Advertisement
Tanya Jawab

Marketing Online: Pengertian dan Strategi untuk Melakukannya – CIKIJING.COM

Di industri 4.0 ini marketing online mengalami banyak peningkatan dan sedang berada dalam masa jayanya. Anda tentu tidak mau ketinggalan marketing online, kan?

Bisnis online atau marketing online menjadi salah satu bidang yang paling banyak diminati di era serba digital seperti sekarang ini.

Apabila anda termasuk salah satu dari sekian banyak pebisnis online, maka anda pasti paham bagaimana bisnis marketing online ini telah berkembang pesat selama beberapa tahun belakangan.

Sadar ataupun tidak, perkembangan sistem informasi dan komunikasi sudah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini tak hanya dirasakan oleh orang-orang dengan profesi tertentu. Akan tetapi, hal ini juga memberikan pengaruh baik terhadap gaya hidup masyarakat.

Salah satu dampak dari adanya perkembangan teknologi ini adalah adanya online marketing.

Bagi anda yang masih belum mengetahui dengan istilah ini, simak penjelasan marketing online beserta pengertian, strategi dan cara melakukannya berikut ini.

Pengertian Marketing Online

Marketing online merupakan sistem pemasaran produk yang mana memanfaatkan jaringan internet dan sistem digital.

Adapun penggunaan sistem online ini diharapkan agar mampu dijangkau oleh lebih banyak orang. Dengan demikian, produk yang dipasarkan akan lebih dikenal dan dapat menjaring lebih banyak konsumen potensial.

Nah, dengan menggunakan marketing online, suatu perusahaan dapat membangun reputasinya agar menjadi aktif di media sosial. Karena di era digital saat ini banyak calon konsumen menggunakan internet untuk mencari informasi.

Strategi Marketing Online

1. Mobile Marketing

Strategi online marketing yang pertama yaitu mobile marketing. Jika ingin situs bisnis atau produk anda lebih banyak diakses orang, maka anda harus membuat tampilan serta desain website yang lebih menarik, selain itu harus user friendly bagi para pengguna smartphone dan tablet.

Baca Juga:  Terangkan fungsi menhir!

Karena akses internet melalui smartphone dan tablet adalah salah satu yang paling besar, sehingga hal ini akan memudahkan konsumen mengakses situs anda dan melakukan transaksi pembelian dengan cepat.

2. Visual Marketing

Strategi online marketing yang kedua yaitu visual marketing. Tak sedikit orang yang berpendapat bahwa jika dibandingkan dengan penggunaan teks, gambar akan lebih mudah menarik perhatian serta mudah dipahami oleh banyak orang.

Hal ini juga sedikit banyak berlaku dalam pemasaran online, dimana produk yang dipasarkan melalui gambar-gambar akan lebih menarik perhatian konsumen.

Adapun gambar visual marketing ini juga bisa ditampilkan dengan lebih simple melalui berbagai media, misalnya Instagram, YouTube, Pinterest, Facebook, dan lain sebagainya.

3. Content Marketing

Strategi online marketing yang ketiga yaitu content marketing. Content marketing adalah salah satu strategi pemasaran online yang populer di kalangan para pebisnis online.

Content marketing ini dapat disajikan dalam beberapa bentuk, misalnya gambar, artikel, video, dan lain sebagainya.

Tujuan dari content marketing dikemas dengan sedemikian rupa adalah untuk menarik minat banyak orang. Akan tetapi, isinya harus tetap relevan dengan bisnis yang anda jalankan.

Anda bisa menjadikan content marketing ini sebagai pilihan dalam menjangkau lebih banyak pengunjung ke website bisnis anda, sehingga akan berpeluang untuk menciptakan penjualan yang lebih besar.

4. Personalized Marketing

Strategi online marketing yang keempat yaitu personalized marketing. Strategi ini menjadi pilihan yang tepat apabila anda menginginkan konsumen yang tertarget di dalam bisnis.

Hal ini dapat anda lakukan dengan membedakan konsumen berdasarkan beberapa kriteria, contohnya domisili, usia, hobi, dan lain-lain.

Adapun tujuan dari personalized marketing ini yaitu untuk mendapatkan target pasar yang paling tepat, sehingga peluang terciptanya penjualan pun semakin besar.

Baca Juga:  Bagian horizontal pada sebuah tabel disebut dengan

5. Continuous Marketing

Strategi online marketing yang kelima yaitu continuous marketing. Sistem pemasaran secara berkelanjutan sangat diperlukan dalam bisnis online.

Hal ini dapat anda lakukan dengan cara memasang iklan, serta berbagai macam aktivitas lain di media sosial Instagram, Facebook, dan Twitter.

Dengan demikian memungkinkan anda untuk memahami pelanggan serta memperbaiki bisnis, sehingga bisnis anda lebih maksimal dan yang paling penting dapat memenuhi harapan para pelanggan.

6. Integrated Digital Marketing

Strategi online marketing yang terakhir yaitu integrated digital marketing. Integrated digital marketing ini merupakan strategi pemasaran online yang komplit dan efektif.

Pada strategi ini anda akan memanfaatkan seluruh sistem pemasaran online sekaligus dengan sebaik mungkin.

Contohnya, membuat blog kemudian melakukan kegiatan promosi melalui Instagram bisnis dan Facebook. Menarik bukan?

Itulah pengertian dan juga strategi untuk melakukan marketing online yang bisa memberikan tambahan pengetahuan bagi anda para pelaku bisnis. Semoga anda bisa memilih dari salah strategi di atas untuk diterapkan di bisnis anda. Selamat mencoba.

Terimakasih telah melihat artikel Tanya Jawab, semoga bermanfaat bagi para pembaca Cikijing.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button