Advertisement
Tanya Jawab

inti dari teks eksplanasi berada pada bagian

inti dari teks eksplanasi berada pada bagian

Jawaban

Inti bagian sebuah teks eksplanasi berada pada bagian proses kejadian.

Untuk memahami jawaban tersebut, berikut pembahasannya.

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang penjelasan suatu proses kejadian/ peristiwa tentang alam, sosial, budaya, dan sebagainya.

Teks eksplanasi memiliki tiga struktur, yaitu identifikasi masalah, proses kejadian, dan ulasan/interpretasi.
1. Identifikasi masalah merupakan bagian pembuka dalam teks eksplanasi. Bagian ini menjelaskan masalah atau topik yang akan dibahas. Topik pembahasan dapat berupa fenomena alam, sosial, atau budaya.
2. Proses kejadian (penjelasan) merupakan bagian yang menjelaskan rincian proses kejadian/peristiwa secara berurutan. Bagian ini memiliki dua pola rincian, yaitu pola rincian jawaban ‘bagaimana’ dan ‘mengapa’. Pola rincian jawaban ‘bagaimana’ menjelaskan rincian proses kejadian/peristiwa berdasarkan urutan waktu. Pola rincian jawaban ‘mengapa’ menjelaskan rincian proses kejadian/peristiwa berdasarkan kausalitas atau sebab-akibat.
3. Ulasan/interpretasi berupa penarikan kesimpulan yang berisi komentar atau penilaian tentang fenomena yang dibahas.

Berdasarkan penjelasan, inti bagian sebuah teks eksplanasi berada pada bagian proses kejadian. Hal tersebut karena eksplanasi adalah sebuah teks yang bertujuan untuk menjelaskan suatu proses kejadian/peristiwa.

Dengan demikian, inti bagian sebuah teks eksplanasi berada pada bagian proses kejadian.

Terimakasih telah melihat artikel Tanya Jawab, semoga bermanfaat bagi para pembaca Cikijing.com.

Baca Juga:  Konflik perbatasan laut antar negara ASEAN bisa diselesaikan dengan jalan damai. Salah satunya dengan menempuh jalur yang bisa dipertanggung jawabkan secara yuridis yaitu? - CIKIJING.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button