Advertisement
Tanya Jawab

Manakah di antara pernyataan berikut yang tidak berkaitan dengan perbandingan senilai, Jelaskan alasan kalian ! (Kunci Jawaban) – CIKIJING,COM

Manakah di antara pernyataan berikut yang tidak berkaitan dengan perbandingan senilai, Jelaskan alasan kalian ! a) y berbanding lurus terhadap x, b) y kelipatan x, c) Hasil kali x dan y adalah konstan, lalu apa sih perbandingan senilai.

Perbandingan senlai adalah perbandingan yang memiliki nilai yang sama. Nilai terebut sama atau tidak dapat diketahui apabila disederhanakan, sehingga akan ketemu perbandingan dengan nilai yang sama.

Jadi, sama dalam hal ini nilainya, bilangannya bisa berbeda. Misal, 1/2 = 2/4 = 4/8, ¾ dan 4/8 bila disederhanakan nilainya ½.

Manakah di antara pernyataan berikut yang tidak berkaitan dengan perbandingan senilai, Jelaskan alasan kalian !

  • a) y berbanding lurus terhadap x.
  • b) y kelipatan x.
  • c) Hasil kali x dan y adalah konstan.

Jawab:

Dari ketiga pernyataan di atas, pernyataan poin c tidak terkait dengan perbandingan senilai. Sebab perbandingan senilai ditunjukkan oleh rasio x dan y sama nilainya, bukan hasil kalinya yang sama.

Nah, begitulah jawabannya tema-teman. Karena pernyataannya mengenai perbandingan senilai. Senilai berarti sama nilainya,

Misalnya:

a) y berbanding lurus terhadap x, pernyataan ini benar, karena bila sebab apabila misalnya bilanganna bertambah maka penyebutnya juga ikut bertambah, dari pembilang 1 menjadi 2, kemudian dari penyebut 2 menjadi 4.

b) y kelipatan dari x, benar sebab 2/4 merupakan kelipatan dari ½, yaitu kelipatan 2 : ½ x 2/2 = 2/4.

c) Hasil kali x dan y adalah konstan. Konstan berarti tetap. ½ x 2/4 = 2/8. Disederhanakan menjadi 1/4, sehingga tidak seniali dengan 1/2.

Makanya c bukan perbandingan senilai. Sebab perbandingan senilai nilainya harus sama, sedangkan bila dikali justru menjadi tidak senilai.

Verifikasi

Manakah di antara pernyataan berikut yang tidak berkaitan dengan perbandingan senilai, Jelaskan alasan kalian

Baca Juga:  Hal Yang Perlu Diperhatikan Pemeriksa Ketika Menghubungkan Sebab Dan Rekomendasi Adalah Kesalahan Akibat Kerancuan Nalar (logical Fallacies). Terdapat Tiga Penyebab Kerancuan Nalar Yang Harus Diperhatikan Oleh Pemeriksa, Kecuali? - CIKIJING.COM

Berikut ini penjelasannya:

Manakah di antara pernyataan berikut yang tidak berkaitan dengan perbandingan senilai, Jelaskan alasan kalian

Kebijakan masing-masing guru pembimbing 👩‍🏫

Terimakasih telah melihat kategori tanya jawab di CIKIJING.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button