Advertisement
Tanya Jawab

$9 best jepang menerapkan kebijakan – CIKIJING.COM

Masa Penjajahan Jepang

Jepang, layaknya para pendahulunya Portugis dan Belanda, berturut-turut telah menduduki Nusantara untuk memperoleh kekayaan alamnya. Invasi Jepang ke Cina utara dimulai pada Juli 1937 dan, pada akhir dekade, terhenti di hadapan perlawanan keras kepala dari Cina. Guna memasok adanya mesin perang di negara Jepang, sejumlah besar minyak, besi karat atau besi tua, dan bahan baku lainnya wajib diimpor dari luar negeri. Sebagian besar minyak (sekitar 55%) berasal dari Amerika Serikat, tetapi Indonesia memasok 25% secara signifikan.

Pada musim panas 1941, Amerika Serikat membekukan aset Jepang dan memberlakukan embargo terhadap minyak dan ekspor lainnya. Karena Jepang tidak dapat melanjutkan perang melawan China tanpa sumber daya ini, pemerintah yang dipimpin militer di Tokyo menyetujui kebijakan “maju ke selatan”. Indochina Prancis sudah berada di bawah kendali Jepang. Pakta non-agresi yang ditandatangani dengan Uni Soviet pada April 1941 memungkinkan Jepang untuk bebas berperang dengan Amerika Serikat dan kekuatan kolonial Eropa.

Jepang mencapai kemenangan awal yang mengejutkan dalam Perang Asia Tenggara. Pada tanggal 15 Februari 1941, benteng Inggris di timur, Singapura, jatuh, meskipun Inggris memiliki keunggulan numerik dan menghadapi pertahanan laut. Pertempuran Laut Jawa mengakibatkan kekalahan Jepang dari armada gabungan Inggris, Belanda, Australia, dan Amerika Serikat.

Pada tanggal 9 Maret 1942, pemerintah Hindia Belanda menyerah tanpa melepaskan perlawanan apapun terhadap tanah tersebut.Jepang membagi India menjadi tiga yurisdiksi: Jawa dan Madura berada di bawah kendali Angkatan Darat Keenam Belas; Sumatera pernah bergabung dengan Malaya dan memimpin Angkatan Darat Dua Puluh Bangsa; dan pulau-pulau timur ditempatkan di bawah komando Angkatan Laut. Di Sumatera dan bagian timur, perhatian utama para pemukim adalah menjaga ketertiban umum dan mengekstraksi sumber daya yang diperlukan.

Jawa dalam hal perang terletak pada tenaga kerja yang besar dan infrastruktur yang relatif berkembang. Tentara Keenambelas sangat toleran terhadap aktivitas politik kaum nasionalis dan Muslim dalam batas-batas tertentu. Toleransi ini meningkat ketika momentum ekspansi Jepang terhenti pada pertengahan 1942 dan serangan balik Sekutu dimulai. Pada bulan-bulan terakhir perang, komandan Jepang mempromosikan gerakan kemerdekaan sebagai sarana untuk mencegah bayaran sekutu.

Ekonomi Perang

Ekonomi perang adalah sebuah kebijakan dari pemerintah Jepang yang berguna untuk menggali segala kekuatan ekonomi yang ada di Indonesia. Kebijakan tersebut diterbitkan guna membantu kegiatan Jepang yang sedang menghadapi pada Perang Dunia II

Terimakasih telah melihat artikel Tanya Jawab, semoga bermanfaat bagi para pembaca Cikijing.com.

Baca Juga:  Laptop mulai muncul pada komputer generasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button