Advertisement
Tanya Jawab

masuknya unsur budaya india ke indonesia menyebabkan

Masuknya unsur budaya India ke Indonesia menyebabkan….

A. hilangnya kebudayaan Indonesia

B. kebudayaan Indonesia tidak kehilangan kepribadiannya

C. kebudayaan India mempengaruhi kebudayaan Indonesia

D. hilanganya kepribadian asli kebudayaan Indonesia

E. kebudayaan India mendominasi kebudayaan Indonesia

Jawaban

Masuknya unsur budaya dari India menyebabkan kebudayaan Indonesia tidak kehilangan kepribadiannya karena hal tersebut justru menambah khasanah kebudayaan Indonesia. Terjadinya percampuran kebudayaan antara kebudayaan India dengan Indonesia yang mana tidak menghilangkan kebudayaan asli Indonesia disebut sebagai akulturasi. Salah satu bentuk akulturasi antara kebudayaan India dengan kebudayaan Indonesia adalah bentuk Candi di Indonesia menyerupai bentuk bangunan Punden Berundak yang merupakan peninggalan dari zaman pra aksra. Akulturasi juga nampak dari fungsi Candi yang terlihat dari fungsi candi di India digunakan untuk ritual keagamaan, sedangkan di Indonesia fungsi candi selain sebagai ritual keagamaan juga digunakan untuk menyimpan abu raja. Akulturasi lainnya terlihat pada relief Candi Borubodur yang mana terdapat relief tentang kehidupan sang Budha yang bernuansa Indonesia.

Dengan demikian, masuknya unsur budaya India ke Indonesia menyebabkan kebudayaan Indonesia tidak kehilangan kepribadiannya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Terimakasih telah melihat artikel Tanya Jawab, semoga bermanfaat bagi para pembaca Cikijing.com.

Baca Juga:  Kita tahu [ . . . ] masyarakat gemar menggunakan kemasan plastik sekali pakai. Ada pihak swasta yang dapat menciptakan teknologi untuk mendaur ulang sampah plastik [ . . . ] bisa terus digunakan. [ . . . ], upaya ini tidak akan tercipta tanpa adanya dukungan kita, sebagai bagian dari masyarakat. Pemerintah pun punya andil besar untuk memberikan fasilitas yang memadai. Konjungsi yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button