Advertisement
Tanya Jawab

Setelah Pengakuan Kedaulatan Pada 1949, Bangsa Indonesia Menanggung Beban Ekonomi Dan Keuangan Sebagai Akibat Hasil Kesepakatan Dalam Konferensi Meja Bundar (KMB). Pada Masa Tersebut Perekonomian Indonesia Mengalami Defisit. Salah Satu Kebijakan Ekonomi Pada Masa Demokrasi Liberal Yaitu? – CIKIJING.COM

Setelah pengakuan kedaulatan pada 1949, bangsa Indonesia menanggung beban ekonomi dan keuangan sebagai akibat hasil kesepakatan dalam Konferensi Meja Bundar (KMB). Pada masa tersebut perekonomian Indonesia mengalami defisit. Salah satu kebijakan ekonomi pada masa demokrasi liberal yaitu?

  1. membentuk Dewan Perancang Nasional untuk mempersiapkan rancangan undang-undang pembangunan nasional
  2. mengeluarkan uang kertas yang sebut Oeang Republik Indonesia (ORI) dan mendirikan Bank Negara Indonesia (BNI)
  3. adanya kebijakan gunting Syafruddin, yaitu memotong nilai uang yang bernilai Rp2,5 ke atas hingga nilai setengahnya
  4. melaksanakan Program Pinjaman Nasional yang guna metutui anggaran pembangunan
  5. menerapkan kebijakan Gerakan Benteng yang memberikan bantuan kepada kalangan ekportir muda

Jawaban yang benar adalah: C. adanya kebijakan gunting Syafruddin, yaitu memotong nilai uang yang bernilai Rp2,5 ke atas hingga nilai setengahnya.

Dilansir dari Ensiklopedia, setelah pengakuan kedaulatan pada 1949, bangsa indonesia menanggung beban ekonomi dan keuangan sebagai akibat hasil kesepakatan dalam konferensi meja bundar (kmb). pada masa tersebut perekonomian indonesia mengalami defisit. salah satu kebijakan ekonomi pada masa demokrasi liberal yaitu adanya kebijakan gunting Syafruddin, yaitu memotong nilai uang yang bernilai Rp2,5 ke atas hingga nilai setengahnya.

Pembahasan dan Penjelasan

Menurut saya jawaban A. membentuk Dewan Perancang Nasional untuk mempersiapkan rancangan undang-undang pembangunan nasional adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali.

Menurut saya jawaban B. mengeluarkan uang kertas yang sebut Oeang Republik Indonesia (ORI) dan mendirikan Bank Negara Indonesia (BNI) adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain.

Menurut saya jawaban C. adanya kebijakan gunting Syafruddin, yaitu memotong nilai uang yang bernilai Rp2,5 ke atas hingga nilai setengahnya adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi yang ada di google.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Brightness Tidak Berfungsi - CIKIJING.COM

Menurut saya jawaban D. melaksanakan Program Pinjaman Nasional yang guna metutui anggaran pembangunan adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut sudah melenceng dari apa yang ditanyakan.

Menurut saya jawaban E. menerapkan kebijakan Gerakan Benteng yang memberikan bantuan kepada kalangan ekportir muda adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar adalah C. adanya kebijakan gunting Syafruddin, yaitu memotong nilai uang yang bernilai Rp2,5 ke atas hingga nilai setengahnya.

Jika anda masih punya pertanyaan lain atau ingin menanyakan sesuatu bisa tulis di kolom kometar dibawah.

Terimakasih telah melihat artikel Tanya Jawab, semoga bermanfaat bagi para pembaca Cikijing.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button