Advertisement
Tanya Jawab

teks tersebut dapat diklasifikasikan teks eksposisi karena

Bacalah kutipan teks eksposisi berikut!

Bencana tanah longsor, banjir bandang, dan limpahan air sungai yang kerap terjadi di sejumlah daerah mengindikasikan rusaknya daerah aliran sungai (DAS). Kawasan hulu hingga hilir perlu direhabilitasi pemerintah untuk mengatasi bencana hidrologi ini. Pertumbuhan penduduk yang bermukim di daerah aliran sungai telah melemahkan daya dukung lingkungan kawasan tersebut. Keberadaan manusia di kawasan hulu hingga hilir DAS mendorong konversi hutan menjadi areal perkebunan dan pemukimam. Berkurangnya areal vegetasi akan mengurangi daya serap air. Perubahan lahan menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan berupa erosi dan longsor. Data Kementerian Pertanian dan Kementerian pekerjaan Umum menunjukkan bahwa dari 458 DAS di Indonesia 282 dalam. kondisi kritis, 176 DAS juga berpotensi kritis.Kekritisan kawasan dilihat dari cakupan vegetasi dan tingkat erosi.

A.menjelaskan permasalahan banjir dan sebab-sebabnya

B.menjelaskan sebuah permasalahan

C.berisi pendapat penulis diikuti argumentasi

D.mengandung sebuah rekomendasi kepada pemerintah

E.mengungkapkan bencana banjir yang kerap terjadi

Jawaban

Teks eksposisi adalah paragraf atau karangan yang memuat sejumlah informasi dan pengetahuan dengan penyajian yang lebih singkat, padat, dan akurat. Tujuan teks eksposisi ialah untuk memaparkan atau menjelaskan informasi-informasi tertentu sehingga apa yang dijelaskan haruslah bersifat ilmiah. Struktur teks eksposisi terdiri atas (1) tesis yang berisi sudut pandang penulis terhadap permasalahan yang akan dibahas; (2) argumentasi, yakni sejumlah fakta atau data yang menjadi bukti dan alasan untuk memperkuat pandangan yang telah dijelaskan pada bagian tesis; dan (3) penegasan ulang berupa pernyataan akhir atau simpulan untuk menegaskan kembali seluruh argumentasi terkait tesis yang telah dikemukakan sebelumnya.

Kutipan teks tersebut memuat penjelasan dari sudut pandang penulis terkait bencana tanah longsor, banjir bandang, dan limpahan air sungai yang kerap terjadi. Pernyataan itu didukung oleh sejumlah argumentasi. Pola pengembangan seperti itu termasuk pada ciri teks eksposisi.

Baca Juga:  Di bawah ini yang bukan termasuk pengelolaan keuangan negara di bidang fiskal adalah?

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan C. 

Terimakasih telah melihat artikel Tanya Jawab, semoga bermanfaat bagi para pembaca Cikijing.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button