Advertisement
Tanya Jawab

jelaskan pengertian olahraga lompat tinggi – CIKIJING.COM

1. Jelaskan pengertian lompat tinggi ! 2. Sebutkan 4 tahapan dalam lompat tinggi! 3.Jelaskan tentang gaya gunting dalam lompat tinggi? 4.Jelaskan tentang gaya guling sisi dalam lompat tinggi! 5.Jelaskan tentang gaya guling dalam lompat tinggi!

 

1.Lompat tinggi adalah salah satu jenis olahraga cabang atletik dimana sang atlet harus melakukan lompatan setinggi-tingginya melewati mistar tanpa bantuan alat dengan berbagai jenis gaya yang diperbolehkan (gaya gunting, guling sisi, guling straddle, dan flop) atau gaya baru yang tidak bertentangan dengan aturan internasional.

 

2. a. Awalan, berlari menuju mistar

b. Tolakan, kaki menumpu pada lantai untuk menjadi dorongan saat melompat

c. Melayang, gaya dan kedudukan badan ketika berada di udara

d. Pendaratan, jatuhnya badan diatas matras

 

3. Pada gaya ini, sebagaimana dinamai sebagai gaya gunting, posisi kaki yang melompat, mengayun dan melewati mistar tampak seolah-olah seperti gerakan gunting.

Gaya gunting diawali dengan lompatan yang berasal dari tolakan kaki terkuat dan dilanjutkan dengan ayunan kaki satunya ketika tubuh mendekati mistar sehingga akhirnya kedua kaki dan seluruh tubuh bisa lolos melewati mistar pada ketinggian tertentu.

 

4. Gaya guling sisi atau dikenal juga sebagai gaya western roll merupakan sebuah gaya dimana ketika atlet melompat, ia melakukannya dari sisi samping mistar, mengangkat tubuhnya dan memposisikannya sedemikian rupa hingga melayang terlentang diudara, lalu memutar tubuh hingga melewati mistar.

 

5. Gaya straddle ini sedikit banyak mirip dengan gaya guling sisi atau bisa dibilang sebagai penyempurnaan gaya guling sisi yang mana dalam gaya ini posisi kepala tak lagi menjadi lebih rendah dari pinggul.

Terimakasih telah melihat artikel Tanya Jawab, semoga bermanfaat bagi para pembaca Cikijing.com.

Baca Juga:  manakah dari negara negara asean berikut yang memiliki iklim subtropis

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button