Advertisement
Tanya Jawab

jelaskan pengertian adil

jelaskan pengertian adil!

Jawaban

Adil mengandung arti tidak berat sebelah atau memihak atau menempatkan segala sesuatu pada proporsi yang sebenarnya.

Pembahasan:
Kata adil berasal dari bahasa Arab yang secara harfiyah berarti sama. Menurut kamus bahasa Indonesia, adil berarti sama berat, tidak berat sebelah, tidak memihak, berpihak kepada yang benar, berpegang kepada kebenaran dan sepatutnya. Dengan demikian, seseorang disebut berlaku adil apabila ia tidak berat sebelah dalam menilai sesuatu, tidak berpihak kepada salah satu kecuali keberpihakannya kepada siapa saja yang benar sehingga ia tidak akan berlaku sewenang-wenang.

Pembahasan tentang adil merupakan salah satu tema yang mendapat perhatian yang serius dari para ulama’ dan intelektual Muslim. Dalam buku “Wawasan Al-Qur’an”, Prof. Dr. M. Quraish Shihab membahas perintah penegakan keadilan dalam al-Qur’an dengan mengutip tiga kata yakni al-adl, al-qisth, al-mizan.

Kata al-adl menunjuk kepada arti “sama” yang memberi kesan adanya dua pihak atau lebih, sedangkan kata al-qist menunjuk kepada arti “bagian” (yang wajar dan patut), dan al-mizan menunjuk kepada arti alat untuk menimbang yang berarti pula “keadilan”. Ketiganya sekalipun berbeda bentuknya namun memiliki semangat yang sama yakni perintah kepada manusia untuk berlaku adil.

Jadi, adil artinya tidak berat sebelah atau memihak atau menempatkan segala sesuatu pada proporsi yang sebenarnya.

Terimakasih telah melihat artikel Tanya Jawab, semoga bermanfaat bagi para pembaca Cikijing.com.

Baca Juga:  Berikut ini merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi prototype, kecuali

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button