APLIKASI

15 Aplikasi Kamera Webcam Terbaik untuk Laptop Aplikasi Terbaik

Meskipun bukan menjadi komponen utama, namun kehadiran kamera atau webcam tak bisa dilepaskan dari sebuah laptop. Hampir semua jenis laptop saat ini sudah dibekali dengan webcam dengan resolusi dan juga fitur yang beraneka ragam.

Kamera pada laptop sendiri memiliki berbagai macam fungsi, bisa untuk foto ataupun untuk merekam video. Kamera tersebut juga biasanya digunakan untuk melakukan video calling melalui aplikasi Skype, Zoom, Google Meet, dan lainnya.

Setiap laptop biasanya sudah dibekali dengan aplikasi kamera bawaan. Namun sayangnya aplikasi kamera untuk laptop tersebut terkadang hanya memiliki sedikit fitur. Selain itu kualitas foto dan video yang dihasilkannya juga kurang memuaskan.

Nah maka dari itu kali ini Carisinyal akan mengulas daftar aplikasi webcam yang dapat Anda gunakan untuk menggantikan aplikasi bawaan tersebut. Berbagai aplikasi ini dapat Anda download dan gunakan secara gratis, salah satunya di OS Windows 7. Ingin tahu aplikasi webcam yang kami rekomendasikan? Simak artikel ini sampai akhir, ya!

1. YouCam

Youcam_

YouCam menjadi salah satu aplikasi yang kami rekomendasikan untuk Anda yang butuh aplikasi kamera di PC ataupun laptop. Aplikasi yang bisa bekerja di sistem operasi Windows ini cukup menarik di mana Anda bisa menggunakan sekitar 200 efek untuk mendapatkan hasil jepret yang unik.

Bahkan, YouCam juga sudah dilengkapi dengan segala macam fitur yang bisa memudahkan para penggunanya. Misalnya, ada fitur HDR dan panorama yang bisa menghasilkan gambar yang lebih bagus. Selain untuk selfie, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk merekam video lho.

Kekurangannya, aplikasi ini membutuhakan laptop atau PC yang cukup berat, minimal harus pakai Intel Core i5 atau yang setara, menggunakan 4 GB RAM, dan juga Windows 8 ke atas. Aplikasi YouCam cukup dermawan karena menyuguhkan versi free trial sebelum Anda membelinya. Jika setelah coba masa trial dan Anda tertarik, bisa membelinya seharga $34,99.

Baca Juga:  11 Aplikasi Edit Video Android Gratis Yang Sering digunakan Konten Kreator

2. Windows Camera

Windows Camera

Bagi pengguna Windows maka Anda bisa memanfaatkan aplikasi yang dibesut oleh Microsoft, Windows Camera. Dengan aplikasi yang satu ini, Anda bisa berfoto dengan mudah dan simpel. Pasalnya, Windows Camera punya antarmuka yang lebih simpel jika dibandingkan aplikasi lainnya.

Selain itu, Windows Camera juga tidak kalah dengan berbagai macam efek-efek menarik untuk mempercantik foto Anda. Bahkan, Anda juga bisa memilih rasio 16:9 atau 4:3 untuk fotonya. Oh iya, aplikasi ini juga bisa untuk merekam video, lho. Karena ini adalah aplikasi resmi dari Microsoft, maka penggunaannya pun gratis, namun hanya tersedia pada Windows 10 saja.

3. Logitech Capture

logitech capture

Ingin rekam pakai lebih dari webcam? Bisa banget dengan menggunakan Logitech Capture! Tapi tunggu dulu, memang apa manfaatnya rekam dari dua webcam? Ya tentu saja banyak, misalnya Anda jadi bisa melakukan review barang sembari menunjukkan muka dan produk sekaligus, atau pada saat melakukan semacam tutorial.

Fitur multi source ini juga tidak hanya berlaku untuk webcam tapi juga bisa menampilkan jendela pada PC, semacam screencasting. Yang tidak kalah menariknya juga, Anda bisa dengan mudah melakukan beragam kustomasi seperti sedang berada di studio perekaman. Mengubah tingkat kecerahan, mengaplikasikan filter, memberikan watermark dan text overlay, pokoknya semua bisa dilakukan kalau pakai Logitech Capture.

Selain itu aspek rasionya juga tidak hanya lanskap melainkan bisa juga potret (9:16), cocok bagi Anda yang hobi memposting Instastory secara profesional.

Aplikasi ini hanya bisa digunakan pada OS Windows 10 dan MacOS 10.14/10.15 (beta), dan mendukung untuk beberapa jenis webcam saja seperti, C920 HD PRO, C920s HD PRO, 1080P PRO STREAM, C922 PRO STREAM, C922X PRO STREAM, STREAMCAM, STREAMCAM PLUS, BRIO 4K PRO, BRIO STREAM, dan C930e. Yuk unduh aplikasi ini secara gratis dengan klik link ini.

Baca Juga:  Download Aplikasi Editor Foto Buram Jadi Fokus dan Jadikan Foto Lamamu Jadi Tampak Baru Aplikasi Terbaik

4. ManyCam

manycam_

Jika Anda ingin punya aplikasi kamera di PC yang kaya akan stiker dan efek, maka kami sarankan untuk download ManyCam. Aplikasi yang menarik ini punya sejumlah tools untuk mengedit dan menyisipkan berbagai macam stiker pada foto Anda.

Selain untuk berfoto, aplikasi ManyCam juga bisa digunakan untuk merekam video. Tak tanggung-tanggung, penggunanya bisa merekam video dengan variasi resolusi, 240p, 480p, HD, Full HD, dan masih banyak pilihan lainnya.

Rupanya, aplikasi ini terbilang cukup berat. Cukup wajar mengingat fitur-fiturnya yang banyak. Setidaknya disarankan untuk pakai Intel Core i5 (usahakan generasi ke-6 atau lebih untuk fitur Virtual Background), juga menggunakan VGA tambahan. Aplikasi ini tersedia untuk Windows 10,  macOS, dan bahkan Android serta iOS. Jadi, masih ragu menggunakan ManyCam?

5. Debut Video Capture

debut video capture

Aplikasi kamera untuk laptop yang selanjutnya adalah Debut Video Capture. Software ini dapat merekam video melalui webcam laptop, webcam eksternal, ataupun merekam layar desktop. Hasil rekaman tersebut kemudian akan disimpan dalam format AVI, WMV, dan lainnya.

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Debut Video Capture juga dapat menjadwalkan perekaman video di waktu-waktu tertentu. Selain itu, terdapat juga beberapa setting-an yang dapat diatur secara manual seperti warna, frame, dan lainnya. Menariknya, Anda juga dapat menambahkan filter dan teks pada foto dan video yang Anda ambil tersebut.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button