Advertisement
Tanya Jawab

pidato tentang menuntut ilmu dan haditsnya – CIKIJING.COM

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Yang saya hormati para dewan guru, dan peserta didik sekalian. Pertama tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala, atas nikmat dan karunianya kita dapat berkumpul dalam acara yang berbahagia ini. Shalawat serta salam marilah kita senantiasa panjatkan kepada baginda nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam.

 

Anak-anakku yang bapak banggakan

Tidak terasa telah berakhir sudah kalian menimba ilmu di bangku SMA ini. Setelah ini saatnya kalian pergi melangkah untuk kembali menimba ilmu di tingkat yang lebih tinggi lagi yaitu di perguruan tinggi. Anak-anakku perlu diingat bahwasanya menimba ilmu itu adalah kewajiban bagi setiap manusia. Sebagaimana hadis nabi yang berbunyi:

 

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

”Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim”. (HR. Ibnu Majah).

 

Anak-anakku yang saya banggakan

Oleh karena itu pada kesempatan ini saya berpesan kepada semuanya, agar jangan pernah bosan untuk menuntut ilmu, terlebih dalam ilmu agama. Bentengi setiap aktivitas kalian dengan landasan agama. Insya Allah dimanapun kalian berada akan selalu mendapatkan perlindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Terakhir saya ucapkan selamat kepada anak-anak yang sudah lolos masuk perguruan tinggi, semoga bermanfaat bagi agama, negara dan bangsa kita. Wabilahitaufik walhidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Pembahasan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak. Bentuk pidato di atas adalah merupakan pidato argumentatif dimana menjelaskan tentang menuntut ilmu dan juga disertai dengan dalil-dalilnya.

Terimakasih telah melihat artikel Tanya Jawab, semoga bermanfaat bagi para pembaca Cikijing.com.

Baca Juga:  Tak Perlu Mahal ! Begini Cara Membuat Liptint Alami - CIKIJING.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button