APLIKASI

Yuk, Kepoin 3 Cara Slow-mo di Tiktok yang Simpel Ini Aplikasi Terbaik

Aplikasi hits TikTok punya sejumlah fitur guna memuaskan penggunanya di seluruh dunia. Salah satu fitur baru TikTok yang kini tengah naik daun ialah video slow-motion.

Fitur ini naik daun karena Anda dapat melakukan perlambatan waktu dalam video yang dibuat, sehingga gerakan objek, subjek, hingga latar belakang lingkungan di dalamnya menjadi lebih lambat.  Sayangnya, tidak banyak orang memahami cara slow-mo di TikTok, aplikasi yang memang sedang hits di dunia, termasuk Indonesia.

Apa Itu Video Slow-mo?

slow motion video FX

Sebelum membahas cara slow-mo di TikTok, Anda harus memahami dulu apa itu video slow-motion? Slow motion adalah efek yang bisa memperlambat kecepatan video. Menariknya, cara slow-mo di TikTok cukup mudah karena media sosial ini memiliki fitur slow-mo. Sayangnya, karena letak fitur ini yang tersembunyi, banyak pengguna yang kesulitan membuat video slow-mo.

Sebetulnya video slow-mo sudah lama muncul, tapi baru tren beberapa tahun terakhir ini. Hal ini disebabkan kian maraknya media sosial yang menambahkan fitur slow-motion. Beberapa fitur video slow-mo bahkan menghadirkan efek dan fitur yang kian menambah keren video. 

Alasan lain video slow-mo menjadi tren ialah karena membuat video jenis ini cukup mudah. Apalagi, beberapa smartphone saat ini sudah menghadirkan fitur slow-motion. Anda cukup menggunakan HP tanpa perlu lagi repot harus mengedit video di komputer. 

Belum lagi, hampir sebagian besar orang saat ini menyukai berbagai konten yang berbentuk video atau gambar, bukan lagi konten berupa tulisan. Maka, video slow-motion menjadi sesuatu yang unik dan baru, sehingga terus naik daun di media sosial. Apalagi, hampir sebagian besar pengguna media sosial saat ini ialah remaja. Jadilah tren video gerak lambat ini menjadi viral.

Baca Juga:  10 Tips Penting Untuk Sukses Investasi Saham Aplikasi Terbaik

Cara Slow-mo di TikTok

cara membuat video Slow-mo

Mungkin Anda mengira kalau membuat video slow-mo di TikTok membutuhkan keahlian khusus serta perangkat yang canggih agar hasil videonya bagus dan trending. Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Pasalnya, media sosial saat ini tidak mempersalahkan kualitas videonya tapi mempersalahkan isi dari video yang di-upload.

Jadi untuk cara slow-mo di TikTok membutuhkan kesabaran dan momen yang tepat agar videonya menjadi tren di TikTok. Nah, kali ini Carisinyal akan membahas cara membuat video slow-motion di TikTok agar video yang dibuat lebih keren dan masuk FYP (For Your Page).

1. Menggunakan Fitur Bawaan TikTok

cara slow-mo tiktok 1_

TikTok menjadi media sosial yang cukup bersaing di dunia karena menghadirkan fitur yang lengkap. Meski awalnya banyak yang menganggap TikTok hanya sebagai aplikasi video untuk joget – joget, kini banyak konten yang berkualitas muncul di media sosial ini. Nah, cara slow-mo di TikTok bisa menggunakan fitur bawaan, seperti dibawah ini:

  • Buka aplikasi TikTok di HP Anda
  • Di halaman utama ketuk tanda tambah + di bagian tengah bawah layar aplikasi
  • Tekan tombol bulat merah untuk mulai merekam video baru
  • Selesai merekam video, akan muncul halaman baru yang bisa Anda gunakan untuk meng-edit video
  • Ketuk bagian efek pada menu yang disediakan
  • Pilih menu kecepatan atau ikon yang menyerupai pengatur waktu. Ikon ini berfungsi untuk mengaktifkan efek slow-mo TikTok
  • Anda bisa menentukan kecepatan video yang diinginkan. Media sosial ini sayangnya hanya menyediakan pilihan kecepatan 0,5x dan 0,3x
cara slow-mo tiktok 2_
  • Setelah selesai meng-edit, Anda pilih tombol save atau ikon centang berwarna merah di sisi kanan bawah layar
  • Tekan tombol next untuk masuk ke halaman baru
  • Di halaman ini Anda bisa menambahkan caption, mention dan keterangan lainnya pada video. Setelah itu klik tombol posting.

Menariknya, Anda dapat mengedit video lawas menggunakan fitur video slow-mo ini. Caranya hampir sama dengan di atas. Anda cukup memilih menu upload setelah menekan tombol tambah + Maka, video lawas yang tersimpan dalam HP Anda akan bisa di-edit di TikTok dan diberi efek video slow-mo.

Setelah tombol posting ditekan, Anda dapat langsung melihat video yang sudah diberikan efek slow-mo di halaman profil TikTok Anda atau timeline TikTok.

Baca Juga:  Download Aplikasi Penghemat Kuota Terbaik – No 3 Paling Bisa Diandalkan Aplikasi Terbaik

2. Menggunakan Aplikasi Video FX

video fx

Aplikasi TikTok memang memiliki beragam fitur untuk membuat video yang kreatif. Sayangnya, untuk cara video slow-mo di TikTok memiliki sejumlah kelemahan. Kelemahan yang cukup mengganggu ialah membuat video slow-mo di TikTok tidak bisa diatur kecepatannya. Padahal, video slow-mo seringkali disamakan dengan beat musik. Maka dari itu, Anda membutuhkan aplikasi tambahan untuk cara slow-mo di TikTok.

Salah satu aplikasi edit video slow-mo di TikTok yang bisa Anda coba ialah Video FX. Meski di Google Play Store banyak aplikasi edit video slow motion, namun aplikasi ini memiliki keunggulan tersendiri. Pasalnya, fitur yang dihadirkan cukup lengkap dan video slow-mo kecepatannya bisa diatur. Ini cara menggunakannya:

  • Setelah selesai mengunduh, buka aplikasi Video FX
  • Masuk ke Photo Gallery
  • Pilih video yang sebelumnya sudah Anda rekam menggunakan kamera HP
  • Kemudian atur kecepatan video. Tersedia pilihan 0,2x sampai 0,5x
  • Setelah itu, klik start agar video diproses
  • Setelah selesai meng-edit di aplikasi Video FX, Anda tinggal upload hasil video slow-mo tadi ke akun TikTok Anda. 
  • Buka aplikasi TikTok, klik tombol tambah +. Setelah itu, tambahkan efek atau musik sesuai keinginan. Jika sudah, klik posting untuk mengunggah video

3. Menggunakan Aplikasi Kamera Bawaan Smartphone

vivo x80 pro

Seperti yang diketahui, berbagai smartphone generasi terbaru sudah dibekali fitur kamera yang mumpuni, termasuk fitur video slow-mo. Namun, yang perlu diingat bahwa video yang dihasilkan tergantung kualitas kamera dan fitur slow-mo bawaan HP. 

Untuk memulai membuat video slow-mo di ponsel, Anda buka aplikasi kamera bawaan. Setelah itu, klik menu lainnya. Biasanya ada menu video slow-motion di sana. Pada beberapa ponsel, Anda akan menemukan mode slow-mo dan mode super slow-mo

Baca Juga:  Dengan Aplikasi Ini Anda Akan Tampil Lebih Cantik Ketika Video Call di Whatsapp – Download Aplikasinya Sekarang Aplikasi Terbaik

Mode slow-mo biasanya digunakan untuk membuat video dengan kecepatan frame 240fps. Sedangkan mode super slow-mo mampu membuat video kecepatan 960 fps. Setelah memilih mode video, Anda tinggal klik rekam dibagian bawah tengah layar. Klik tombol yang sama bila ingin berhenti merekam. Hasil video pun akan tersimpan di galeri foto. Setelah itu, Anda bisa meng-upload video ke TikTok.

Jadi, cara slow-mo di TikTok dapat dilakukan dengan berbagai cara, tidak hanya melalui aplikasi TikTok saja. Anda bisa menggunakan aplikasi edit tambahan agar hasil video slow-mo lebih baik. Yang perlu diperhatikan, Anda harus menyiapkan memori penyimpanan di HP Anda. Pasalnya file video itu biasanya berukuran besar, sehingga butuh banyak memori internal. Selamat mencoba.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button