Advertisement
Tanya Jawab

3 Tips Merawat Perhiasan Emas Putih Pria dan Cara Membersihkannya – CIKIJING.COM

Emas putih pada dasarnya adalah emas kuning yang telah dilapisi dengan logam yang disebut rhodium. Rhodium menghasilkan efek mengkilap, seperti perak yang merupakan ciri khas perhiasan emas putih pria. Namun, seiring waktu dan terkena berbagai bahan kimia dan gesekan, rhodium dapat luntur, sehingga menguning. Agar perhiasan emas putih pria Anda tetap memiliki warna putih berkilau, ada tiga cara yang bisa Anda lakukan. Pertama, jangan terlalu sering digunakan. Perhiasan emas putih pria, yang terlalu sering digunakan, rentan bertabrakan dengan benda lain. Benturan ini bisa menggores permukaan emas putih dan menyebabkan lapisan rhodium emas putih semakin menipis. Oleh karena itu, gunakan perhiasan emas putih pria hanya pada acara-acara khusus untuk memperlambat memudarnya lapisan rhodium. Cara terbaik untuk membuat perhiasan emas putih pria mendapatkan kembali warna putihnya yang berkilau adalah dengan menambahkan lapisan baru rhodium pada perhiasan emas putih pria Anda. Harga yang harus Anda bayar untuk proses pelapisan tergantung pada berapa lama lapisan rhodium emas putih memudar dan seberapa tebal lapisan baru yang akan dibuat. Selain alasan performa, pelapisan ulang emas putih dengan rhodium juga mampu mencegah reaksi alergi yang mungkin terjadi saat menggunakan nikel emas putih.

Untuk mencegah perhiasan emas putih pria Anda ternoda, Anda bisa membersihkannya secara rutin di rumah. Hal ini sangat penting terutama bagi para pria perhiasan emas putih, seperti cincin kawin, yang dikenakan setiap hari. Ingatlah untuk tidak menggunakan bahan kimia seperti amonia, dan pastikan untuk benar-benar mengeringkannya setelah dibersihkan. Dengan perawatan yang tepat, warna perhiasan emas putih pria akan awet dan berkilau.

Masalah yang sering terjadi pada pria perhiasan emas putih adalah cepat menjadi kusam atau hitam. Hal ini disebabkan oleh ketidaksempurnaan dalam pembuatannya. Perhiasan emas putih pria, yang biasanya dibuat dengan tangan atau ‘handmade’, sulit dirawat karena akan cepat hitam kembali. Menjadi kusam atau hitam bahkan ketika tidak digunakan. Biasanya perhiasan emas putih pria disimpan dalam waktu lama di lemari kayu. Pernis dan finishing kayu yang kurang sempurna dapat membuat perhiasan emas putih pria cepat kusam dan hitam, karena perak teroksidasi oleh bahan kayu. Kusam juga bisa disebabkan karena mandi di air laut yang mengandung garam atau belerang. Emas putih sering teroksidasi dengan garam dan belerang. Kusam dan hitam juga bisa karena penyimpanan di tas atau sesuatu yang terbuat dari kulit. Karya kulit asli biasanya menggunakan bahan yang berasosiasi dengan belerang atau amoniak. Tidak semua kulit menyebabkan perhiasan emas putih pria menjadi hitam jika pekerjaan dilakukan dengan benar. Sehingga kulit ditengarai sebagai penyebab perhiasan emas putih pria berubah menjadi hitam.

Baca Juga:  Walaupun Di Indonesia Terdapat Banyak Tradisi Yang Berbeda-beda, Namun Kita Dapat Hidup Dengan Rukun. Hal Yang Dapat Kita Lakukan Untuk Menjaga Kerukunan Adalah? - CIKIJING.COM

Anda dapat membersihkan perhiasan emas putih pria Anda dengan deterjen ringan dan air hangat. Masukkan setengah cangkir air hangat ke dalam mangkuk atau cangkir kecil. Tambahkan tiga tetes deterjen atau sabun dan aduk hingga rata. Masukkan perhiasan emas putih pria Anda ke dalam campuran sabun dan rendam selama 15 menit. Angkat perhiasan dari sabun dan gosok perlahan dengan sikat gigi yang lembut. Bilas kembali perhiasan dengan air hangat. Kemudian keringkan perhiasan emas putih pria dengan kain lembut atau kain tidak berbulu (seperti kain kaca mata).

Originally posted 2022-04-03 14:25:39.

Terimakasih telah melihat kategori tanya jawab di CIKIJING.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button