Advertisement
BERITA

16 Cara Alami Ampuh Obat Penyakit Diare

16 Cara Alami Ampuh Obat Penyakit Diare – Diare merupakan salah satu masalah pencernaan yang pada umumnya disebabkan oleh virus, bakteri dan parasit hingga alergi. Benda asing tersebut masuk ke dalam tubuh melalui makanan. Salah satu hewan pembawa bakteri adalah lalat. Makanan yang telah dihinggapi lalat sebaiknya dibuang demi mencegah diare.

Diare juga bisa disebabkan oleh kuman yang menempel pada tangan yang kotor dan masuk ke dalam tubuh pada saat sedang makan. Ada pula diare yang disebabkan karena intoleransi terhadap beberapa makanan seperti frukosa dan laktosa.

Diare disebabkan oleh berbagai faktor, berikut adalah faktor-faktornya:

  • Infeksi virus.
  • Infeksi bakteri.
  • Alergi pada kandungan makanan tertentu.
  • Keracunan makanan.
  • Efek samping operasi.
  • Efek samping konsumsi minuman beralkohol.
  • Efek samping operasi.

Berbagai Macam Obat Diare Alami

Selain sering buang air besar, diare juga biasanya disertai dengan beberapa keluhan, mulai dari perut kembung, rasa mulas, hingga mual dan muntah. Saat terjadi dalam waktu yang lama, diare bahkan bisa menyebabkan dehidrasi yang berbahaya bagi tubuh.

Berikut adalah cara alami untuk mengobati Diare:

1. Air putih

Water G9459dd4f8 1920

Mengonsumsi cairan yang banyak bisa menjadi obat diare alami sekaligus mencegah dehidrasi. Pelan-pelan tingkatkan porsi cairan yang Anda minum, setidaknya 1 liter per jam selama 1-2 jam.

Meski termasuk cairan, alkohol dan kafein bukan obat alami untuk diare. Keduanya mengandung kafein yang bisa membuat Anda buang air kecil lebih sering sehingga bisa memperparah gejala diare.

2. Oralit buatan sendiri

Anda rentan kena dehidrasi selama diare karena tubuh kehilangan banyak cairan yang keluar bersama feses. Selain cairan, nutrisi dan mineral penting yang tersimpan dalam tubuh juga bisa hilang.

Untuk itu, selain minum air putih Anda juga dianjurkan untuk minum oralit. Oralit adalah obat yang berfungsi untuk menggantikan kadar elektrolit dan cairan tubuh yang telah hilang akibat diare. Dokter Donald Kirby, MD, direktur Pusat Cleveland Clinic’s for Human Nutrition pun membenarkan oralit sebagai obat yang ampuh untuk mengatasi mencret.

Baca Juga:  Penyebab Vertigo Serta Cara Mengobatinya

Gula dan garam adalah mineral elektrolit yang bersifat menahan cairan. Garam dapat menahan simpanan cairan dalam tubuh, sementara gula membantu tubuh Anda menyerap garam. Dua kombinasi ini membantu tubuh terhindar dari kekurangan cairan yang bisa memperparah gejala diare Anda.

Nah, bila Anda tidak cukup kuat untuk pergi ke apotek dan membelinya sendiri, Anda bisa meracik oralit sendiri sebagai obat alami diare. Caranya mudah, Anda cukup larutkan 6 sendok teh gula pasir dan 1/2 sdt garam dalam 1 liter air. Aduk merata, dan minum segelas (250 ml) tiap 4-6 jam sekali.

3. Teh jahe

11. Amankah Ibu Hamil Minum Teh Jahe 2halodoc

Jahe merupakan rempah yang telah banyak digunakan sebagai obat alami untuk menangani rasa tak nyaman di bagian perut. Bersifat antiradang, antinyeri, antibakteri, dan memiliki kandungan antioksidan, jahe bisa menenangkan perut yang melilit akibat diare.

Sebuah penelitian pernah menunjukan bahwa zat yang dimiliki jahe dapat bekerja untuk memblokir racun dari bakteri penyebab diare dalam perut. Jahe juga bantu mencegah cairan menumpuk di dalam usus. Sehingga, rasa mual, muntah, atau kejang perut berkurang ketika Anda mengonsumsinya.

Penelitian lainnya di tahun 2015 turut menunjukkan kemampuan jahe dalam melawan listeria dan E.Coli dengan memperlambat pertumbuhan bakteri tersebut.

Nah, untuk menggunakannya sebagai obat alami diare, Anda cukup memotong jahe menjadi beberapa irisan dan merebusnya dengan air. Anda juga bisa mencampurnya dengan teh, lemon, atau madu untuk menambah cita rasa.

4. Chamomile dan akar marshmallow

225 Make Chamomile Tea Taste Good Orig
2990013286

Ada beberapa tanaman herbal yang bisa dijadikan sebagai obat mencret alami, salah dua di antaranya adalah chamomile dan akar marshmallow.

Chamomile mengandung zat aktif antiperadangan yang bisa menenangkan perut dari perut mual dan kembung. Begitu juga dengan akar marshmallow yang biasanya digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi peradangan pada lapisan perut.

Memang, tanaman ini belum cukup dikenal di Indonesia, tapi Anda bisa mendapatkannya lewat situs belanja daring.

Untuk menggunakan chamomile sebagai obat alami diare, rebuslah beberapa tangkai bunga chamomile kering sampai mendidih. Tuangkan ke dalam gelas dan biarkan hingga sedikit mendingin, setelahnya teh chamomile siap diminum. Supaya lebih enak, boleh tambahkan madu dan perasan jeruk lemon.

Baca Juga:  12 Cara Simple Menghancurkan Karang Gigi Alami

Sementara untuk mengolah akar marshmallow, Anda hanya perlu menakar 2 sendok makan akar marshmallow kering dan campurkan dalam 1 liter air. Diamkan selama seharian, saring, dan minum layaknya teh.

5. Lada putih

780c3f36add9b8bf1943e96b2b0b1cf6

Anda memang pantang makan makanan yang pedas selama diare. Namun jangan salah, lada putih ternyata berpotensi untuk dijadikan obat mencret alami.

Lada putih adalah biji lada yang diolah saat kondisinya sudah matang sempurna dan kemudian dikeringkan. Lada putih kering biasanya digunakan untuk mengobati sakit perut, diare, dan kolera karena mengandung piperine. Piperine dilaporkan dapat meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

Sebuah penelitian dalam The American Journal of Chinese Medicine menemukan konsumsi biji lada putih yang disangrai secara drastis mengurangi frekuensi kesakitan diare pada bayi dan anak di bawah 2,5 tahun.

Meski efeknya menggiurkan, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan apakah konsumsi lada putih benar-benar efektif untuk mengatasi diare.

6. Cuka apel

Cuka Apel 1

Cuka apel terbuat dari ekstrak apel yang difermentasi. Fermentasi ini menghasilkan senyawa pektin yang membantu pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Keberadaan bakteri baik dapat melancarkan saluran dalam sistem pencernaan serta mencegah peradangan yang biasa dialami saat diare.

Cuka apel memiliki sifat antibiotik alami yang dapat menghancurkan bakteri seperti E.Coli dan Salmonella. Karena alasan tersebut, cuka apel dirasa hanya efektif untuk mengatasi diare yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Sayangnya, lagi-lagi penelitian lanjutan masih sangat dibutuhkan. Pasalnya, proses fermentasi apel juga menghasilkan asam asetat yang pada beberapa orang justru dapat memperparah diare.

7. Buah pisang

Bananas Bunch Fruit Wallpaper Preview 1

Buah pisang mengandung banyak kalium yang dapat menggantikan elektrolit dari tubuh yang hilang karena diare yang terlalu parah. Pisang memiliki kandungan pektin dan serat yang bisa membantu untuk menyerap cairan dalam usus. Dengan demikian tinja yang keluar menjadi lebih padat dan tidak berair.

8. Konsumsi yoghurt

Apa Manfaat Mengonsumsi Yoghurt Untuk Kesehatan Halodoc 1

Mengkonsumsi yogurt setiap harinya dapat menghindarkan penyakit diare. Kandungan dalam yoghurt hasil dari fermentasi yang banyak mengandung probiotik dengan demikian maka minuman yoghurt bisa memulihkan jumlah bakteri baik dalam meredakan diare. Pilihlah yoghurt atau kefir yang memiliki kandungan rendah gula. Karena kandungan gula dapat memperburuk gejala diare.

9. Konsumsi kentang

Potatoes Ga49085415 1920

Kentang memiliki kandungan berupa kalium yang dapat menghentikan gejala diare. Pada saat Anda akan mengolahnya, sebaiknya Anda mengupas kulit kentang hingga bersih kemudian merebus atau mengukus kentang. Anda bisa menambahkan garam sedikit namun Anda tidak dianjurkan untuk menambahkan mentega, saus pedas, bumbu asam, margarin maupun bumbu lain yang dapat memperparah diare.

Baca Juga:  Cara Simple Alami Membersihkan Kotoran Telinga

10. Konsumsi wortel

Manfaat Wortel Untuk Kesuburan Wanita

Wortel memiliki kandungan pektin yang dapat membantu untuk menyerap cairan khusus yang berlebih sehingga menjadikan tinja yang keluar menjadi lebih padat. Sayur wortel dapat Anda masak dengan membuat menjadi bubur. Selain wortel, kacang hijau maupun buah bit juga dapat dijadikan sebagai pilihannya.

11. Gandum

Ilustrasi Gandum Pixabay

Cara mengatasi diare alami yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung gandum misalnya seperti pasta gandum maupun roti putih. Kedua makanan tersebut mengandung serat yang sedikit sehingga akan lebih mudah dicerna pada bagian sistem pencernaan yang bermasalah.

12. Daging

Ilustrasi Daging Sapi Kurban

Beragam jenis daging, seperti sapi, ikan, ayam adalah sumber protein terbaik yang dapat mengobati diare. Namun, pastikan daging tidak diolah dengan minyak atau mentega.

13. Jus Buah Segar

Jus Buah Segar Diabetes.co .uk 1

Buah memiliki kandungan kaya serat. Untuk mencegah dehidrasi saat diare, sebaiknya konsumsi jus buah-buahan. Namun, sebaiknya jus buah tersebut tidak ditambahkan pemanis buatan atau susu.

Pada dasarnya diare dapat terjadi akibat adanya bakteri atau virus yang ada dalam sistem pencernaan. Untuk mengatasi penyakit diare bisa dilakukan melalui beberapa cara sederhana seperti yang ada di atas tanpa memberikan efek samping sama sekali.

14. Daun jambu biji

48f5ef94db452020c1e20890a4f4c95b

Daun jambu biji memang tersohor sebagai obat diare herbal. Asal tahu saja, daun jambu biji memiliki sifat antidiare yang efektif mengurangi frekuensi BAB.

15. Daun salam

011049700 1499922994 Rebusan Daun Salam Bisa Turunkan Kolesterol

Daun salam tidak hanya bermanfaat untuk mengobati asam urat tapi juga diare. Mengutip dari buku 56 Makanan Ajaib dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan, daun salam memiliki sifat farmakologis antijamur dan antibakteri. Untuk merasakan manfaatnya, Anda cukup merebus 15 lembar daun salam dengan dua gelas air sampai mendidih. Anda saring dan dinginkan, lalu minum secara sekaligus.

16. Daun sirih

O 1a47cgske9qh11iv168lkdg1sima

Daun sirih tidak hanya efektif merawat daerah kewanitaan tapi juga meredakan diare. Namun, Anda tidak bisa mengonsumsi daun sirih secara sembarangan untuk mengobati diare. Anda tumbuk enam lembar daun sirih segar, enam biji lada, dan satu sendok minyk kelapa sampai halus. Setelah itu Anda oleskan ramuan tersebut di permukaan perut.

(Sumber)

Terimakasih telah melihat artikel 16 Cara Alami Ampuh Obat Penyakit Diare, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Back to top button