Advertisement
Tanya Jawab

Terdapat 68 baris pada suatu tempat parkir mobil, Setiap baris terdiri dari 92 mobil, Berapakah taksiran banyak mobil di tempat parkir tersebut (C) – CIKIJING.COM

Terdapat 68 baris pada suatu tempat parkir mobil, Setiap baris terdiri dari 92 mobil, Berapakah taksiran banyak mobil di tempat parkir tersebut ? (C) 70 × 90 = 6.300.

Taksiran sering kita sebut dengan pembulatan, yang dibulatkan tentu saja bilangannya. Misal 1,6 dibulatkan menjadi 2. Nah dibulatkan itu maksudnya ditaksirkan, begitupun kalau ditaksirkan itu artinya dibulatkan.

Namun dalam taksiran terdapat berbagai macam:

  • Taksiran bawah: dibulatkan dengan dikurangi / dihilangkan. Misal 77 menjadi 70.
  • Taksiran atas: dibulatkan dengan cara ditambah. Misal 77 menjadi 80.
  • Taksiran terbaik: taksiran yang menggunakan syarat apabila bilangannya 5 atau lebih, maka dibulatkan dengan ditambah / taksiran atas, namun bila bilangannya kurang dari 5 maka dibulatkan dengan taksiaran bawah  / dihilangkan.

Karena pada umumnya menggunakan taksiaran terbaik, dan pada soal tidak disebutkan taksairan apa, maka kita gunakan taksiaran terbaik.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Bulatkan bilangan-bilangan sebelum dilakukan perhitungan.

Terdapat 68 baris pada suatu tempat parkir mobil, Setiap baris terdiri dari 92 mobil, Berapakah taksiran banyak mobil di tempat parkir tersebut ?

Penjelasan

Ada 68 baris yang 1 barisnya terdapat 92 mobil, maka taksiran jumlah mobil adalah

  • 68 x 92 (8 lebih dari 5 maka dibulatkan ke atas / ditambah, dan 2 kurang dari 5 maka dibulatkan dengan dikurangi / dihilangkan)
  • 70 x 90 = 6300.

Sehingga jawabannya adalah C. Pada intinya taksiran terbaik adalah pembulatan bilangan dengan taksiran atas apabila bilangannya sama dengan 5 atau lebih (5, 6, 7, 8, 9), dan menggunakan pembulatan bawah apabila bilangannya kurang dari 5 (1, 2, 3 dan 4).

Baca Juga:  Data Atau Identitas Buku Meliputi? - CIKIJING.COM

Karena 68, kan bilangan belakangnya 8, 8 lebih dari 5 maka pembulatan atas dengan ditambah, sehingga menjadi 70.

Karena 92, kan bilangan belakangnya 2, 2 kurang dari 5 maka pembulatan bahwa dengan dikurangi / dihilangkan sehingga menjadi 90.

Makanya ketemunya 70 x 90 = 6300.

Terdapat 68 baris pada suatu tempat parkir mobil, Setiap baris terdiri dari 92 mobil, Berapakah taksiran banyak mobil di tempat parkir tersebut

Verifikasi

Terdapat 68 baris pada suatu tempat parkir mobil, Setiap baris terdiri dari 92 mobil, Berapakah taksiran banyak mobil di tempat parkir tersebut

(C) 70 × 90 = 6.300.

Jawaban diverifikasi BENAR 💯

Terimakasih telah melihat kategori tanya jawab di CIKIJING.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button