Advertisement
Tanya Jawab

pergolakan dalam negeri di indonesia terjadi karena – CIKIJING.COM

pergolakan dalam negeri di indonesia terjadi karena?

Jawaban

Pergolakan yang terjadi di dalam negeri terjadi karena belum adanya rasa persatuan dan kesatuan yang kuat di daam diri seluruh rakyat Indonesia dan perbedaan yang muncul berkaitan dengan ideologi, kepentingan, dan sistem pemerintahan.

Untuk lebih jelasnya, yukk pahami beberapa contoh pergolakan yang pernah terjadi di Indonesia berikut ini.

1) Pemberonakan DI/TII (Ideologi)
Dipimpin oeh S. M. Kartosuwiryo yang ingin Indonesia menjadi negara islam. Berawal dari penolakannya atas hasil perjanjian Reville, ia pun tidak lagi mengakui keberadaan Republik Indonesia. Kartosuwiryo memproklamasikan Negara Islam Indonesia (NII) pada 7 Agustus 1949.
2) Pemberontakan Andi Aziz (Kepentingan)
Andi Aziz adalah seorang kapten KNIL (tentara Hindia Belanda) yang melebur menjadi APRIS yakni angkatan bersenjata RIS. Namun, karena adanya unsur TNI ke dalam APRIS membuat Andi Aziz dan pasukannya menaruh curiga akan dianaktirikan dan ditambah lagi hubungan canggung antara TNI dan KNIL.
3) PRRI (Sistem Pemerintahan)
Latar belakang dari pemberontakan ini adalah rasa kecemburuan dari pemerintah daerah kepada pemerintahan pusat. Pembangunan dalam skala besar yang dilakukan oleh Soekarno, namun mengabaikan pembangunan di daerah-daerah pelosok negeri. PPRI mendeklarasikan diri pada 15 Februari 1958, yang dipimpin oeh Letnan Kolonel Ahmad Husein.

Originally posted 2022-03-12 10:42:51.

Terimakasih telah melihat artikel Tanya Jawab, semoga bermanfaat bagi para pembaca Cikijing.com.

Baca Juga:  pencarian ide dapat dilakukan dengan brainstorming yaitu dengan - CIKIJING.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button