Advertisement
Tanya Jawab

faktor majapahit menjadi kerajaan besar agraris dan perdagangan adalah – CIKIJING.COM

Faktor Majapahit menjadi kerajaan besar agraris dan perdagangan adalah ….

Jawaban
Kerajaan Majapahit merupakan salah satu kerajaan Hindu terbesar di Nusantara. Kerajaan Majapahit diperkirakan berdiri pada tahun 1293 dan didirikan oleh Raden Wijaya. Kerajaan Majapahit juga merupakan salah satu kerajaan agraris dan maritim terbesar di Nusantara. Hal tersebut disebabkan oleh sejumlah faktor. Sebagai kerajaan agraris, kerajaan Majapahir memiliki tanah yang subur dan hasil pertanian yang melimpah. Tanah subur di Majapahit disebabkan oleh letak geografis Majapahit yang strategis yakni di kawasan Sungai Brantas, Kerajaan Majapahit juga terletak di daerah yang memiliki banyak gunung berapi, seperti Gunung Semeru, Gunung Kediri dan Gunung Wilis. Sedangkan sebagai kerajaan maritim, Majapahit memiliki banyak pelabuhan besar, armada laut yang kuat serta daerah kekuasaan yang luas. Beberapa pelabuhan besar Majapahit yakni Pelabuhan Canggu, Surabaya, Sedayu, Tuban, Kalimas dan Pasuruan.

Dengan demikian, letak geografis yang strategis menjadikan Majapahit sebagai salah satu kerajaan agraris dan maritim besar di Nusantara.

Originally posted 2022-03-03 12:17:29.

Itulah tadi jawaban dari faktor majapahit menjadi kerajaan besar agraris dan perdagangan adalah, semoga membantu.

Kemudian, Buk Guru sangat menyarankan siswa sekalian untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (Unesco) resmi memberi penghargaan untuk budaya subak sebagai warisan budaya dunia kepada Pemerintah Provinsi Bali. Kita semua ikut bangga dengan penghargaan itu. Semoga para petani di Bali juga bangga dan memperoleh manfaat dari penghargaan itu. Subak adalah sistem irigasi persawahan terasering yang ada di Bali. Sistem irigasi ini dilaksanakan dan diatur melalui lembaga adat subak berdasarkan nilai-nilai adat yang disebut Tri Hita Karana. Nilai-nilai ini mengatur hubungan yang harmonis, antara manusia dengan dengan Sang Pencipta, antara manusia dengan manusia, dan antara manusia dengan alam. Oleh sebab itu, setiap kegiatan pertanian, selalu diawali dengan ritual khusus yang dilaksanakan di pura sawah yang disebut Pura Ulun Carik atau Bedugul. Ulun Carik ini khusus dibangun oleh para petani untuk persembahan kepada dewi kemakmuran dan kesuburan, Dewi Sri. Selama puluhan tahun, tradisi unik budaya subak dan pemandangan indah sawah terasering menjadi objek wisata yang memukau para turis. Hotel, agen wisata, dan biro perjalanan mendapatkan manfaat dengan adanya subak sebagai objek wisata. Judul yang tepat untuk bacaan di atas adalah? dengan penjelasan jawaban dan pembahasan yang lengkap.

Baca Juga:  Musik Mempunyai Terapi Rekreasif Menurut - CIKIJING.COM

Terimakasih telah melihat artikel Tanya Jawab, semoga bermanfaat bagi para pembaca Cikijing.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button