Advertisement
Tanya Jawab

penyebab jatuhnya kabinet sukiman – Hack.ac.id – CIKIJING.COM

Masa pemerintahan kabinet Sukiman berakhir karena …

Jawaban

Kabinet Sukiman merupakan kabinet kedua pada era Demokrasi Parlementer. Kabinet ini bertugas pada masa bakti 27 April 1951 hingga 3 April 1952, tetapi telah didemosioner sejak 23 Februari 1952. Kabinet ini merupakan kabinet koalisi antara Masyumi dan PNI. Penyebab jatuhnya kabinet Sukiman adalah karena diterimanya mutual security act, yaitu bantuan dari Amerika Serikat pada tahun 1951 yang diberikan ke beberapa negara untuk melawan komunis. Akibat dari penandatanganan ini, kabinet Sukirman yang dipimpin oleh Perdana Menteri Sukiman Wiryosanjoyo, dianggap melanggar prinsip hubungan luar negeri “bebas aktif”, dan menjadikan Indonesia bersekutu dengan Amerika Serikat. \ Di samping itu, penyebab lainnya adalah semakin merebaknya korupsi di kalangan birokrat dan gagalnya Kabinet Sukiman dalam menyelesaikan masalah Irian Barat.

Dengan demikian, penyebab jatuhnya kabinet Sukiman adalah karena diterimanya mutual security act, yaitu bantuan dari Amerika Serikat pada tahun 1951 yang diberikan ke beberapa negara untuk melawan komunis.

Originally posted 2022-03-03 12:54:32.

Itulah tadi jawaban dari penyebab jatuhnya kabinet sukiman, semoga membantu.

Kemudian, Buk Guru sangat menyarankan siswa sekalian untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu sujud sahwi dilakukan sebanyak dengan penjelasan jawaban dan pembahasan yang lengkap.

Terimakasih telah melihat artikel Tanya Jawab, semoga bermanfaat bagi para pembaca Cikijing.com.

Baca Juga:  Jenis dan hierarki peraturan perundang -undangan di Indonesia sesuai pasal 7 UU nomor 12 tahun 2011 yang menempati urutan ketiga adalah �? - CIKIJING.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button