Advertisement
Belajar Islam

Menjenguk Orang Sakit di Doakan 70.000 Malaikat!

Menjenguk Orang Sakit di Doakan 70.000 Malaikat – Ketika kerabat, sahabat, rekan kerja, sanak saudara atau keluarga ada yang sakit, baiknya kita jenguk. Kenapa? karena ikatan silaturahmi dapat terjalin dengan baik.

Ketika jengukpun doakan yang baik-baik kepada yang sakit, seperti membawa buah-buahan atau misalkan rejeki lagi tidak ada, bisa datang langsung dan mendoakan karena yang terpenting itu kita menemui yang sakit sebagai bukti bahwa kita menganggap penting si yang sakit tersebut. Atau jika kita berhalangan karena jarak yang jauh bisa menggunakan teknologi smartphone karena perhatian sekecil apapun pasti akan dihargai.

Berikut adalah hadis keistimewaan jika kita menjenguk orang yang sedang sakit:

1. Dari Al-Barra’ ibn Azib ra

Ia berkata: “Rasulullah saw memerintahkan kepada kami untuk menjenguk orang sakit, mengiring jenazah, mendoakan orang bersin (yang memuji Allah), menepati sumpah, menolong orang teraniaya, memenuhi undangan dan menyebarluaskan salam.” Muttafaq alaih (HR. Bukhari: 1239 dan Muslim: 2066)

2. Dari Abu Hurairah ra

Bahwa Rasulullah saw bersabda: “Hak orang Islam atas orang Islam lain ada lima yaitu menjawab salam, menjenguk orang sakit, mengantarkan jenazah, memenuhi undangan, mendoakan orang yang bersin (yang memuji Allah).” Muttafaq alaih (HR. Bukhari: 1240 dan Muslim: 2162)

3. Dari Abu Hurairah ra

Ia berkata: Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya nanti pada hari kiamat Allah azza wa jalla berfirman: “Wahai anak Adam, Aku sakit kenapa kamu tidak mau menjenguk Aku?” Manusia menjawab: “Wahai Tuhanku, bagaimana saya menjenguk sedangkan Engkau adalah Tuhan semesta alam?” Allah berfirman: “Apakah kamu tidak tahu bahwa hamba-Ku si Fulan sakit, tetapi kamu tidak mau menjenguknya. Apakah kamu tidak tahu seandainya kamu menjenguknya niscaya kamu mendapatkan Aku di tempatnya si Fulan. Wahai anak Adam, Aku minta makan kepadamu tetapi kamu tidak mau memberi makan kepada-Ku.” Manusia akan menjawab: “Wahai Tuhanku, bagaimana saya memberi makan kepada-Mu sedangkan Engkau adalah Tuhan semesta alam?” Allah berfirman: “Apakah kamu tidak tahu bahwa hamba-Ku si Fulan minta makan kepadamu tetapi kamu tidak mau memberinya makan. Apakah kamu tidak tahu seandainya kamu memberinya makan niscaya kamu mendapatkan hal itu tertulis di sisi-Ku. Wahai anak Adam, aku minta minum kepadamu tetapi kamu tidak mau memberi minum kepada-Ku.” Manusia akan menjawab: “Wahai Tuhanku, bagaimana saya memberi minum kepada-Mu sedangkan Engkau adalah Tuhan semesta alam?” Allah berfirman: “Hamba-Ku si Fulan minta minum kepadamu tetapi kamu tidak mau memberinya . Sungguh seandainya kamu memberinya minum niscaya kamu mendapatkan hal itu tertulis di sisi-Ku.” (HR. Muslim: 2569)

Baca Juga:  5 Investasi Syariah di Pasar Saham, Yuk Pahami

4. Dari Abu Musa ra

Ia berkata: “Rasulullah saw bersabda: “Jenguklah orang yang sakit, berilah makan orang yang lapar, dan lepaskanlah orang yang tertawan.” (HR. Bukhari: 5649, hadis shahih)

5. Dari Tsauban ra

Dari Nabi saw, beliau bersabda: “Sesungguhnya bila seorang muslim menjenguk saudaranya sesame muslim maka seakan-akan ia senantiasa berada dalam khurfatil jannah (kebun surga) sehingga ia kembali.” Ada seseorang bertanya: “Apakah yang dimaksud dengan khurfatul jannah itu?” Beliau menjawab: “Kebun surga yang sedang berbuah.” (HR. Mulim: 2568)

6. Dari Ali ra

Ia berkata: Saya mendengar Rasulullah saw bersabda: “Setiap orang muslim yang menjenguk sesama muslim pada waktu pagi, maka ia akan dimintakan rahmat oleh tujuh puluh ribu malaikat sampai waktu sore. Dan apabila ia menjenguknya pada waktu sore, maka ia akan dimintakan rahmat oleh tujuh puluh ribu malaikat sampai waktu pagi, serta ia mendapat jaminan buah-buahan yang siap dimakan di dalam surga.” (HR. At Tirmidzi: 969 dan ia berkata: “Ini adalah hadis hasan”)

7. Dari Anas ra

Ia berkata: “Ada seorang pemuda Yahudi yang biasa melayani Nabi saw datang untuk menjenguknya, lantas beliau duduk di dekat kepalanya seraya bersabda: “(Masuk) Islamlah!” ia melihat ayahnya yang berada di situ juga, kemudian ayahnya berkata: “Patuhilah Abu Qasim” Maka ia pun masuk Islam. Kemudian Nabi saw keluar sambil mengucapkan:
الحمد لله الذي أنقذه من النار” ( segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkannya dari neraka).” (HR. Bukhari: 1356, hadis hasan)

Terimakasih telah melihat artikel Menjenguk Orang Sakit di Doakan 70.000 Malaikat, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Back to top button