Advertisement
Tanya Jawab

Kenali Penyakit Lupus, Penyebab, Gejala, hingga Cara Mengobatinya – CIKIJING.COM

Lupus adalah gangguan autoimun yang terus-menerus di mana mesin kekebalan menyerang jaringan dan organ tubuh yang sehat itu sendiri. Ini menyebabkan tingkat peradangan persisten yang berlebihan, yang dapat berdampak negatif pada hampir setiap bagian tubuh: jantung, persendian, otak, ginjal, paru-paru, dan kelenjar endokrin, misalnya. Ini juga disebut sebagai SLE, yang merupakan singkatan dari Systemic Lupus Erythematosus. Gejala dan Cara Mengobati Penyakit Lupus

Baca Juga :

Cara Menyembuhkan Penyakit Herpes Secara Alami

AMAN !!! Begini Cara Mengobati Kandidiasis Secara Alami

Terbaik ! Ini Cara Mengobati Balanitis Secara Alami

Simak ! Cara Mengobati Kencing Nanah Secara Alami

Karena gejala lupus sangat mirip dengan banyak situasi kebugaran yang berbeda – yang meliputi masalah tiroid, penyakit Lyme dan fibromyalgia – lupus bisa sangat sulit untuk didiagnosis.

Baca Juga :

Cara Menghilangkan Bekas Kurap Secara Alami

Obat ampuh dan cepat cara mengobati sakit kencing secara alami

Sementara beberapa orang dengan lupus mampu menjalani kehidupan yang sangat biasa dan memuaskan, penderita lupus yang berbeda mengatasi tanda dan gejala yang intens yang kadang-kadang dapat melemahkan. Lupus cenderung menyebabkan interval yang tidak terduga “flare-up,” ketika tanda-tanda menjadi sangat mengerikan untuk jangka waktu tertentu, disertai melalui periode remisi. Tanda dan gejala umum lupus termasuk kelelahan, komplikasi, nyeri sendi, insomnia, masalah GI, dan ruam kulit.

Dibutuhkan banyak pasien lupus bertahun-tahun untuk dapat didiagnosis, terkadang membuat pasien diberi resep banyak resep lagi dan lagi yang tampaknya tidak memulihkan masalah. Saat ini, obat tradisional untuk lupus mencakup obat kortikosteroid, pereda nyeri NSAID, obat tiroid atau bahkan obat pengganti hormon sintetis — yang membantu mengurangi peradangan tetapi dapat menyebabkan banyak efek samping yang tidak diinginkan dan bahkan masalah kesehatan jangka panjang.

Baca Juga:  Setelah era modern, Jepang merupakan sebuah Negara yang feodalis.hal ini dipertegas lagi pada 1639 ketika Keshogunan Takugawa menerapkan kebijakan menutup Jepang dari semua pengaruh dari luar, terutama pengaruh Barat. Kebijakan tertutup ini disebut juga dengan kebijakan? - CIKIJING.COM

Meskipun banyak pasien lupus tidak senang dengan konsekuensi dari resep yang mereka ambil, mereka merasa tidak memiliki keinginan lain dan putus asa untuk menemukan kenyamanan dari gejala mereka. Untungnya, pengobatan alami untuk lupus, yang terdiri dari suplemen, olahraga, dan diet sehat yang mengandung bahan anti inflamasi, semuanya dapat membantu memanipulasi tanda dan gejala dan meningkatkan fitur kekebalan tubuh, tanpa meningkatkan kemungkinan sakit kepala.

Apa Penyebab Lupus?

Lupus atau lupus eritematosus sistemik adalah kondisi peradangan yang disebabkan oleh lebih dari beberapa hal yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringan tubuh yang sehat itu sendiri. Tujuan spesifik SLE (dan sebagian besar gangguan autoimun, ingatlah itu) masih belum sepenuhnya disetujui oleh komunitas klinis akhir-akhir ini, tetapi para peneliti menyadari bahwa genetika dan cara hidup seseorang masing-masing berperan dalam memicu infeksi.

Potensi penyebab lupus meliputi reaksi hipersensitif, virus, tekanan emosional, gangguan estrogen karena kehamilan atau persalinan, ketidakseimbangan hormon, pencernaan negatif, dan keracunan logam.

Faktor bahaya lupus terdiri dari:

  • Memiliki kerentanan genetik dan riwayat keluarga lupus atau gangguan autoimun lainnya
  • Menjadi seorang wanita (sembilan puluh persen dari semua penderita lupus adalah wanita)
  • Berada di antara waktu yang lama 15–45; wanita “usia subur” adalah dengan menggunakan kemungkinan terbesar untuk meningkatkan lupus
  • Menjadi orang Afrika-Amerika, Asia atau penduduk asli Amerika tingkat pertama; etnis-etnis tersebut mengembangkan lupus hingga 3 kali lebih sering daripada orang bule
  • Makan rencana penurunan berat badan yang buruk dan kekurangan nutrisi
  • Masalah GI seperti sindrom usus bocor
  • Reaksi dan sensitivitas alergi makanan
  • Paparan toksisitas
  • Riwayat infeksi dan gangguan autoimun lainnya

Gejala dan Tanda Peringatan

Lupus menyebabkan tanda dan gejala masing-masing tanpa penundaan (karena iritasi) dan juga secara tidak langsung karena tingkat stres yang memburuk. Oleh karena itu, prognosis lupus seringkali membutuhkan waktu untuk terjadi secara akurat. Pemeriksaan darah sering dilakukan untuk mencari antibodi khusus untuk membantu menentukan diagnosis lupus. Mereka termasuk antibodi yang dikenal sebagai anti-dsDNA dan antibodi antinuklear. Jika Anda sering mengalami beberapa gejala di bawah ini, maka dokter mungkin juga akan mendiagnosis lupus sebagai penyakit Anda.

Selain itu, setiap pasien lupus menderita secara psikologis dan mengatasi tanda-tanda kecemasan, melankolis, kehilangan ingatan dan insomnia — sebagian karena lupus dapat menyebabkan kerusakan saraf pada sumsum tulang belakang dan iritasi otak, tetapi juga karena perkelahian dengan lupus mungkin sangat sulit.

Tanda dan gejala umum lupus meliputi:

  • Kelelahan kronis
  • Nyeri sendi
  • Nyeri otot
  • Kekakuan, pembengkakan dan edema
  • Sesak nafas dan nyeri dada
  • Sakit kepala
  • Demam
  • Ruam kulit dan terbakar sinar matahari
  • Depresi dan ketegangan
  • Insomnia
  • Penglihatan kabur dan mata kering
  • Luka dan bisul pada mulut dan hidung
  • Anemia dan titik lemah
  • Kehilangan memori dan kebingungan
  • Komplikasi bersama dengan kemungkinan lebih tinggi untuk tekanan darah yang berlebihan dan penyakit jantung, kerusakan ginjal, kerusakan paru-paru, infeksi, kejang dan stroke

Pengobatan Lupus Alami

Lupus biasanya ditangani oleh dokter klinis konvensional dan rheumatologist dengan kombinasi resep dan modifikasi gaya hidup. Beberapa penderita langsung diberi banyak resep dan diberitahu bahwa perlu “bereksperimen” untuk sementara waktu dengan kombinasi obat yang berbeda untuk mengendalikan gejalanya. Ini dapat menyebabkan beberapa kecemasan, banyak konsekuensi samping, kadang-kadang ketergantungan pada tablet dan risiko yang jauh lebih tinggi untuk masalah lain.

Obat resep yang sering digunakan untuk memanipulasi lupus terdiri dari:

Obat obat imunosupresif:

Resep ini mencakup siklofosfamid (Cytoxan®), metotreksat (Rheumatrex®) dan belimumab (Benlysta®). Mereka digunakan untuk membantu mengelola peradangan dan sistem kekebalan yang terlalu aktif. Meskipun mereka dapat mengurangi rasa sakit dan iritasi, mereka juga dapat menyebabkan banyak konsekuensi segi yang ekstrim. Kapsul imunosupresif mengurangi kemampuan tubuh Anda untuk melawan infeksi dan virus dan bahkan dapat meningkatkan risiko kanker. Mereka juga menyebabkan efek samping, termasuk masalah ginjal, masalah kandung kemih, rambut rontok, periode abnormal, kerusakan paru-paru, pankreatitis dan bentuk alergi hepatitis, dan sensitivitas matahari yang lebih buruk.

Obat anti-rematik:

Obat yang pertama kali digunakan untuk malaria, hydroxychloroquine (Plaquenil®) digunakan untuk mengobati rheumatoid arthritis, beberapa gejala lupus, arthritis remaja dan penyakit autoimun lainnya.

Obat untuk penghilang rasa sakit NSAID:

Obat Antiinflamasi Nonsteroid sering digunakan untuk nyeri sendi, nyeri otot, komplikasi dan nyeri tekan. NSAID dapat bersifat adiktif, ketergantungan bentuk, dan menimbulkan efek samping, termasuk kerusakan ginjal dan kerusakan hati.

Steroid:

Ini dapat mencakup prednison dan hidrokortison, yang dapat digunakan untuk mengurangi pembengkakan, nyeri, ruam kulit dan iritasi. Mereka dapat menyebabkan banyak efek samping yang luar biasa, seperti manfaat berat badan, wajah bengkak, penyesuaian hormonal, jerawat, ancaman yang lebih baik untuk keropos tulang, dan perubahan emosi, serta lekas marah, gelisah, mudah marah, insomnia atau putus asa.

Obat obat tekanan darah dan antikoagulan:

Ini digunakan untuk mengobati masalah pembekuan darah dan modifikasi tekanan darah. Konsekuensi samping dapat mengancam gaya hidup dan mencakup peningkatan perdarahan, tekanan darah rendah, kelemahan dan masalah jantung koroner.

Hormon sintetis dan tablet pengontrol awal:

Kadang-kadang digunakan untuk mengatur hormon dan melawan efek samping dari obat-obatan yang berbeda, yang dapat meningkatkan bahaya untuk endometriosis, masalah pembekuan darah, manfaat berat badan dan banyak lagi.

Makanan yang Memperburuk Lupus

Beberapa makanan yang dapat berkontribusi pada lupus dan memperburuk tanda dan gejala penyakit autoimun meliputi:

Gluten:

Gluten adalah bentuk protein yang terletak di gandum, barley, rye dan produk yang mengandung tepung maksimum. Intoleransi gluten adalah hal biasa karena sulit bagi banyak orang untuk mencerna dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan sindrom usus bocor, peradangan atau memicu kambuhnya lupus.

Lemak trans dan sering kali lemak jenuh:

Lemak ini ditemukan dalam makanan cepat saji, banyak makanan yang digoreng dan bahan kemasan/olahan, dan dapat menyebabkan infeksi dan masalah jantung. Beberapa penderita lupus mengalami kesulitan dalam memetabolisme lemak jenuh dan harus membatasi keju, daging babi, makanan krim dan makanan kemasan.

Gula tambahan:

Terlalu banyak gula dapat merangsang sistem kekebalan dan meningkatkan rasa sakit.

Makanan tinggi natrium:

Karena lupus dapat merusak ginjal — pada kenyataannya, lupus nephritis adalah sejenis penyakit ginjal yang disebabkan oleh lupus eritematosus sistemik — kualitas untuk mencoba dan menjaga kadar natrium dan garam tetap rendah untuk mencegah retensi cairan, pembengkakan yang memburuk dan ketidakseimbangan elektrolit .

Alkohol dan jumlah kafein yang berlebihan:

Ini dapat meningkatkan kecemasan, memperburuk peradangan, merusak hati, nyeri pertumbuhan, dan menyebabkan dehidrasi dan masalah terkait tidur.

Kacang-kacangan tertentu:

Biji dan kecambah alfalfa, kacang hijau, kacang tanah, kedelai, dan kacang polong mengandung zat yang telah terbukti menyebabkan penyakit lupus pada beberapa pasien (walaupun tidak semua). Reaksi negatif pada penderita tertentu diyakini karena asam amino L-canavanine

Terimakasih telah melihat artikel Tanya Jawab, semoga bermanfaat bagi para pembaca Cikijing.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button