Tips & Trik

Tips/Cara Paling Gampang Memperkecil Ukuran File PDF Online & Offline 2023

Saat ini, dokumen dalam format PDF menjadi salah satu bahan yang paling banyak digunakan, terutama untuk penerbitan. Dari PC Windows hingga perangkat Android, semuanya telah menyediakan pembaca PDF untuk melihat dokumen PDF ini.

Dokumen PDF memiliki banyak keunggulan dibandingkan jenis dokumen lainnya. Format ini dapat menampilkan baik teks maupun gambar dengan baik dan dapat diatur agar terlihat seperti e-book. Sayangnya, ukuran file PDF biasanya besar dibandingkan dengan file Word dan lainnya, terutama untuk file yang dipindai. Ukuran besar ini akan dengan cepat menghabiskan ruang hard disk Anda dan membutuhkan waktu lama untuk mengunduh dari Internet.

Nah, bagi Anda yang sering menghadapi masalah tersebut, kali ini kami akan mengupas beberapa cara mengecilkan ukuran file PDF dengan mudah. Metode yang dibahas di sini mencakup metode online dan offline tanpa koneksi internet.

Cara pertama untuk mencoba adalah dengan mengklik program khusus. Program populer untuk tujuan ini adalah PDF Compressor. Program ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Anda dapat mengunduh versi gratisnya di sini.

Program ini memiliki antarmuka sederhana yang membuatnya sangat mudah digunakan. Yang harus Anda lakukan adalah mengunggah file PDF yang ingin Anda kurangi, lalu buat beberapa pengaturan yang baik dan mulai kompresi.

Ada tiga jenis level kompresi yang disediakan PDF Compressor yaitu default, fast dan maximum. Jika Anda membutuhkan ukuran file PDF terkecil, silakan pilih level maksimum. Namun jika menginginkan file dengan kualitas terbaik, silahkan pilih Default.

Menariknya, program PDF Compressor ini bekerja tanpa loss dan tanpa loss. Ini berarti gambar atau teks dalam file PDF yang disematkan tidak akan mengalami penurunan kualitas yang signifikan.

Baca Juga:  Tips/Cara Yang Paling Mudah Dan Jitu Menonaktifkan Twitter untuk Sementara Atau Selamanya

Sedangkan untuk proses konversi dengan metode zero, frame-frame yang berbeda pada file seringkali mengalami penurunan kualitas bahkan membuatnya mulus. Namun, ukuran file biasanya akan jauh lebih kecil.

Menggunakan Program Online

 

Jika Anda tidak mau repot menginstal aplikasi di PC, maka Anda dapat memperkecil ukuran file PDF secara online. Salah satu website yang menyediakan layanan tersebut adalah Docupub dengan fitur PDFCompress-nya yang bisa Anda akses di link ini.

PDFCompress merupakan sebuah aplikasi web sederhana yang dapat memperkecil berbagai jenis file PDF. Namun file yang ingin Anda rubah tidak boleh lebih dari 5MB. Aplikasi ini memiliki pengaturan yang cukup lengkap, termasuk pengaturan untuk kualitas gambar, serta kompabilitas dengan Adobe Acrobat.

Jika tidak mau repot dengan berbagai pengaturannya, maka Anda dapat memilih secara langsung 4 level kompresi yang ditawarkan yakni low, medium, high, dan maximum. Keempat opsi tersebut menawarkan kualitas output yang berbeda-beda.

Jika Anda menginginkan level kompresi hingga ukuran paling kecil, maka silahkan pilih maximum compression. Pada level tersebut, gambar yang ada di dalam file PDF tersebut akan diturunkan kualitasnya hingga 90% sehingga ukuran filenya akan berkurang secara signifikan.

Menggunakan Nitro

 

Selain Adobe Acrobat, Nitro juga menjadi salah satu aplikasi PDF editor terbaik yang ada saat ini. Terdapat berbagai metode yang bisa Anda lakukan untuk memperkecil file PDF menggunakan aplikasi ini, mulai dari menghapus objek hingga mengkompres grambar.

Salah satu metode yang paling mudah adalah dengan menyimpan ulang file PDF tersebut. Dengan cara ini, kita akan membuat file PDF tersebut diatur untuk keperluan online sehingga ukurannya menjadi kecil. Caranya:

  1. Buka file PDF
  2. Klik File > Print
  3. Pilih opsi Nitro PDF Creator dari daftar printer yang muncul
  4. Klik tombol Properties
  5. Pilih Web-ready Conversion Quality
  6. Klik OK
Baca Juga:  5 Aplikasi Penguat sinyal wifi yang bisa di Download Laptop dan Handphone

Metode selanjutnya adalah dengan menghapus berbagai objek yang tidak diperlukan. Seperti kita ketahui, sebuah file PDF bisa memiliki halaman, bookmark, link, hingga javascript di dalamnya. Nah, kita dapat menghapus berbagai objek tersebut agar ukurannya menjadi berkurang. Caranya:

  1. Buka file PDF
  2. Klik File > Optimize PDF
  3. Berpindah ke tab Object, lalu silahkan pilih objek apa saja yang ingin dihilangkan
  4. Klik OK, lalu klik Optimize

Cara memperkecil ukuran file PDF yang terakhir menggunakan program Nitro adalah dengan mengurangi kualitas gambar yang ada di dalamnya. Cara ini sangat cocok bagi Anda yang tidak terlalu mementingkan kualitas gambar di dalam file dokumen PDF tersebut. Caranya:

  1. Buka file PDF
  2. Klik File > OptimizePDF
  3. Silahkan pilih salah satu dari 5 macam kualitas gambar yang disediakan
  4. Klik OK, lalu klik Optimize

Rubah Ke Dalam Bentuk ZIP/RAR

 

Cara terakhir yang dapat Anda coba adalah dengan merubahnya ke dalam bentuk ZIP atau RAR. Metode ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengirim file PDF via email namun tidak ingin merubah kualitas dari file tersebut.

 

Back to top button