Advertisement
Tanya Jawab

rumah makan nyampleng – Hack.ac.id – CIKIJING.COM

RUMAH MAKAN NYAMPLENG
Rumah makan “Nyampleng” terletak di sebelah selatan alun-alun Kota Malang. Rumah makan ini terkenel dengan masakan tradisionalnya. Nama rumah makan ini berasal dari bahasa Jawa yaitu nyamleng yang berarti enak sekali. Sesuai dengan namanya rumah makan ini menyediakan masakan Jawa dengan cita rasa tinggi. Bangunan rumah makan ini beraksitektur Jawa. Hampir semua peralatan dan ornamen di rumah makan ini ditaa dengan nuansa Jawa.

Memasuki rumah makan ini, kita disambut gapura bernuansa Jawa yang berdiri kokoh di pintu masuk. Di bagian depan rumah makan ini terpasang gapura yang indah bertuliskan huruf Jawa dengan warna alami. Begitu memasuki pintu utama kita akan disambut ruangan yang sejuk dengan estetika tinggi. Lantai rumah makan ini terbuat dari kayu berwarna coklat tua. Dinding berwarna putih bersih. Hiasan etnik Jawa ditata melengkung indah di bagian dinding ruangan. Warna keemasan dipilih untuk menunjukkan kebesaran tempat ini. Hiasan batik sogan yang terpampang pada bagian depan dinding menambah kekentalan suasana tradisi Jawa.

Di teras rumah makan ini diletakkan gamelan Jawa yang tertata rapi lengkap dengan niyaganya. Warna gamelan keemasan dengan bingkai kayu warna coklat gelap sangat serasi dan indah. Di samping gamelan ditata meja kursi antik dengan warna legam. Di pojok ruangan diletakkan lampu hias coklat dengan ornamen kuning keemasan.

Di bagian belakang terdapat kolam ikan nila. Warna merah yang mendominasi kolam nampak seperti kain indah yang sedang dimainkan seorang penari. Kolam itu tidak terlalu luas, tetapi asri. Di pinggir kolam dihias beragam bunga. Warna warni bunga dengan keharuman wanginya menambah keasrian rumah makan ini.

Aroma gorengan tempe merambah semua ruangan. Gurihnya aroma tempe tergambar dari bau yang ditimbulkannya. Dan sambal terasinya juga menggoda orang segera mencicipinya.
1. Tuliskan pronomina persona yang digunakan dalam teks!
2. Tuliskan kata berimbuhan me- yang ada dalam teks!
3. Tuliskan minimal 10 adjektiva yang terdapat dalam teks.
4. Adakah hiponim yang digunakan dalam teks tersebut?. Jika ada, tuliskan!
5. Adakah penggunaan majas dalam kalimat tersebut?. Jika ada, tuliskan!

Baca Juga:  Hadis yang didasarkan pada ketetapan nabi saw disebut? - CIKIJING.COM

Jawaban
Teks deskripsi adalah teks yang berisi pemaparan dan penggambaran suatu objek dengan kata-kata yang jelas dan terperinci, seakan pembaca dapat melihat dan merasakan langsung objek yang dideskripsikan. Ciri kebahasaan teks deskripsi, yakni (1) menggunakan majas untuk menggambarkan secara jelas (konkret), biasanya majas perbandingan; (2) menggunakan kata sifat atau kalimat rincian untuk menjelaskan fisik suatu objek; (3) menggunakan kata ganti orang, seperti dia, saya; (4) terdapat hiponim, yaitu kata yang maknanya lebih sempit dan merupakan bagian dalam makna suatu kata yang lebih umum; dan (5) menggunakan berbagai bahasa yang dapat membuat pembaca seolah-olah sedang melihat, mendengar, dan merasakan hal yang dideskripsikan.

Dengan demikian, berikut adalah jawaban dari kelima pertanyaan di atas.
1. Pronomina persona: kita
2. Kata berimbuhan me-: menyediakan, memasuki, melengkung, menunjukkan, mendominasi.
3. Adjektiva: enak, kokoh, indah, alami, tinggi, bersih, rapi, luas, asri, harum.
4. Hiponim: putih, cokelat tua, cokelat gelap, keemasan (hiponim dari warna)
5. Majas: sambal terasinya juga menggoda orang segera mencicipinya (personifikasi)

Terimakasih telah melihat artikel Tanya Jawab, semoga bermanfaat bagi para pembaca Cikijing.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button