Advertisement
Tanya Jawab

Perkemahan Sabtu-Minggu diselenggarakan di Hutan Lindung Perkemahan, Setiap waktu makan, peserta Persami berkumpul di aula, Di sana terdapat dua jenis meja ! (Kunci Jawaban) – CIKIJING.COM

Perkemahan Sabtu-Minggu diselenggarakan di Hutan Lindung Perkemahan, Setiap waktu makan, peserta Persami berkumpul di aula, Di sana terdapat dua jenis meja, Meja yang terbesar mampu menampung sepuluh (10) orang, sedangkan meja yang lebih kecil menampung delapan (8) orang.

Mereka sarapan telur dadar sebagai lauk. Meja yang paling besar disajikan empat (4) telur dadar dan meja yang lebih kecil disajikan tiga (3) telur dadar.

Kemudian telur dadarnya dibagi rata, berarti kalian bagi lagi banyaknya telur dadar dengan banyaknya orang pada meja tersebut.

Baca Juga:  Cokelat dan kebahagiaan - apa hubungannya? - CIKIJING.COM

Lalu hasilnya kan dapat berapa bagian, kalian bandingan dengan meja lain sehingga dapat diketahui apakah telur dadar yang di dapat sama atau berbeda.

Perkemahan Sabtu-Minggu diselenggarakan di Hutan Lindung Perkemahan, Setiap waktu makan, peserta Persami berkumpul di aula, Di sana terdapat dua jenis meja. Meja yang terbesar mampu menampung sepuluh orang, sedangkan meja yang lebih kecil menampung delapan orang. Mereka sarapan telur dadar sebagai lauk. Meja yang paling besar disajikan empat telur dadar dan meja yang lebih kecil disajikan tiga telur dadar.

a. Telur dadar dibagi rata untuk setiap siswa di setiap meja. Apakah siswa yang duduk di meja yang lebih kecil mendapatkan bagian yang sama seperti siswa yang duduk di meja yang lebih besar? Jelaskan alasanmu.

Jawab:

Diket:

  • Meja besar = 10 orang.
  • Meja kecil = 8 orang.
  • Telur dadar di meja besar = 4.
  • Telur dadar di meja kecil = 3.

Ditanya: Apakah siswa di meja kecil dapat bagian telur dadar yang sama dengan siswa di meja besar ?.

Jawab:

Bagian telur dadar meja besar = Telur dadar di meja besar/jumlah sisa meja besar

Bagian telur dadar meja kecil = Telur dadar di meja kecil/jumlah siswa meja kecil.

  • = 3/8.
  • 4/10 = 4×4/10×4 = 16/40.
  • 3/8 = 3×5/8×5 = 15/40.

4/10 lebih besar dari 3/8, maka berarti siswa yang berada di meja besar mendapatkan bagian telur dadar lebih besar dari siswa yang berada di meja kecil.

b. Nadia menduga bahwa dia dapat menentukan meja manakah yang setiap siswa memperoleh telur dadar yang lebih besar. Dia menggunakan alasan berikut. 10 – 4 = 6 dan 8 – 3 = 5, jadi setiap siswa yang duduk di meja yang besar memperoleh telur dadar yang besar dibandingkan di meja yang kecil.

1) Apa arti 6 dan 5 yang dimaksud dalam alasan Nadia?

Jawab:

Baca Juga:  Misalkan seorang reporter melaporkan, “90% dari penonton di Stadion Diponegoro berusia antara 25 dan 55” ? (Kunci Jawaban) - CIKIJING,COM

6 dan 5 menyatakan selisih dari jumlah siswa di meja dengan banyak telur dadar yang tersedia.

2) Apakah kalian setuju dengan alasan Nadia?

Jawab:

Jawab:

Tidak setuju.

3) Seandainya disediakan sembilan telur dadar di meja besar, apakah alasan yang digunakan Nadia menjadi benar?

Jawab:

  • Bagian telur dadar meja besar = 10-9 = 1.
  • Bagian telur dadar meja kecil = 8-3 = 5.

1 dan 5, yang lebih besar adalah 5 atau meja kecil, sehingga pernyataan Nadia tadi yang menyatakan yang memperoleh telur dadar lebih besar adalah meja besar menjadi salah.

Begitulah jawabannya. Semoga bermanfaat.

Verifikasi
Perkemahan Sabtu-Minggu diselenggarakan di Hutan Lindung Perkemahan, Setiap waktu makan, peserta Persami berkumpul di aula, Di sana terdapat dua jenis meja

Begitu jawaban yang benar.
Perkemahan Sabtu-Minggu diselenggarakan di Hutan Lindung Perkemahan, Setiap waktu makan, peserta Persami berkumpul di aula, Di sana terdapat dua jenis meja

Jawaban diverifikasi BENAR 💯

Terimakasih telah melihat kategori tanya jawab di CIKIJING.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button