini. Kamu akan mendapatkan trial gratis selama 30 hari.

Baca Juga:  15 Aplikasi yang Lagi Hits dan Paling Kekinian Tahun 2022 Aplikasi Terbaik

5. Miro

Miro_

Selanjutnya, ada Miro. Layanan untuk membuat flowchart ini punya fitur dan pilihan template yang lengkap. Kamu bisa menyesuaikan pembuatan flowchart dengan kebutuhan. Misalnya, untuk brainstorming dengan teman kerja, kuliah atau sekolah. Kamu dapat menambahkan team board dan membuat flowchart bersama dengan rekan-rekan secara daring.

Miro dilengkapi dengan banyak tools bermanfaat. Di antaranya ada opsi penambahan sticky notes, stickers, kanban, pengubah bentuk flowchart, dan masih banyak lagi. Beberapa fitur unggulan seperti voting dan video chat tak dapat diakses secara gratis. Kamu perlu meng-upgrade plan langganan terlebih dulu. Tarifnya dimulai dari $8 atau sekitar Rp120.000 per bulan.

Tenang, kamu tak perlu takut kesulitan saat menggunakan Miro. Aplikasi ini akan memberikan tutorial pada setiap pengguna yang baru memakainya.

6. Gliffy Diagram

Gliffy Diagram

Aplikasi ini merupakan pilihan lain untuk membuat flowchart yang berbasis web yang sangat mudah dipelajari. Kamu akan langsung bisa mendapatkan sebuah flowchart, diagram Venn atau apa pun yang terlintas di benakmu hanya dengan memindahkan shape dari panel kiri dan pindahkan ke template.

Terdapat beragam jenis bentuk dan ikon untuk dipilih, dan menambahkan sendiri bentuk buatanmu akan semudah memindahkan bentuk dari panel yang ada di komputermu. Grid bawaan aplikasi ini membuat semua elemen berada di tempatnya dan rapi sehingga diagram flowchart bisa cepat dibuat.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button