Advertisement
Tanya Jawab

jelaskan makna motif batik – CIKIJING.COM

Sebutkan 5 nama motif batik dan maknanya!

jawab:

Berikut ini beberapa nama motif batik dan maknanya, yang mana diantaranya ialah:

  1. Batik Sidomukti, yang mana batik Sidomukti sendiri jika kita lihat dari penamaannya maka kata Sido memiliki makna jadi atau terus menerus sedangkan kata Mukti sendiri memiliki makna mulia atau sejahtera. Sehingga batik ini sendiri memiliki filosofi yang menggambarkan kehidupan yang terus menerus diliputi kemuliaan dan kesejahteraan.
  2. Batik Tujuh Rupa, yang mana batik Tujuh Rupa ini sendiri memiliki motif yang khas batik Pekalongan yaitu menggambarkan kehidupan masyarakat pesisir yang mudah beradaptasi dengan budaya luar dimana dalam hal ini para pengrajin batik memasukkan hiasan keramik Tiongkok ke alam batik tujuh rupa sebagai simbol akulturasi budaya luhur yang lembut.
  3. Batik Ulamsari, yang mana batik Ulamsari ini sendiri memiliki makna kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat yang hidup di daerah pesisir pantai.
  4. Batik Parang Kusumo, yang mana batik Parang Kusumo ini sendiri menggambarkan suatu analogi sebuah kehidupan yang harus dijalani dengan penuh usaha serta perjuangan dimana perjuangan yang dilakukan untuk mencapai keharuman lahir dan batin.
  5. Batik Mega Mendung, yang mana batik Mega Mendung ini sendiri ditampilkan dengan tujuh gradasi warna yang berlapis dimana tujuh warna tersebut melambangkan tujuan lapisan langit yang ada di alam semesta dan Mega Mendung sendiri berarti awan mendung yang menggambarkan kehidupan manusia yang harus dilalui dengan sikap sabar, teduh, dan tidak mudah marah.

Terimakasih telah melihat artikel Tanya Jawab, semoga bermanfaat bagi para pembaca Cikijing.com.

Baca Juga:  Cermatilah kutipan cerpen berikut Satu jam berlalu, kami terdiam dan terhanyut dalam angan masing-masing. Persoalan yang kami hadapi saat ini benar-benar di luar batas kemampuan. Tapi aku yakin bahwa Tuhan tidak akan memberi cobaan melebihi kemampuan hambaNya. Namun, Ranti istriku, tetap ngotot dan terus menerus mendesakku. Kami masih tetap terdiam, aku berdiri dan berjalan ke sana-ke mari. “Jangan hanya mondar-mandir, Mas, cepat cari jalan keluar, kepalaku rasanya mau copot, lagi pula persoalan ini tidak bisa menunggu, harus segera cari pinjaman, karena kalau hujan hujan turun dengan lebat takutnya rumah ini akan rubuh.”Keterkaitan isi kutipan dengan kehidupan sehari-hari adalah?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button