Advertisement
Tanya Jawab

#3 best Sumber daya alam Singapura – CIKIJING.COM

Sumber daya alam Singapura – Singapura sama sekali tidak ada sumber daya alam. Singapura lebih mengandalkan impor sumber daya alam negara lain untuk perindustriannya.

Penjelasan :

Singapura

Negara Singapura merupakan salah satu negara yang ada di Benua Asia. Negara ini memiliki peringkat tertinggi dalam bidang ekonomi. Pada masa awal kemerdekaannya, Singapura mempunyai perekonomian yang sangat rendah yakni dengan PDB hanya sekitar $516. Karena pada saat itu, tingkat pengangguran dan buta huruf di negara tersebut sangatlah tinggi.

Meskipun sumber daya alam negara Singapura sangat sedikit, tetapi negara ini mampu memaksimalkan pemanfaatan sumber daya yang kecil tersebut untuk membantu meningkatkan perekonomiannya. Pada tahun 2018 PDB di Singapura mencapai peringkat tertinggi ke-41 di dunia dengan perkiraan nilai PDB sekitar $349,659. Sedangkan PDB per kapita berada diperingkat tertinggi ke-8 dunia dengan nilai $61,766.

Langkah yang dilakukan pemerintah Singapura agar dapat meningkatkan perekonomiannya yaitu dengan cara menjaga dan memaksimalkan SDA di negara tersebut. Selain itu, pemerintah Singapura juga membentuk dewan pengembangan ekonomi yang salah satu programnya harus berkaitan dengan optimalisasi sumber daya alam Singapura.

Sumber Daya Alam Singapura yang Meningkatkan Perekonomiannya

Singapura adalah sebuah negara kecil yang terletak di ujung selatan semenanjung Malaya. Karena hanya memiliki luas wilayah 728 km², sumber daya alam (SDA) yang dimiliki Singapura pun terbatas. Padahal SDA memiliki peranan strategis bagi kekayaan nasional suatu negara.

Meski memiliki SDA terbatas, Singapura memilki potensi alam yang menguntungkan, yaitu:

  • Singapura memiliki banyak waduk yang dapat dimanfaatkan untuk irigasi, cadangan air bersih, dan sumber energi.

  • Singapura memiliki letak strategis di jalur pelayaran internasional.

  • Keadaan daratan relatif rata atau datar, sehingga pembangunan fisik dapat dilakukan ke segala arah tanpa adanya rintangan alam yang berarti.

  • Memiliki banyak pulau yang mengelilingi pulau utama.

Berikut ini adalah beberapa sumber daya alam yang ada di Singapura:

1. Tanah Subur
Tanah merupakan salah satu contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Menurut data dari Bank dunia pada tahun 1966, diperkirakan bahwa tanah yang subur di Singapura telah menurun luasnya yaitu hanya mencapai 6% dari total luas negara.

Baca Juga:  Yang tidak perlu ditegakkan dalam proses pemeriksaan permohonan (gugatan voluntair) adalah? - CIKIJING.COM

Di tahun 2015 tanah yang subur menurun hingga mencapai 0,8% dari luas daratan Singapura. Hal ini, di karenakan adanya penurunan sektor pertanian di bidang ekonomi. Dari data Statistik menunjukkan bahwa 0,95% merupakan pendapatan yang berasal dari sektor pertanian. Selain pertanian juga terdapat peternakan di wilayah pedesaan.

Ada pun hasil tanaman yang dapat dihasilkan disana berupa berbagai jenis buah seperti Durian dan Jamur. Untuk makanan juga sebagian besar diperoleh dari hasil negara ini. Terbatasnya lahan pertanian merupakan kendala terbesar yang dihadapi oleh industri pertanian di Singapura.

2. Buah-Buahan
Di Singapura juga terdapat beberapa produk penting, salah satu diantaranya adalah buah-buahan. Di masa lalu, buah yang paling popular salah satunya berada di daerah Ochard Road. Namun tempat penanaman buah-buahan tersebut telah digantikan dengan proyek pembangunan jalan raya besar.

Dari produksi buah yang ada di negara ini, sebagian besar hanya untuk dikonsumsi oleh masyarakat lokal dan hanya sebagian kecil yang dapat diekspor ke negara lain.

3. Pemandangan yang Indah
Sumber daya alam Singapura selanjutnya berkaitan dengan kondisi alam negara tersebut. Dengan pemandangan indahnya, Singapura merupakan salah satu tempat wisata terpopuler di dunia. Pada tahun 2017 ada 17 juta pengunjung yang pernah mendatangi negara tersebut. Lokasi yang terkenal dengan pemandangan indahnya yakni Pulau Sentosa, Bay East Garden, dan Pulau Ubin yang biasa dijuluki dengan Pulau Granit.

Di Singapura juga terdapat salah satu ekosistem yang paling penting yaitu Chek Jawa Wetlands, dengan luas sekitar 0,386 mil yang terdapat di Pulau Granit. Pada tahun 2000 lahan basah Chek Jawa Wetlands digunakan sebagai proyek pembangunan. Namun, Seiring berjalannya waktu proyek tersebut dihentikan. Singapura juga memiliki Air Terjun Indoor tertinggi di dunia.

Baca Juga:  singapore is interested in making investment in - CIKIJING.COM

Salah satu sektor yang paling penting di Singapura adalah sektor pariwisata karena selain dapat memberikan konstribusi yang sangat besar terhadap PDB negara, juga dapat mengurangi pengangguran. Pemerintah Singapura membentuk Dewan Pariwisata Singapura dengan tujuan untuk mengiklankan negara tersebut. Hal tersebut merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan kemajuan di sektor pariwisata.

Sumber artikel

Terimakasih telah melihat artikel Tanya Jawab, semoga bermanfaat bagi para pembaca Cikijing.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button