Advertisement
Tanya Jawab

pola pengembangan teks eksposisi

jelaskan pola-pola pengembangan teks eksposisi?

Jawaban

Pola pengembangan teks eksposisi terdiri atas pola umum-khusus, pola khusus-umum, pola ilustrasi, dan pola perbandingan.

Yuk, simak pembahasan berikut ini.

Teks eksposisi merupakan teks yang berisi informasi dan pengetahuan disertai argumen-argumen penulis dan fakta mengenai hal yang dibicarakan.

Pola pengembangan dalam teks eksposisi antara lain:
1. Pola umum-khusus (paragraf deduktif), dalam pola ini ide pokoknya berada di awal paragraf, kemudian dikembangkan dengan kalimat-kalimat penjelas.
2. Pola khusus-umum (paragraf induktif), berisi kalimat-kalimat penjelas di awal paragraf dan diakhir dengan ide pokok atau gagasan utama.
3. Pola ilustrasi, berisi gagasan utama pada awal paragraf. Kemudian, dilanjutkan dengan ilustrasi berupa data yang dapat mendukung gagasan tersebut. Data tersebut dapat berupa pengamatan penulis.
4. Pola perbandingan, berisi perbandingan gagasan yang disampaikan dengan benda atau keadaan yang memiliki persamaan atau perbedaan. Tujuan penulis membandingkan adalah untuk mendukung gagasan yang telah diberikan.

Dengan demikian, pola pengembangan teks eksposisi terdiri atas pola umum-khusus, pola khusus-umum, pola ilustrasi, dan pola perbandingan.

Itulah tadi jawaban dari pola pengembangan teks eksposisi, semoga membantu.

Terimakasih telah melihat artikel Tanya Jawab, semoga bermanfaat bagi para pembaca Cikijing.com.

Baca Juga:  Bagaimanakah kedudukan Indonesia dalam ILO

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button