Advertisement
Tanya Jawab

salah satu produk bioteknologi konvensional adalah roti

salah satu produk bioteknologi konvensional adalah roti?

Jawaban

Roti merupakan salah satu produk bioteknologi konvensional yang dibuat dengan fermentasi dengan bantuan ragi atau khamir (jamur Saccharomyces cerevisiae). Fermentasi membuat tepung menjadi roti yang mengembang. Fermentasi merupakan contoh dari respirasi anaerob (respirasi yang tidak membutuhkan oksigen). Fermentasi ini terjadi proses dimana karbohidrat (seperti dalam adonan roti dari tepung gandum) terurai akibat respirasi anaerob, menjadi alkohol dan gas karbondioksida yang lebih sederhana. Fermentasi akan mengubah rasa dan tekstur, dan makanan akan lebih awet serta tahan lama.  Dalam proses fermentasi terjadi perubahan reaksi kimia dan terjadi pembentukan senyawa baru.

Dengan demikian, adonan roti yang sudah diberi khamir (Saccharomyces cerevisiae) harus ditutup rapat dengan tujuan agar khamir melakukan respirasi anaerob (fermentasi) yang akan menghasilkan alkohol dan karbondioksida.

Terimakasih telah melihat artikel Tanya Jawab, semoga bermanfaat bagi para pembaca Cikijing.com.

Baca Juga:  Perhatikan teks berikut! Siklus Air Proses siklus air menyebabkan air bergerak dari tanah ke udara. Dari udara, air akan kembali ke tanah dalam bentuk air hujan. Air hujan tersebut sebagian masuk ke sungai. Aliran air di sungai akan terkumpul kembali di laut. Selain itu, air hujan juga ada yang tergenang membentuk danau. Air hujan yang mencapai tanah masuk melalui celah dan pori-pori tanah serta batuan. Kemudian, air yang sudah masuk ke dalam tanah menjadi sumber air atau air cadangan. Berikut peristiwa yang terdapat pada paragraf teks siklus air tersebut adalah?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button