Advertisement
Tanya Jawab

Perhatikan Hadits Berikut Ini!مَا كَسَبَ الرَّجُلُ كَسْبًا أَطْيَبَ مِنْ عَمَلِ يَدِهِ وَمَا أَنْفَقَ الرَّجُلُ عَلَى نَفْسِهِ وَأَهْلِهِ وَوَلَدِهِ وَخَادِمِهِ فَهُوَ صَدَقَةٌArtinya: “Tidak Ada Yang Lebih Baik Dari Usaha Seorang Laki-laki Kecuali Dari Hasil Tangannya (bekerja) Sendiri. Dan Apa Saja Yang Dinafkahkan Oleh Seorang Laki-laki Kepada Diri, Istri, Anak Dan Pembantunya Adalah Sedekah.” (HR. Ibnu Majah) Perilaku Yang Paling Sesuai Dengan Hadits Di Atas Adalah? – CIKIJING.COM

Perhatikan hadits berikut ini!مَا كَسَبَ الرَّجُلُ كَسْبًا أَطْيَبَ مِنْ عَمَلِ يَدِهِ وَمَا أَنْفَقَ الرَّجُلُ عَلَى نَفْسِهِ وَأَهْلِهِ وَوَلَدِهِ وَخَادِمِهِ فَهُوَ صَدَقَةٌArtinya: “Tidak ada yang lebih baik dari usaha seorang laki-laki kecuali dari hasil tangannya (bekerja) sendiri. Dan apa saja yang dinafkahkan oleh seorang laki-laki kepada diri, istri, anak dan pembantunya adalah sedekah.” (HR. Ibnu Majah) Perilaku yang paling sesuai dengan hadits di atas adalah?

  1. Seorang suami yang bekerja untuk memberi nafkah orangtuanya
  2. Seorang suami yang bekerja untuk mencukupi nafkah keluarganya
  3. Seorang anak yang bekerja untuk mencukupi nafkah ibu bapaknya
  4. Seorang kakak yang bekerja untuk memenuhi kebutuhan adik-adiknya
  5. Seorang saudara laki-laki yang bekerja untuk mencukupi saudara perempuannya

Jawaban yang benar adalah: B. Seorang suami yang bekerja untuk mencukupi nafkah keluarganya.

Dilansir dari Ensiklopedia, perhatikan hadits berikut ini!مَا كَسَبَ الرَّجُلُ كَسْبًا أَطْيَبَ مِنْ عَمَلِ يَدِهِ وَمَا أَنْفَقَ الرَّجُلُ عَلَى نَفْسِهِ وَأَهْلِهِ وَوَلَدِهِ وَخَادِمِهِ فَهُوَ صَدَقَةٌartinya: “tidak ada yang lebih baik dari usaha seorang laki-laki kecuali dari hasil tangannya (bekerja) sendiri. dan apa saja yang dinafkahkan oleh seorang laki-laki kepada diri, istri, anak dan pembantunya adalah sedekah.” (hr. ibnu majah) perilaku yang paling sesuai dengan hadits di atas adalah Seorang suami yang bekerja untuk mencukupi nafkah keluarganya.

Pembahasan dan Penjelasan

Menurut saya jawaban A. Seorang suami yang bekerja untuk memberi nafkah orangtuanya adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali.

Menurut saya jawaban B. Seorang suami yang bekerja untuk mencukupi nafkah keluarganya adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi yang ada di google.

Baca Juga:  Berikut ini adalah akibat dari sikap yang tidak baik (negatif) dari perbedaan sikap pada suatu hal yang harus kita hindari, kecuali? - CIKIJING.COM

Menurut saya jawaban C. Seorang anak yang bekerja untuk mencukupi nafkah ibu bapaknya adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain.

Menurut saya jawaban D. Seorang kakak yang bekerja untuk memenuhi kebutuhan adik-adiknya adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut sudah melenceng dari apa yang ditanyakan.

Menurut saya jawaban E. Seorang saudara laki-laki yang bekerja untuk mencukupi saudara perempuannya adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar adalah B. Seorang suami yang bekerja untuk mencukupi nafkah keluarganya.

Jika anda masih punya pertanyaan lain atau ingin menanyakan sesuatu bisa tulis di kolom kometar dibawah.

Terimakasih telah melihat artikel Tanya Jawab, semoga bermanfaat bagi para pembaca Cikijing.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button