Advertisement
Tanya Jawab

orang yang dituduh bersalah dalam sidang pengadilan disebut – CIKIJING.COM

orang yang dituduh bersalah dalam sidang pengadilan disebut?

Jawaban

Terdakwa adalah seseorang yang diduga telah melakukan suatu tindak pidana dan ada cukup alasan untuk dilakukan pemeriksaan di muka sidang pengadilan. Adapun menurut Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana Pasal 1 terdakwa adalah seorang tersangka yang dituntut, diperiksa dan diadili di persidangan. Istilah terdakwa biasanya digunakan dalam peradilan. Seseorang dianggap sebagai terdakwa apabila berkas perkara penyelidikannya sudah diselesaikan oleh penyidik dan berkas perkara penyelidikannya dinyatakan lengkap oleh jaksa penuntut umum.
Terdakwa merupakan status yang lebih tinggi dari tersangka. Setelah seseorang berstatus sebagai tersangka, apabila ditemukan bukti lebih lanjut mengenai dugaan terhadap tindak pidana, maka akan ditetapkan sebagai terdakwa. Kemudian berkas perkara penyelidikan yang telah lengkap menjadi bahan untuk memulai sidang di pengadilan.

Terimakasih telah melihat artikel Tanya Jawab, semoga bermanfaat bagi para pembaca Cikijing.com.

Baca Juga:  Pencemaran Akan Semakin Berbahaya Jika Sudah Ada Di Dalam Tubuh Kita, Seperti Di Dalam Darah Atau Rambut. Jika Terus Menerus Terkumpul Di Tubuh, Maka Proses Pertumbuhan Dan Perkembangan Kita Akan Terganggu. Selain Itu, Pembentukan Tulang, Perkembangan Otak, Dan Saraf Pun Akan Mengalami Gangguan Simpulan Paragraf Di Atas Adalah? - CIKIJING.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button