APLIKASI

11 Aplikasi Tulisan Arab Terbaik untuk HP Android Aplikasi Terbaik

Di bulan suci Ramadhan, berbagi ayat-ayat Al-Quran kepada kerabat dan sahabat melalui ponsel adalah suatu kegiatan yang biasa. Namun, hal tersebut akan menjadi luar biasa jika Anda menuliskan ayat tersebut dengan tulisan Arab. Sayangnya, sebagian besar smartphone yang dijual di Indonesia tidak menyediakan fasilitas untuk menulis dalam bahasa Arab.

Untuk menulis tulisan Arab melalui smartphone, Anda bisa menginstall aplikasi tulisan Arab untuk Android. Nah, aplikasi apa sajakah yang dapat memberikan fasilitas untuk menulis tulisan Arab? Carisinyal sudah merangkum beberapa aplikasi yang bisa membantu Anda untuk menulis tulisan Arab.

1. Best Arabic Fonts for FlipFont

الخطوط العربية للمجرة

Di posisi pertama, ada sebuah aplikasi tulisan Arab untuk Android yang dirancang agar kompatibel terhadap Monotype Imaging Inc’s Flipfont dan akan membuat smartphone Anda bisa digunakan untuk menulis bahasa Arab.

Best Arabic Fonts for FlipFont adalah aplikasi yang sangat cocok untuk smartphone Samsung Galaxy. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengubah font dan user interface pada smartphone Anda.

Jadi, Anda tak hanya mampu mengetik dengan tulisan Arab saja, tapi semua interface di smartphone Anda akan berubah menjadi tulisan Arab. Best Arabic Fonts for FlipFont sudah diinstall sebanyak 1 juta kali dan tersedia gratis di Google Play Store.

2. iFont

ifont_

Jika Anda ingin menggunakan style font Arab, Anda juga bisa menginstall aplikasi iFont. Bukan hanya sekedar menyuguhkan font yang kekinian saja karena iFont juga punya variasi untuk font yang bertuliskan huruf-huruf Arab.

Baca Juga:  3 Aplikasi Kasir Gratis Terbaik Untuk Android dan iOS – Otomatisasikan Usaha Anda Sekarang Juga Aplikasi Terbaik

Cara memasang font Arab di iFont pun cukup mudah, Anda hanya perlu memilih style huruf Arab yang ingin digunakan dan pasanglah pada perangkat Android. Dan juga, Anda tak perlu repot membayar aplikasi iFont, karena semua yang ada pada aplikasi ini gratis.

3. Free Arabic Fonts for FlipFont

Free Arabic Fonts for FlipFont

Bagi Anda yang ingin menulis dan membaca bahasa Arab di smartphone Anda, maka Anda perlu menginstall Free Arabic Fonts for FlipFont. Aplikasi ini nampaknya hampir sama dengan aplikasi pertama yang dibahas oleh Carisinyal di atas. Ini merupakan aplikasi yang bisa disinkronkan dengan Flipfont.

Aplikasi ini bisa dipakai di beberapa jenis ponsel Android, tetapi Free Arabic Fonts for FlipFont paling kompatibel dengan seri Samsung Galaxy. Di ponsel Samsung Galaxy, Anda hanya perlu membuka Settings > Display > Font > Pilih huruf Arab yang diinginkan. Setali tiga uang dengan aplikasi yang sudah dibahas sebelumnya, Free Arabic Fonts for FlipFont juga mendapat rating 4,3.

4. Arabic Keyboard

Arabic Keyboard

Ingin mengetik dengan huruf Arab? Kalau begitu, Anda bisa pasang aplikasi Arabic Keyboard. Aplikasi yang dibesut oleh developer Keyboard Style ini cukup baik dalam menampilkan tulisan dengan huruf Arab. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan sekitar 500 emoticon yang bisa mempercantik tulisan Anda di ponsel.

Yang menariknya lagi adalah, Anda bisa mengubah style keyboard dengan warna apapun sesuai dengan selera. Tercatat, ada 8 warna yang bisa Anda gunakan untuk mengganti background keyboardIngin coba pakai aplikasinya? Anda bisa mengunduhnya di sini.

5. Keyboard Arab – Stardevelopers

keyboard arab - stardevelopers_

Selanjutnya, ada Keyboard Arab dari Stardevelopers. Aplikasi tulisan Arab untuk Android ini menyajikan kemudahan untuk Anda dalam mengetik tulisan Arab. Keyboard Arab ini membawa beberapa fitur, seperti keyboard Arab dan juga bahasa Inggris, emoji dan juga translator bahasa Arab-Inggris, dan banyak bahasa lainnya.

Baca Juga:  10 Aplikasi Audio Equalizer Terbaik untuk PC dan Laptop Aplikasi Terbaik

Keyboard Arab dari Stardevelopers ini sangat mudah untuk digunakan. Anda hanya perlu mengunduhnya melalui Google Play Store, lalu memasang aplikasinya di HP. Setelah itu, buka aplikasi dan tekan tombol “Let’s Start” untuk memulai menggunakan keyboard ini. Setelahnya, Anda akan dibawa ke laman baru untuk mengaktifkan Keyboard Arab ini. Geser toggle dengan tulisan “Keyboard Arab” untuk mulai menggunakannya.

Selain fiturnya cukup lengkap, aplikasi ini juga memiliki user interface yang ramah untuk pengguna. Serunya, Anda pun dapat mengganti tema keyboard sesuai selera. Hal yang menjadi kekurangan dari aplikasi ini mungkin hanya pada iklan-iklan yang tampak saja. Namun, kami bisa memakluminya, mengingat aplikasi ini gratis.

6. Ana Muhtarif Al Khat

Ana Muhtarif Al Khat

Ingin membuat kaligrafi Arab di smartphone? Anda bisa menggunakan bantuan dari Ana Muhtarif Al Khat di mana aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menulis dalam tulisan Arab melalui smartphone. Anda bisa membuat desain kaligrafi Arab dengan sangat indah menggunakan aplikasi ini. Tak hanya itu saja, Anda pun bisa mengubah ukuran font atau melakukan undo dan redo.

Ana Muhtarif Al Khat turut menyediakan font dan background dari berbagai warna yang bisa Anda pilih sesuka hati. Setelah selesai, Anda bisa membagikan kaligrafi buatan Anda melalui Facebook. Ana Muhtarif Al Khat memang baru diinstall sebanyak lebih 1 juta kali, tapi aplikasi ini telah mendapat rating 4,6 bintang.

7. Arabic Keyboard – Innovative Trends Hub

Arabic Keyboard - Innovative Trends Hub _

Arabic Keyboard – Innovative Trends Hub bisa Anda jadikan pilihan jika mencari aplikasi tulisan Arab di Android. Anda dapat memakai keyboard ini untuk berbagai keperluan, seperti chatting atau mengetik dokumen di ponsel dalam bahasa Arab.

Baca Juga:  10 Aplikasi Arti Nama Terbaik dan Terlengkap di Android Aplikasi Terbaik

Aplikasi ini menyajikan fitur pengetikan dalam bahasa Arab dan juga keyboard alfabet biasa. Di dalam keyboardnya juga ada fitur penggantian warna dan tema dan perekam suara. Aplikasinya sangat simpel, ukurannya pun kurang dari 20 MB saja.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button