Advertisement
Tanya Jawab

peredaran darah kecil pada manusia yang tepat adalah – CIKIJING.COM

Urutan peredaran darah kecil manusia adalah ….

A. jantung – arteri paru-paru – vena paru-paru – jantung

B. bilik kiri – vena paru-paru – paru-paru – serambi

C. jantung – arteri tubuh – vena tubuh – jantung

D. bilik kiri – arteri paru-paru – kapiler paru-paru – vena paru-paru – serambi kanan

Jawaban

Sistem peredaran darah adalah sistem yang berfungsi untuk mengedarkan oksigen dan zat makanan ke seluruh tubuh. Sistem peredaran darah pada manusia tersusun oleh jantung dan pembuluh darah. Sistem peredaran darah manusia bersifat tertutup ganda. Peredaran darah tertutup artinya darah mengalir melalui pembuluh darah di dalam tubuh manusia. Peredaran darah ganda berarti artinya dalam satu kali peredaran, darah melalui jantung sebanyak 2 kali. Sistem peredaran ganda terdiri atas sistem peredaran darah kecil dan sistem peredaran darah besar.

Sistem peredaran darah kecil, yaitu sistem peredaran darah dari jantung – paru-paru – jantung. Darah yang miskin oksigen dari bilik kanan jantung keluar melalui arteri pulmonalis menuju ke paru-paru. Di alveolus, terjadi difusi gas karbon dioksida dan oksigen. Karbon dioksida akan berdifusi dari kapiler darah menuju alveolus, sedangkan oksigen akan berdifusi dari alveolus menuju kapiler darah. Darah kemudian akan mengalir ke vena pulmonalis kemudian menuju ke serambi kiri jantung.
Sistem peredaran darah besar, yaitu sistem peredaran darah dari jantung – seluruh tubuh – jantung. Darah kaya oksigen dari bilik kiri akan keluar melalui aorta dan mengalir ke percabangan arteri berbagai organ dan jaringan tubuh, kecuali jantung dan paru-paru. Di dalam jaringan tubuh, terjadi difusi oksigen dan zat makanan. Setelah itu, darah menuju venula kemudian vena dan kembali ke serambi kanan jantung.
Berdasarkan uraian di atas dapat diketahui bahwa peredaran darah kecil adalah peredaran darah dari jantung (bilik kanan) – arteri paru-paru – vena paru-paru – jantung.

Baca Juga:  Terangkan ciri khas yang dimiliki kebudayaan Bacson-Hoabinh

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

Originally posted 2022-03-02 20:23:56.

Itulah tadi jawaban dari peredaran darah kecil pada manusia yang tepat adalah, semoga membantu.

Kemudian, Buk Guru sangat menyarankan siswa sekalian untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Pada pertemuan di sekolah itu, wajah Dani terlihat murung. Amri dapat menangkap kesedihan yang dialami Dani. Kegembiraan yang bergelora menunggu merayakan kemenangannya itu sejenak harus ditahannya. Pada pertemuan itu, ia mencoba memahami kesedihan yang dialami Dani. “Ada apa, Dan? Kamu dimarahi mama kamu lagi ya,” Amri menerka – nerka. Dani tak menjawabnya. Ia hanya menggelengkan kepala. Dengan tetap menampilkan wajah sedih yang tertunduk. “Ayolah, Dan. Kamu bisa bercerita masalahmu kepadaku,” Amri terus membujuk Dani. Ia ingin mengetahui penyebab kesedihan Dani. Dani masih juga diam untuk beberapa lama. Amri tak bisa memaksanya. Barangkali butuh waktu dan ketenangan untuk Dani mengungkapkannya. Pikir Amri. “Piala yang didapatkan dari lomba lego kemarin dipatahkan mama.” Kata Dani tiba-tiba terisak. “Kalau aku tetap melanjutkan bermain lego, mama akan membuang semua lego milikku,” kata mama, lego tidak akan membuat masa depanmu menyenangkan. Sekarang, aku bingung. Aku malas pulang kerumah Ri.” “Sudahlah Dan,” kata Amri, “kamu masih bisa bermain dirumah setiap pulang sekolah.” Dani tersenyum mendengarnya. Ia menyeka air matanya yang menggenang. Semangatnya kembali muncul. Tema cerita tersebut adalah? dengan penjelasan jawaban dan pembahasan yang lengkap.

Terimakasih telah melihat artikel Tanya Jawab, semoga bermanfaat bagi para pembaca Cikijing.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button