Advertisement
Tanya Jawab

Cara Berjualan di TikTok Shop – CIKIJING.COM

Saat ini, TikTok merupakan salah satu aplikasi yang sangat diminati banyak orang. Selain untuk mengupload dan mengakses video-video ternyata sekarang TikTok bisa digunakan untuk berjualan, loh. Tahukah anda cara berjualan di TikTok Shop ini?

Aplikasi TikTok ini memiliki fitur yang membantu anda para penjual online dalam memasarkan produk produk, sehingga produk anda lebih dikenal banyak orang.

Perlu anda ketahui bahwa pada tahun 2021 jumlah pengguna aplikasi TikTok sudah mencapai 1 miliar sehingga produk yang anda pasarkan di TikTok Shop berpotensi besar untuk diketahui banyak orang.

Nah, bagaimana sih cara berjualan di TikTok Shop ini? Apakah caranya sama dengan berjualan di platform lain? Yuk, langsung saja simak penjelasannya sampai selesai melalui artikel di bawah ini.

Bagaimana Cara Berjualan di TikTok Shop?

Sebelum membahas bagaimana cara berjualan di TikTok Shop untuk menarik pelanggan, alangkah lebih baik jika anda membaca dulu bagaimana cara mendaftar TikTok Shop melalui ulasan berikut.

Cara Mendaftar TikTok Shop

Sama halnya dengan platform jualan online lainnya, sebelum berjualan hal pertama yang harus anda buat adalah nama toko yang nantinya akan digunakan sebagai identitas dari toko online anda. Simak ulasan lengkap berikut ini.

  1. Buka aplikasi TikTok terlebih dahulu.
  2. Pastikan akun TikTok anda sudah menjadi akun bisnis.
  3. Ketika anda masuk ke aplikasi TikTok, nanti akan muncul pop up bertuliskan “become seller” kemudian anda klik “sign up” menggunakan akun TikTok anda untuk membuka TikTok Shop.
  4. Setelah itu, anda harus isi informasi pribadi yang diperlukan misalnya e-mail, nomor telepon, dan data-data lainnya yang dibutuhkan.
  5. Langkah selanjutnya, isi profil seller TikTok Shop anda sesuai keinginan anda atau sesuaikan dengan nama toko online yang anda miliki di platform lain agar pembeli mudah menemukan akun anda di berbagai platform.
  6. Langkah terakhir yaitu memastikan semuanya sudah terisi, kemudian klik “lanjutkan”.
  7. Jika telah dikonfirmasi, maka anda sudah bisa jualan di TikTok Shop Seller Center.
Baca Juga:  Terangkan fungsi menhir!

Setelah mengetahui cara mendaftar di TikTok Shop, anda bisa membaca cara berjualan di TikTok Shop untuk menarik pelanggan berikut ini agar produk anda banyak diminati.

Cara Berjualan di TikTok Shop Untuk Menarik Pelanggan

Berikut ini adalah beberapa cara berjualan di TikTok Shop yang bisa anda ikuti agar banyak yang membeli produk anda bisnis anda semakin lancar.

1. Memahami Cara Kerja TikTok

TikTok adalah platform yang memiliki fokus pada membagikan konten video berdurasi 15 detik hingga 3 menit.

Nah, anda bisa menggunakan video produk anda, kemudian anda juga bisa menambahkan latar musik yang sedang menjadi tren agar bisa menarik audiens.

Setelah itu, nantinya pengguna TikTok bisa memberikan komentar, like, hingga membagikan konten video produk anda tersebut ke platform sosial media lainnya.

2. Membuat Konten yang Menarik

Agar video anda mendapatkan engagement yang tinggi, maka harus bisa membuat konten video yang menarik. Tidak hanya merekam kemudian mengupload tapi juga dapat mengeditnya terlebih dahulu agar lebih menarik.

Selain itu, anda pun bisa mencari ide konten video untuk strategi marketing TikTok anda, anda dapat mencari ide dari content creator lainnya, loh. Anda juga bisa mengikuti trend yang sedang berkembang di TikTok.

Mayoritas pebisnis online akan membuat video seputar product tutorial, launching, review, atau menggunakan hashtag challenge.

3. Menggunakan Hashtag ketika Membuat Video

Di aplikasi TikTok terdapat hashtag fyp (for your page), loh. Nah, agar video anda bisa muncul di fyp anda bisa menggunakan hashtag di setiap konten video yang anda buat.

Dapat dikatakan bahwa hashtag merupakan bagian dari informasi dari sebuah video, sehingga menjadi rujukan untuk memberikan rekomendasi video tersebut ke pengguna lain.

Baca Juga:  Routine tak pangan!Ater ater sing ono ing tembung dakpangan jenenge?

Anda dapat membuat hashtag sendiri sebagai campaign untuk brand bisnis anda yang berfungsi untuk mempromosikan event maupun promo yang sedang berlangsung.

4. Konsisten dalam Memposting Konten

Cara berjualan di TikTok Shop untuk menarik pelanggan selanjutnya adalah dengan konsisten dalam memposting konten. Hal ini berguna untuk meningkatkan brand awareness produk anda.

Jadi, misalkan konten anda muncul di beranda followers anda ataupun pengguna lain nantinya mereka akan mengunjungi akun anda, jika anda sering mengupload konten maka mereka akan segan untuk memfollow akun anda.

Tak menutup kemungkinan juga mereka akan menyukai atau bahkan meninggalkan komentar di konten anda

Oleh karena itu, semakin banyak orang yang menyukai konten anda, maka video anda bisa tampil pada halaman fyp.

Berjualan di platform TikTik Shop ini cukup efektif karena anda juga bisa mempromosikan produk anda melalui video, sehingga akan lebih banyak orang yang tertarik. Demikian artikel ini semoga bermanfaat.

Terimakasih telah melihat artikel Tanya Jawab, semoga bermanfaat bagi para pembaca Cikijing.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button