Advertisement
Tanya Jawab

Pada abad ke-17 di Eropa, masalah tentang jumlah pelemparan dadu merupakan hal yang menarik – CIKIJING.COM

Pada abad ke-17 di Eropa, masalah tentang jumlah pelemparan dadu merupakan hal yang menarik. Masalahnya adalah bila ada 3 dadu dilempar bersamaan, untuk kasus bahwa jumlah ketiga mata dadu adalah 9 dan jumlah mata dadu 10, manakah yang lebih menguntungkan? Mari kita pikirkan masalah ini.
1. Banyak orang berpikir bahwa akan ada 6 kasus berbeda sehingga jumlah mata dadu 9, dan 6 kasus berbeda agar jumlah mata dadu 10. Tidak masalah pilihan mana yang dipilih, itu akan memiliki kesempatan yang sama untuk menang. Tuliskan semua kasus untuk jumlah mata dadu 9 dan 10.
2. Di sisi lain, penjudi merasa bahwa jumlah mata dadu 10 muncul sedikit lebih sering daripada yang berjumlah 9 berdasar pengalaman. Orang yang menjawab masalah ini adalah ilmuwan Italia bernama Galileo Galilei. Galileo menunjukkan bahwa jumlah mata dadu 10 memiliki peluang lebih besar menggunakan teori peluang. Berpikirlah seperti Galileo dan jelaskan soal ini.

Jawaban
Kombinasi jumlah angka dadu 9
{1, 2, 6}, {1, 3, 5},
{1, 4, 4}, {2, 2, 5},
{2, 3, 4}, {3, 3, 3}
Kombinasi jumlah angka dadu 10
{1, 3, 6}, {1, 4, 5},
{2, 2, 6}, {2, 3, 5},
{2, 2, 4}, {3, 3, 4}

lihat-jawaban

 

Terimakasih telah melihat artikel Tanya Jawab, semoga bermanfaat bagi para pembaca Cikijing.com.

Baca Juga:  Aisyah Adalah Seorang Siswi Madrasah Tsanawiyah Yang Rajin Mengaji Dan Belajar Sehingga Pandai Membaca Al-Qur'an. Suatu Hari Dia Membaca QS. Al-Falaq Ayat 2 Dan Menemukan Lafadz “ Khalaq “, Maka Aisyah Membacanya Dengan? - CIKIJING.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button