4 Keutamaan Membaca Surah Al-fatihah dan Makna

Keutamaan Membaca Surah Al-fatihah dan Makna
Keutamaan Membaca Surah Al-fatihah dan Makna

Cikijing.com – 4 Keutamaan Membaca Surah Al-fatihah dan Makna, Membaca Surah Al-Fatihah memiliki keutamaan yang besar dalam Islam. Surah ini merupakan surat pembuka Al-Qur’an dan dianggap sebagai doa yang paling utama dalam shalat.

Berikut 4 Keutamaan Membaca Surah Al-fatihah dan Makna Adalah

  1. Pembukaan Shalat: Surah Al-Fatihah merupakan bagian wajib dalam setiap rakaat shalat. Shalat tidak sah tanpa membacanya, sehingga membacanya dengan penuh khusyuk merupakan kunci utama dalam shalat.
  2. Doa dan Pujian kepada Allah: Al-Fatihah berisi pujian kepada Allah SWT, pengakuan atas keesaan-Nya, permohonan petunjuk, serta doa agar dihindarkan dari kesesatan.
  3. Pengampunan dan Rahmat: Rasulullah SAW menyebutnya sebagai “Ummul Kitab” atau induk dari Al-Qur’an karena ia mencakup inti pesan Al-Qur’an, yang antara lain tentang rahmat dan pengampunan Allah.
  4. Penyembuhan: Dalam beberapa riwayat, membaca Al-Fatihah juga dianggap memiliki kekuatan penyembuhan. Rasulullah SAW dan para sahabatnya pernah menggunakan Al-Fatihah sebagai pengobatan bagi yang sakit.

A. Makna Surah Al-Fatihah:

Surah Al-Fatihah terdiri dari tujuh ayat dan memiliki makna yang dalam:

  1. Pujian kepada Allah: Surah ini dimulai dengan memuji Allah SWT sebagai Rabb (Pencipta, Pemelihara, dan Pemberi Rizki) seluruh alam.
  2. Permohonan Petunjuk: Mengemukakan permohonan petunjuk kepada Allah untuk menjalani kehidupan dengan lurus, menjauhi kesesatan, dan mendapatkan rahmat-Nya.
  3. Pengakuan Keesaan Allah: Mengakui bahwa Allah adalah satu-satunya yang berhak disembah dan Dia Maha Pengasih dan Penyayang.
  4. Doa untuk Keselamatan: Memohon agar dijauhkan dari jalan yang menyimpang dan diberi petunjuk kepada jalan yang benar.

Surah Al-Fatihah memiliki kedalaman makna yang mencakup esensi keseluruhan ajaran Islam. Membacanya dengan memahami maknanya dapat memberi manfaat besar dalam kehidupan sehari-hari serta meningkatkan spiritualitas seseorang.

B. Ayat Surah Al-fatihah Beserta Artinya

Tentu, berikut teks Surah Al-Fatihah beserta arti atau terjemahannya dalam bahasa Indonesia: Keutamaan Membaca Surah Al-fatihah dan Makna

Surah Al-Fatihah:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ ١.

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ ٢.

الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ ٣.

مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ ٤.

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ ٥.

اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ ٦.

v. صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ

Terjemahan Surah Al-Fatihah:

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

  1. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam,
  2. Yang Maha Pemurah, Maha Penyayang,
  3. Yang menguasai di Hari Pembalasan.
  4. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.
  5. Tunjukilah kami jalan yang lurus,
  6. (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan pula (jalan) mereka yang sesat.”

C. Makna- Makna surah alfatihah Adalah

Surah Al-Fatihah memiliki makna yang dalam dan luas, meskipun terdiri dari tujuh ayat yang singkat. Beberapa makna yang terkandung di dalamnya antara lain: Keutamaan Membaca Surah Al-fatihah dan Makna

1. Pengakuan akan Keesaan Allah (Tawhid):

Surah ini dimulai dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang. Hal ini menegaskan pengakuan akan keesaan Allah, bahwa hanya Dia yang layak disembah, serta sifat-sifat-Nya yang penuh kasih dan penyayang terhadap seluruh ciptaan-Nya. Keutamaan Membaca Surah Al-fatihah dan Makna

2. Ungkapan Rasa Syukur dan Puji-pujian kepada Allah:

Surah Al-Fatihah mengandung ungkapan syukur dan pujian kepada Allah sebagai Tuhan semesta alam. Ayat pertama menegaskan rasa syukur dan penghargaan atas segala nikmat yang diberikan oleh Allah. Keutamaan Membaca Surah Al-fatihah dan Makna

3. Permohonan Petunjuk (Hidayah):

Ayat keenam merupakan doa yang memohon kepada Allah agar diberikan petunjuk dalam menjalani kehidupan, agar senantiasa berada di jalan yang lurus dan tidak tersesat. Permohonan ini menunjukkan pentingnya petunjuk dari Allah dalam setiap aspek kehidupan.

4. Penekanan pada Hari Kiamat:

Ayat ketiga menyebutkan Allah sebagai Raja yang menguasai hari pembalasan (hari kiamat). Ini mengingatkan manusia akan pertanggungjawaban akhirat dan bahwa segala perbuatan akan dihisab di akhirat. Keutamaan Membaca Surah Al-fatihah dan Makna

5. Doa untuk Mendapatkan Perlindungan dan Petunjuk:

Surah ini juga berfungsi sebagai doa untuk meminta perlindungan dari kesesatan, serta memohon petunjuk agar selalu berada di jalan yang benar yang telah diberkahi oleh Allah.

Kesimpulan artilel di atas adalah

 Kesimpulannya adalah bahwa Surah Al-Fatihah memiliki keutamaan yang besar dalam Islam, menjadi inti dari setiap shalat, dan dianggap sebagai doa yang paling utama. Surah ini mengandung pengakuan akan keesaan Allah, pujian kepada-Nya, permohonan petunjuk, serta doa untuk tetap berada dalam jalan yang lurus. Meskipun terdiri dari tujuh ayat yang singkat, Surah Al-Fatihah memiliki makna yang dalam dan luas, mengandung pesan-pesan fundamental dalam ajaran Islam.

Membaca dan memahami makna Surah Al-Fatihah diharapkan dapat memberi manfaat besar dalam kehidupan sehari-hari dan meningkatkan kedekatan spiritual dengan Allah.

Shourt Link : Keutamaan Membaca Surah Al-fatihah dan Makna

Klik Link : https://cikijing.com

You May Also Like