Advertisement
Tanya Jawab

Kehadiran Kapal Penangkap Ikan Asing Dari Cina Di Laut Natuna Utara Secara Hukum Internasional Telah Mengusik Hak Berdaulat Hb Negara Republik Indonesia. Kendati Cina Berdalih Bahwa Mereka Mempunyai Kedaulatan Di Sebagian Wilayah Laut Utara Natuna Dan Militer Cina Sering Melakukan Patroli Di Wilayah Tersebut, Justru RI Lah Yang Mempunyai Kedaulatan Penuh Atas Laut Utara Natuna Karena Termasuk Zona Ekonomi Eksklusif. Sebagai Kekuatan Utama Dalam Sistem Pertahanan Semesta TNI Telah Mengerahkan Pasukan Untuk Memperkuat Pertahanan Di Wilayah Laut Natuna Utara. Lantas Bagaimana Peran Rakyat Sebagai Unsur Pendukung Pertahanan Semesta Seharusnya Bertindak Dalam Menyikapi Kasus Ini? – CIKIJING.COM

Kehadiran kapal penangkap ikan asing dari Cina di Laut Natuna Utara secara hukum internasional telah mengusik hak berdaulat Hb negara Republik Indonesia. Kendati Cina berdalih bahwa mereka mempunyai kedaulatan di sebagian wilayah Laut Utara Natuna dan militer Cina sering melakukan patroli di wilayah tersebut, justru RI lah yang mempunyai kedaulatan penuh atas Laut Utara Natuna karena termasuk zona ekonomi eksklusif. Sebagai kekuatan utama dalam sistem pertahanan semesta TNI telah mengerahkan pasukan untuk memperkuat pertahanan di wilayah Laut Natuna Utara. Lantas bagaimana peran rakyat sebagai unsur pendukung pertahanan semesta seharusnya bertindak dalam menyikapi kasus ini?

  1. Menyalahkan pemerintah RI terutama Kemenlu yang tidak becus dalam menjaga kedaulatan RI
  2. Bersedia mengorbankan jiwa dan raga untuk berperang melawan tentara China di Laut Utara Natuna
  3. Mengaktifkan aktifitas penangkapan ikan di wilayah Laut Utara Natuna dengan dilengkapi peralatan/teknologi yang canggih
  4. Berunjuk rasa di depan kedutaan besar China untuk memprotes
  5. Melakukan aksi polisionil terhadap nelayan Cina yang ada di Laut Natuna Utara

Jawaban yang benar adalah: C. Mengaktifkan aktifitas penangkapan ikan di wilayah Laut Utara Natuna dengan dilengkapi peralatan/teknologi yang canggih.

Dilansir dari Ensiklopedia, kehadiran kapal penangkap ikan asing dari cina di laut natuna utara secara hukum internasional telah mengusik hak berdaulat hb negara republik indonesia. kendati cina berdalih bahwa mereka mempunyai kedaulatan di sebagian wilayah laut utara natuna dan militer cina sering melakukan patroli di wilayah tersebut, justru ri lah yang mempunyai kedaulatan penuh atas laut utara natuna karena termasuk zona ekonomi eksklusif. sebagai kekuatan utama dalam sistem pertahanan semesta tni telah mengerahkan pasukan untuk memperkuat pertahanan di wilayah laut natuna utara. lantas bagaimana peran rakyat sebagai unsur pendukung pertahanan semesta seharusnya bertindak dalam menyikapi kasus ini Mengaktifkan aktifitas penangkapan ikan di wilayah Laut Utara Natuna dengan dilengkapi peralatan/teknologi yang canggih.

Baca Juga:  Larutan Tembaga (II) Sulfat Di Elektrolisis Dengan Menggunakan Katode Besi Dan Anode Tembaga. Pernyataan Yang Benar Dari Elektrolisis Di Atas, Adalah - CIKIJING.COM

Pembahasan dan Penjelasan

Menurut saya jawaban A. Menyalahkan pemerintah RI terutama Kemenlu yang tidak becus dalam menjaga kedaulatan RI adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali.

Menurut saya jawaban B. Bersedia mengorbankan jiwa dan raga untuk berperang melawan tentara China di Laut Utara Natuna adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain.

Menurut saya jawaban C. Mengaktifkan aktifitas penangkapan ikan di wilayah Laut Utara Natuna dengan dilengkapi peralatan/teknologi yang canggih adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi yang ada di google.

Menurut saya jawaban D. Berunjuk rasa di depan kedutaan besar China untuk memprotes adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut sudah melenceng dari apa yang ditanyakan.

Menurut saya jawaban E. Melakukan aksi polisionil terhadap nelayan Cina yang ada di Laut Natuna Utara adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar adalah C. Mengaktifkan aktifitas penangkapan ikan di wilayah Laut Utara Natuna dengan dilengkapi peralatan/teknologi yang canggih.

Jika anda masih punya pertanyaan lain atau ingin menanyakan sesuatu bisa tulis di kolom kometar dibawah.

Terimakasih telah melihat artikel Tanya Jawab, semoga bermanfaat bagi para pembaca Cikijing.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button