Tanya Jawab

Sifat kedua kakak beradik itu sangat kontras berbeda dengan sang adik yang banyak bicara sang kakak – CIKIJING.COM

Sifat kedua kakak beradik itu sangat kontras berbeda dengan sang adik yang banyak bicara sang kakak

Jawab:

Sifat kedua kakak beradik tersebut sangatlah kontras. Berbeda dengan si adik yang banyak biacara, si kakak pendiam. Selain pendiam, alternatif jawaban yang bisa dipakai adalah irit kata, tak banyak omong, tak banyak bicara dan lain sebagainya.

Pembahasan

Soal di atas bisa dijumpai pada buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas 1 SMP tepatnya pada halaman 7 hingga 8. Pada halaman tersebut, siswa diminta untuk melengkapi bagian-bagian teks yang rumpang. Rumpang artinya adalah kosong. Cara mengisi bagian yang rumpang dengan jawaban yang tepat adalah dengan mencermati baik-baik kalimat yang ada. Sebagai contoh pada soal di atas, jika dicermati diperoleh informasi bahwa terdapat kakak dan adik yang memiliki sifat kontras. Kontras sendiri artinya bertolak belakang atau sangat berbeda jauh. Dengan demikian, apabila dinyatakan sifat si adik banyak biacara maka sifat yang kontras dengan banyak bicara tersebut adalah sedikit bicara, irit omongan atau bisa pula pendiam.

Kontras, pada pembelajaran terkait, diposisikan sebagai istilah teknis yang boleh jadi jarang didengar oleh anak-anak SD atau SMP. Oleh sebab itu maka pada pembelajaran ini, anak-anak diminta mencermati terlebih dahulu arti kata kontras lalu menentukan jawaban yang benar untuk teks rumpang yang ada.

Terimakasih telah melihat kategori tanya jawab di CIKIJING.COM

Baca Juga:  Benda Langit Yang Mengelilingi Matahari Adalah? - CIKIJING.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button