Advertisement
Tanya Jawab

Sukses!! Cara Memelihara Lobster Air Tawar untuk pemula – CIKIJING.COM

Cara Memelihara Lobster Air Tawar

Banyak sekali cara untuk merawat lobster air tawar yang sudah diulas di dunia maya. Berikut kami sajikan data lengkap mengenai cara memelihara dan merawat lobster air tawar dari kecil hingga panen.

A. Cara merawat lobster air tawar kecil

Dasar pertimbangan dalam merawat lobster air tawar kecil adalah kebersihan kolam lobster. Hal ini dikarenakan lobster air tawar berukuran kecil sangat rentan terhadap hama dan penyakit.

Oleh karena itu, selalu perhatikan kebersihan air kolam. Disarankan agar Anda memberi profesional perikanan Anda suplemen organik cair GDM setiap hari untuk memastikan bahwa air kolam Anda bebas dari hama dan penyakit.

Hal ini karena Suplemen Organik Cair Spesialis Perikanan GDM sudah mapan dan mengandung mikroba dengan kualitas terbaik yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan lobster air tawar, dengan komposisi mineral yang lengkap yang dapat meningkatkan kualitas air tambak dan meningkatkan keanekaragaman plankton. . Meningkatkan imunitas/antibodi lobster agar tidak mudah terkena gangguan dan kontaminasi. Menurunkan angka kematian hingga 99%.

Pendekatan perangkat lunak adalah secara tidak sengaja menyemprotkan Suplemen Organik Cair Spesialis Perikanan GDM dengan dosis 6ml/m2. Ulangi aplikasi setiap 10 hari secara teratur.

Setelah 10 hari di tempat penetasan, benih dapat dipindahkan ke kolam penangkaran yang dapat dipelihara selama 2 bulan. Anda juga dapat mengelola lobster air tawar berukuran besar untuk menyesuaikan pembuangannya.

B. Cara Merawat lobster air tawar ukuran besar

Selain memberi makan, tempat berlindung yang aman merupakan pertimbangan penting saat merawat lobster air tawar berukuran besar. Shelter ini berguna sebagai tempat berlindung dan persembunyian lobster.

Shelter ini harus disertakan dalam proses budidaya lobster. Selain bersembunyi, shelter ini berguna sebagai tempat berteduh setelah lobster mengalami molting.

Dengan cara ini lobster dapat terlindung dari berbagai serangan lobster, terlindung dari sinar matahari langsung dan sistem molting dapat lebih optimal. Ini karena lobster tumbuh dan berkembang lebih cepat saat mereka berganti kulit.

Shelter yang cocok adalah pipa paralon dengan panjang 15 X 20 cm dan diameter 4 inci. Setelah tempat penampungan yang aman ada, jagalah agar air, tempat penampungan dan kolam tidak ditumbuhi hama dan penyakit.

Cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan tidak sengaja menyemprot/menyemprotkan Liquid Organic Supplement GDM Fisheries Specialist dengan dosis 6 ml/m2 di shelter. Ulangi perangkat lunak setiap 10 hari sesering mungkin.

Jenis-jenis lobster air tawar dan cara memberi makan


A. Jenis lobster air tawar kecil dan cara memberi makan

Tidak selalu disarankan untuk memberi makan lobster dengan makanan yang sulit dicerna ketika mereka masih muda. Sayuran dan umbi-umbian merupakan contoh pakan yang harus dihindari karena sulit dicerna.

Lebih baik menyajikan ulat sutera, kernel lobster atau cacing beku dalam bentuk kubus. Hal ini karena panjangnya mengandung protein dan vitamin yang diperlukan untuk lobster air tawar.

Pemberian pakan 25% pada pagi hari dan 75% pada sore hari. Persentase jumlah pakan juga disesuaikan dengan bobot anak lobster.

3% atau lebih dari berat badan lobster yang dibudidayakan. Cara pemberian pakan dapat diatasi dengan menyebarkan pakan secara merata di atas kolam lobster air tawar.

B. Jenis dan cara makan lobster air tawar besar

Tidak seperti lobster air tawar kecil, pakan lobster air tawar besar bisa bervariasi. Pakan lobster air tawar berukuran besar bisa berupa kernel unik lobster, pellet, tuna, pellet campuran dengan cacing tubifex atau cacing tubifex dan campuran tuna yang dicampur dengan pakan nabati atau sintetis seperti cacing, kecambah dan wortel. .

Cara pemberian pakan dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan pakan ke dalam kolam lobster air tawar. Untuk memastikan pencernaan pakan yang optimal, Miles merekomendasikan pemberian pakan yang dicampur dengan suplemen organik cair GDM untuk profesional perikanan.

Waktu Panen Udang Air Tawar

Masa panen lobster air tawar sepenuhnya bergantung pada alasan pembudidayaannya. Secara umum budidaya lobster air tawar memiliki dua tujuan utama yaitu pembibitan dan pembibitan.

Dalam hal budidaya lobster air tawar untuk pembibitan, benih dapat dikumpulkan ketika lobster mencapai ukuran 1 hingga 2 cm, yaitu sekitar 20 hari. Dalam budidaya lobster air tawar, mereka dapat dipanen pada usia 6-8 bulan, biasanya dengan berat rata-rata di atas 100 gram.

Meski demikian, ukuran lobster air tawar bisa disesuaikan dengan permintaan pasar. Secara umum, semakin besar lobster, semakin mahal jaraknya.

Nah, begitulah cara budidaya lobster air tawar secara organik, yang ingin Anda pahami. bagaimana? Apakah ada konsistensi dalam budidaya lobster air tawar? good luck

 

Terimakasih telah melihat artikel Tanya Jawab, semoga bermanfaat bagi para pembaca Cikijing.com.

Baca Juga:  rumah adat di papua dikenal dengan nama - CIKIJING.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button