Advertisement
Tanya Jawab

manusia dan sejarah memiliki keterkaitan erat yaitu – CIKIJING.COM

manusia dan sejarah memiliki keterkaitan erat,yaitu…

a. sejarah hanya mempelajari hubungan antar manusia

b. sejarah dapat digunakan utk memprediksi kehidupan manusia pada masa depan

c. sejarah hanya mengkaji manusia sebagai subjek peristiwa

d. sejarah selalu membicarakan peristiwa dan aktivitas manusia di masa lalu

e. sejarah hanya dapat dikaji manusia yang memiliki latar belakang keilmuan

 

JAWAB:

D. sejarah selalu membicarakan peristiwa dan aktivitas manusia di masa lalu.

Pembahasan

Manusia dan sejarah memiliki keterkaitan yang sangat erat. Maksudnya, tidak akan ada sejarah jika tidak ada manusia begitu pula sebaliknya. Sejarah sendiri merupakan rekonstruksi masa lalu manusia yang dipikirkan (teori), diucapkan, dan dilakukan.

Tanpa adanya sejarah, kita tidak akan mengenal pengalaman yang sudah terjadi, jika pengalaman itu sudah terjadi dan tersebar ke mana-mana kita tidak akan mengulanginya yang buruk. Sehingga manusia dan sejarah pasti memiliki keterkaitan erat antara satu dengan yang lainnya.

Analisis

Untuk pilihan A. sejarah hanya mempelajari hubungan antar manusia adalah Salah. Hal ini dikarenakan bahwa sejarah tidak hanya mempelajari hubungan antar manusia saja, namun sejarah juga mempelajar akan tingkah laku manusia, sebab akibat dari suatu peristiwa dan proses 5 W 1 H di dalam sejarah.

 

Untuk pilihan sejarah dapat digunakan untuk memprediksi kehidupan manusia pada masa depan adalah Salah. Sejarah tidak hanya berfokus pada masa depan saja, melainkan tentang bagaimana menganalisis masa lalu, kondisi kekinian yang terjadi, hingga memprediksi peristiwa yang akan terjadi di masa depan.

 

Untuk pilihan sejarah hanya mengkaji manusia sebagai subjek peristiwa adalah Salah. Manusia tidak hanya menjadi tokoh utama di dalam peristiwa itu sendiri atau subjek di dalamnya, melainkan sejarah memiliki objek di dalamnya yakni sasaran yang telah dilakukan subjek sejarah kepada objeknya, baik itu kekerasan, kemajuan, kolonialisme dan lainnya.

Baca Juga:  perintah split cell berfungsi untuk - CIKIJING.COM

 

Untuk pilihan sejarah hanya dapat dikaji manusia yang memiliki latar belakang keilmuan adalah Salah. Sejarah dapat dikaji oleh siapa saja, asalkan dia menjadi peminat sejarah yang telah ikut dan berpartisipasi dalam kegiatan sejarah tanpa melalui proses sertifikasi. Artinya selama ia memiliki pengetahuan yang cukup tentang sejarah di suatu topik, maka siapapun dapat terlibat di dalam keilmuan ini, termasuk mengembangkannya asalkan mengandung nilai objektif di dalamnya.

Terimakasih telah melihat artikel Tanya Jawab, semoga bermanfaat bagi para pembaca Cikijing.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button