Advertisement
APLIKASI

10 Aplikasi Pendingin Android Terbaik agar Tidak Panas Aplikasi Terbaik

Memiliki HP Android membuat kita semakin betah untuk berlama-lama menggunakan ponsel tersebut, mulai dari chatting bersama teman hingga eksis di media sosial. Namun, pernahkah Anda sadari bahwa smartphone Android yang digunakan dengan intensitas yang tinggi bisa menjadi panas?

Suhu panas yang muncul ketika kita sering menggunakan smartphone terletak pada CPU-nya. Beberapa aktivitas yang disinyalir dapat membuat ponsel menjadi panas adalah bermain game, browsing, hingga menggunakan beberapa aplikasi dalam waktu yang bersamaan.

Jika suhu panas pada ponsel dibiarkan begitu saja, lama kelamaan ponsel akan menjadi rusak. Kerusakan tersebut bisa terjadi pada baterai yang mudah habis karena sering terpapar suhu panas, layar kurang responsif, hingga mesin yang mati karena overheat.

Lantas, apa solusi untuk mengatasi smartphone agar tidak panas saat digunakan untuk aktivitas multitasking yang berat tersebut? Solusinya cukup mudah karena Anda dapat meng-install aplikasi pendingin Android di smartphone Anda. Nah, berikut Carisinyal telah membuat daftar aplikasi terbaik untuk mendinginkan smartphone Android Anda tersebut.

1. Nox Cleaner

Nox Cleaner_

Dengan lebih dari 50 juta pengguna, Nox Cleaner adalah salah satu aplikasi pembersih sekaligus pendingin ponsel Android yang paling efektif.

Dilengkapi dengan mekanisme canggih seperti pembersih cache, pembersih sampah, pembersih penyimpanan, pembersih memori, pembersih iklan, Nox Cleaner tidak hanya dapat meningkatkan ruang penyimpanan ponsel tetapi juga kinerja ponsel.

Tidak hanya itu, Nox Cleaner juga dapat berfungsi sebagai sistem antivirus dengan pemindai virus, penghapusan virus, dan perlindungan virus yang membantu pengguna Android melindungi perangkat dari potensi ancaman keamanan atau kerentanan privasi.

Untuk membantu mendinginkan ponsel, Nox Cleaner dengan cerdas mendeteksi dan menutup aplikasi yang menguras baterai untuk mengurangi penggunaan CPU sehingga menurunkan suhu ponsel yang sangat membantu pengguna saat menonton video atau bermain game.

2. One Booster

One Booster_

One Booster juga telah digunakan oleh lebih dari 50 juta pengguna Android. Aplikasi ini diklaim memiliki antarmuka pengguna yang sederhana dan intuitif, membuatnya ramah pengguna dan mudah untuk membersihkan cache dan file sampah untuk membebaskan RAM ponsel.

Baca Juga:  10 Aplikasi Coding Terbaik di Perangkat PC dan Laptop Aplikasi Terbaik

One Booster dapat mengoptimalkan dan mempercepat ponsel Android hanya dengan satu ketukan. One Booster juga dapat memindai ponsel untuk cache dan file sampah, dan membersihkannya untuk meningkatkan kecepatan pemrosesan ponsel.

Selain itu, One Booster juga dapat berfungsi sebagai pendingin CPU yang dapat mendinginkan suhu CPU ponsel Android dengan satu ketukan. Aplikasi ini juga dapat membantu menghemat daya baterai dan memperpanjang masa pakai baterai dengan menghibernasi aplikasi yang sedang berjalan.

3. KeepClean

KeepClean_

KeepClean adalah aplikasi pengoptimalan perangkat Android all-in-one yang mengintegrasikan fungsi pembersih telepon, pengoptimal RAM, antivirus, penghemat baterai, dan lainnya untuk kinerja dan keamanan optimal. Sejauh ini KeepClean telah diunduh lebih dari 50 juta kali di Play Store.

Salah satu fiturnya, CPU Cooling, akan melakukan analisis mendetail terhadap ribuan aplikasi untuk mengurangi konsumsi CPU dan mencegah perangkat terlalu panas. Lalu ada Game Booster yang akan menutup aplikasi latar belakang yang tidak digunakan untuk mengosongkan RAM dan meningkatkan kinerja ponsel.

4. Alpha Cooler – 7 Labs, Ltd

alpha cooler_

Aplikasi Alpha Cooler dari 7 Labs, Ltd ini terbilang efektif untuk mendinginkan suhu ponsel. Ketika kami coba memakainya di ponsel Android, aplikasi akan langsung mendeteksi suhu ponselnya, serta memberitahu pengguna mengenai penyebabnya.

Di dalam aplikasi tersedia fitur pencari aplikasi yang membuat suhu ponsel panas. Dengan adanya fitur ini, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan suatu aplikasi atau tidak.

Dari segi tampilan, aplikasinya cukup simpel. Hanya ada tiga indikator, yakni suhu, CPU dan RAM. Jika bingung, di dalam aplikasi terdapat panduan dan penjelasan mengenai penyebab HP yang overheat. Bagaimana, Anda tertarik untuk memakai aplikasi satu ini?

5. Cooling Master – Powerful Dev Apps

Cooling Master - Powerful Dev Apps_

Tak jauh berbeda dengan Alpha Cooler, Cooling Master dari Powerful Dev Apps juga sama-sama bisa mendinginkan ponsel yang overheat secara otomatis. Anda pun dapat mendeteksi aplikasi mana saja yang menyebabkan overheat.

Hanya saja, aplikasi ini memiliki fitur yang lebih banyak ketimbang Alpha Cooler. Sebut saja seperti penghemat daya dan smart lock.

Kedua fitur ini berfungsi dengan cukup baik. Bahkan, fitur smart lock yang dihasilkan dapat memberitahu beberapa informasi penting, seperti sisa baterai, indikator CPU, RAM, juga temperatur ponsel.

Baca Juga:  Download Aplikasi Pinjaman Online Terbaru 2022 – Cair Cepat, Limit Tinggi, ACC Mudah – Info Pinjaman Online Aplikasi Terbaik

Setiap akan menggunakan fiturnya, Anda diminta izin terlebih dulu oleh aplikasi Cooling Master ini. Oh iya, di dalam aplikasi terdapat iklan yang tampak, lengkap dengan suara iklannya. Untungnya, Anda dapat mematikan suaranya di pengaturan aplikasi jika dirasa mengganggu.

6. Cooling Master – Biscuit Co.

Cooling Master - Biscuit.co_

Cooling Master dari pengembang Biscuit Co. adalah aplikasi pemantauan dan pengontrol suhu yang mendeteksi dan menutup aplikasi yang menghabiskan banyak sumber daya untuk mengurangi penggunaan CPU dan menurunkan suhu ponsel.

Cooling Master menyediakan beberapa fitur yang diklaim benar-benar gratis digunakan. Beberapa di antaranya adalah pemantauan suhu waktu nyata, deteksi panas berlebih, satu ketukan untuk mendinginkan, dan pencegahan panas berlebih.

7. CPU Cooler, Cleaner, Booster, Smart Charging

Phone Cooler -Flash Alert Plus_

Aplikasi berfungsi untuk mendinginkan CPU perangkat Android. Itu juga dapat membantu Anda membersihkan file sampah, mempercepat dan meningkatkan waktu pengisian daya.

CPU Cooler CPU akan menganalisis dan mengoptimalkan penggunaan CPU Anda secara dinamis. Ia dapat menemukan aplikasi yang terlalu panas dan menghentikan untuk mendinginkan suhu ponsel.

Ada pula fitur pembersih sampah ponsel yang membantu menganalisis semua file log, file sementara, file riwayat, file besar dan file AD, dan kemudian merekomendasikan untuk membersihkan file sampah sisa yang tidak berguna untuk melepaskan lebih banyak penyimpanan ponsel.

8. CPU Cooler

CPU Cooler

HP terasa panas? Anda perlu mendinginkannya dengan aplikasi yang disebut CPU Cooler. Aplikasi yang satu ini siap mendinginkan HP secara profesional. Bahkan, aplikasi ini juga mengklaim mampu memantau suhu HP Anda dan menjaganya agar tetap stabil, tidak terlalu panas ataupun terlalu dingin.

Yang menariknya lagi, CPU Cooler juga akan memberikan informasi secara berkala mengenai suhu HP Anda saat ini. Jadi, ketika HP sudah sangat panas, maka aplikasi ini akan secara otomatis mengingatkan Anda untuk mendinginkannya segera. Sangat membantu, ya?

Baca Juga:  10 Aplikasi Kasir Terbaik Bagi yang Ingin Memulai Bisnis Aplikasi Terbaik

9. CPU Cooler: Clean Booster

cpu cooler clean booster

CPU Cooler: Clean Booster adalah aplikasi pemantauan, pengontrol, dan pendinginan suhu untuk mendinginkan ponsel dan mengurangi penggunaan CPU. Aplikasi ini juga mampu mendeteksi aplikasi yang menghabiskan banyak sumber daya dan menguras baterai yang membuat ponsel Anda lambat.

Aplikasi ini juga dapat meningkatkan kinerja ponsel secara keseluruhan. Pada dasarnya fungsi utamanya adalah untuk menutup sumber daya yang berat dan aplikasi yang berjalan di latar belakang yang membuat ponsel Anda lambat dan terlalu panas.

10. Droid Optimizer

droid optimizer

Jika smartphone Anda lemot, baterai gampang habis, dan meluncurkan aplikasi membutuhkan waktu lama, maka Anda bisa menggunakan Droid Optimizer untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menekan tombol berwarna biru dengan tulisan Let’s Start Optimize untuk mulai melakukan optimisasi pada Android.

Yang menariknya lagi, aplikasi ini menyediakan tips untuk menjaga agar kinerja ponsel tetap optimal. Dengan mengoptimasi sistem perangkat, maka secara tidak langsung suhu perangkat dapat turun karena CPU bekerja lebih ringan dan efisien.

Semua aplikasi pendingin Android di atas bisa Anda download di Google Play Store. Selain itu, semua aplikasi tersebut tanpa root dan bisa didownload secara gratis. Silahkan coba aplikasinya agar Anda dapat beraktivitas dengan smartphone Android tanpa takut kepanasan lagi.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button