Advertisement
Tanya Jawab

munculnya dewan banteng dewan gajah dan dewan garuda disebabkan oleh

Munculnya Dewan Banteng, Dewan Gajah, dan Dewan Garuda disebabkan oleh ….

Jawaban

Munculnya Dewan Banteng, Dewan Gajah, Dewan Garuda, dan Dewan Manguni disebabkan oleh kekecewaan para perwira di daerah atas kebijakan pemerintah pusat seperti sentralisasi pemerintah pusat pada waktu itu, kedekatan dengan PKI dan ketidakstabilan politik pada masa Demokrasi Liberal.

Pembahasan:

Pemberontakan PRRI terjadi di Sumatera sedangkan Permesta terjadi di Sulawesi pada tahun 1956 hingga 1958. Pada pemberontakan ini sebagian perwira tentara di Sumater dan Sukawesi membentuk dewan-dewan regolusi dan merebut kekuasaan dari pemerintah pusat.

Dewan dewan ini adalah:

Dewan Banteng di Sumatera Barat, dipimpin Letkol Ahmad Husein.
Dewan Gajah di Sumatera Utara, dipimpin Kolonel Maluddin Simbolon
Dewan Garuda di Sumatera Selatan, dipimpin Letkol R. Barlian
Dewan Manguni di Manado, dipimpin Letkol Ventje Sumual
Pemberontakan ini dilandasi kekecewaan para politisi dan perwira di daerah atas kebijakan pemerintah pusat Republik Indonesia yang berbasis di Jakarta. Pemerintah pusat dianggap terlalu mengistimewakan pulau Jawa dibanding pulau luar. Selain itu kebijakan pemerintah pusat dianggap terlalu sentralistis dan tidak memperhatikan kepentingan daerah.

Selain itu, kedekatan presiden Sukarno dengan PKI juga membuat para perwira dan politisi di daerah tidak senang, karena mereka banyak yang sangat anti komunis dan pro-Barat.

Selain itu pada masa ini Indonesia sangat tidak stabil dalam sisi politis karena sistem Demokrasi Liberal yang menganut pemerintahan parlementer. Pada masa ini kabinet dan perdana menteri berkali kali ganti karena mendapat mosi tidak percaya dari parlemen.

Pemberontakan PRRI Permesta ini bisa dilumbuhkan setelah operasi militer yang dipimpin Jenderal Ahmad Yani dan Nasution merebut kota besar basis pendukung PRRi Permesta seperti Bukittinggi dan Manado. Sisa pemberontak menyerahkan diri setelah pemerintah pusat memberikan amnesti atau pengampunan pada bekas pemberontak.

Baca Juga:  Faktor penentu dalam membangun hubungan internasional, kecuali?

Terimakasih telah melihat artikel Tanya Jawab, semoga bermanfaat bagi para pembaca Cikijing.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button