Advertisement
Tanya Jawab

Cara Mengamankan Whatsapp Agar Tidak Disadap – CIKIJING.COM

Cara mengamankan WhatsApp agar tidak disadap wajib kamu ketahui agar agar kamu tidak perlu khawatir disaat kamu sedang membicarakan hal – hal yang bersifat rahasia di Whatsapp kamu bersama seseorang yang penting. Belakangan ini Aksi pembajakan dan peretasan sedang marak terjadi. Untuk itu kamu harus lebih waspada dengan akun WhatsApp yang kamu miliki saat ini.

Kita semua tentu sudah tahu kalau aplikasi WhatsApp adalah aplikasi pengirim pesan yang paling banyak digunakan di dunia.

Walaupun WhatsApp sudah memberikan enkripsi end-to-end, namun demikian tidak ada salahnya kamu lebih waspada dengan memberikan pengamanan ekstra terhadap Whatsapp milik kamu. Berikut ini cara mengamankan akun WhatsApp supaya tidak diretas

Jangan Bagikan Pin Verifikasi

Pin Verifikasi

Saat pertama kali membuat akun WhatsApp, biasanya kamu akan diberikan kode registrasi atau PIN Verifikasi. Kode registrasi ini jangan sampai orang lain tahu karena dapat membuat akun WA kamu bisa dibajak orang.

Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Verifikasi Dua Langkah WhatsApp

Verifikasi dua langkah ternyata juga penting dilakukan supaya bisa mencegah akun kamu dibajak orang lain. Kalau kamu mau mengaktifkan verifikasi dua langka, bisa mengikuti cara ini:

  • Buka WhatsApp klik titik tiga di pojok kanan atas lalu pilih Setelan.
  • pilih menu Akun lalu lakukan Verifikasi dua langkah.
  • Masukkan kode sandi untuk WhatsApp. Ingat, kata sandinya harus kamu ingat supaya tidak lupa dan nanti malah menjadi repot kalau kamu lupa sandinya.

Aktifkan Pemindai Sidik Jari

Pemindai Sidik Jari WhatsApp

Salah satu cara lainnya yakni dengan mengaktifkan pemindai sidik jari supaya kamu bisa menghindari akun WhatsApp kamu disadap dengan memindai kode QR, kamu juga bisa aktifkan fitur pemindai sidik jari. Cara untuk melakukannya:

  • Buka WhatsApp klik titik tiga di kanan
  • Klik Privasi, Klik Kunci Sidik Jari, Akifkan.
  • Selanjutnya kamu diminta merekam sidik jari.
  • Whatsapp akan terkunci otomatis, bisa setelah 1 menit atau 30 menit.

Logout WhatsApp Web

WhatsApp Web kerab digunakan saat kamu sedang bekerja di kantor dan menggunakan laptop. Padahal melakukan hal tersebut membuat akun WhatsApp kamu rentan di retas. Tentu saja hal itu sudah memberikan celah WhatsApp kamu disadap saat kamu lupa logout dari laptop tadi. Untuk memastikan keamanan akun WhatsApp kamu, pastikan sudah logout sebelum mematikan komputer kantor. Berikut ini tutorialnya, klik titik di kanan atas, klik WhatsApp Web, lalu pilih logout dari semua perangkat.

Terimakasih telah melihat artikel Tanya Jawab, semoga bermanfaat bagi para pembaca Cikijing.com.

Baca Juga:  Guru dan peserta didik membuat kesepakatan tentang jadwal pembuatan proyek (tahapan-tahapan dan pengumpulan) merupakan aktivitas pada model pembelajaran Project Based Learning sintaks?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button