Advertisement
Tanya Jawab

Apa yang dimaksud cloud computing? dan jelaskan skema dan model bisnis cloud technology​ – CIKIJING.COM




Pendidikan

4 Views

Apa yang dimaksud cloud computing? dan jelaskan skema dan model bisnis cloud technology​

Jawaban :

Cloud computing adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer dalam suatu jaringan pengembangan berbasis internet yang memiliki fungsi untuk menjalankan program maupun aplikasi melalui komputer-komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, akan tetapi tidak semua yang terkoneksi dengan internet menggunakan cloud computing.

Skema dan model bisnis layanan cloud computing

Ada juga 3 jenis utama layanan komputasi awan: Infrastructure-as-a-Service (IaaS), Platforms-as-a-Service (PaaS), dan Software-as-a-Service (SaaS)

  • IaaS (Infrastructure as a Service) : model komputasi awan dimana penyedia layanan memberikan jasa organisasi infrastruktur seperti server, hardware jaringan serta data stirage yang bisa digunakan konsumen.
  • PaaS (Platform as a Service) : model komputasi awan yang didesain agar memberikan developer sebuah platform yang memungkinkan developer tersebut untuk membuat dan mengembangkan aplikasi baru diatasnya.
  • Saas (Software as a Service) : model layanan komputasi awan yang ada dalam bentuk aplikasi yang diap untuk dipakai.

Penjelasan :

Menurut Wikipedia Komputasi awan adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis Internet. Awan adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer

Terimakasih telah melihat artikel Tanya Jawab, semoga bermanfaat bagi para pembaca Cikijing.com.

Baca Juga:  Pernyataan berikut yang termasuk kalimat aktif intransitif adalah? - CIKIJING.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button