Advertisement
Tanya Jawab

tipe persendian yang terdapat pada rahang adalah

Tipe persendian yang terdapat pada rahang adalah ….

Jawaban

Sendi merupakan tempat dua tulang bertemu (penghubung antartulang). Berdasarkan sifat gerakannya, ada tiga macam sendi, yaitu:
1. Sendi mati (sinartrosis), merupakan sendi yang tidak bisa bergerak. Contohnya sendi yang terdapat pada tulang tengkorak.
2. Sendi kaku (amfiartrosis), merupakan sendi yang masih dapat digerakkan meski gerakannya terbatas. Contohnya sendi yang terdapat pada tulang antarruas tulang belakang dan tulang rusuk.
3. Sendi gerak (diartrosis), merupakan sendi yang dapat digerakkan secara leluasa. Terdapat lima macam sendi gerak, yaitu:
– Sendi geser: Sendi yang memungkinkan gerakan antara tulang yang satu menggeser yang lain. Contoh : sendi pada ruas tulang belakang.
– Sendi engsel merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan satu arah saja. Contoh: Sendi engsel ada pada tulang lutut dan siku.
– Sendi putar merupakan salah satu sendi yang gerakan salah satu ujung tulangnya mengitari atau membuat gerakan berputar pada ujung tulang lain. Sendi inilah yang membuat kepala kita bisa berputar dengan enak. Contohnya, sendi antara tulang tengkorak dan atlas.
– Sendi peluru merupakan sendi yang bisa bergerak ke segala arah. Contohnya, sendi yang menghubungkan antara tulang atas dan gelang bahu.
– Sendi pelana , sendi ini mampu bergerak ke samping dan depan, atau membuat gerakan dua arah. Contoh sendi penala adalah sendi di tulang pangkal ibu jari.

Terimakasih telah melihat artikel Tanya Jawab, semoga bermanfaat bagi para pembaca Cikijing.com.

Baca Juga:  pola pengembangan teks eksposisi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button