Advertisement
KESEHATAN

6 Tips Merawat Kesehatan Pada Mata Anak

6 Tips Merawat Kesehatan Pada Mata Anak – Indra penglihatan memiliki peran penting, karena mata merupakan jendela dunia. Oleh karena itu, kesehatan mata pada anak perlu dijaga sebaik mungkin.

Apalagi selama pandemi seperti ini, anak-anak yang seharusnya belajar di sekolah diharuskan untuk belajar dari rumah.

Hampir seharian penuh mereka menghabiskan waktu berada di depan layar komputer maupun gadget.

Untuk menghindari mengalami gangguan mata pada anak, orang tua tentu memiliki peran penting dalam kesehatan mata sang buah hati.

Berikut adalah 6 tips merawat kesehatan pada mata anak:

Little Girl G8e478382b 1920

1. Memenuhi Kebutuhan Asupan Nutrisi Mata

Cara pertama dalam merawat kesehatan mata pada anak adalah dengan memberi asupan nutrisi yang dibutuhkan dengan makanan bergizi.

Untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh mata, orang tua dapat memberikan sayur dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin A, vitamin C, antioksidan, seng, dan omega-3.

Sebagai contoh makanan yang memberikan asupan nutrisi untuk kesehatan mata adalah: Wortel, bayam, tomat, ikan tuna, dan ikan salmon.

2. Memeriksakan Kesehatan Mata Anak

Orang tua wajib memeriksakan kesehatan mata anak sejak dini, anak dapat diperiksakan ketika menginjak usia enam bulan.

Setelah itu, lakukan pemeriksaan rutin setiap dua tahun sekali. Hal ini dilakukan supaya untuk menghindari gangguan mata yang mungkin dapat terjadi pada anak.

Baca Juga:  3 Manfaat Buah Kiwi Untuk Tubuh Manusia

3. Menstimulasi Indra Penglihatan

Peran orang tua sangat penting untuk membantu perkembangan visual anak sejak usia dini. Banyak cara yang dapat orang tua lakukan untuk menstimulasi penglihatan anak.

Sebut saja seperti, memberikan mainan dengan bentuk dan warna yang bervariasi. Akan tetapi, harus tetap diperhatikan jika mainan yang diberikan aman untuk anak.

4. Pakaikan Topi Ketika Anak Bermain di Luar Ruangan

Memakai topi ketika beraktivitas di siang hari dapat membantu melindungi mata anak dari bahaya sinar UV.

Orang tua dihimbau untuk tidak mengajak anak beraktivitas di luar ruangan ketika sinar matahari sedang terik.

Hal ini dilakukan supaya dapat meminimalisir dampak negatif dari paparan sinar matahari secara langsung pada mata, seperti dapat merusak kornea mata.

5. Membatasi Penggunaan Gadget

Penggunaan gadget secara berlebihan dapat menimbulkan dampak negatif pada kesehatan mata anak. Untuk itu, orang tua harus membatasi waktu anak berada di depan layar atau bermain gadget.

Orang tua bisa mengajarkan kepada anak untuk melepaskan pandangan dari layar setiap 20 menit sekali dan melihat objek yang jauh selama 20 detik untuk mengistirahatkan mata.

Ya, perihal yang satu ini kadang kala cukup berat sih. Karena selain anak suka main game, beberapa orang tua pula sering memperlihatkan aktivitas bermain gadget yang cukup lama di depan anaknya.

Padahal, terlalu lama menatap layar gadget dapat menyebabkan beberapa gangguan penglihatan, seperti mata lelah, mata kering, serta dapat menurunkan ketajaman mata.

6. Awasi Anak Supaya Tidak Melakukan Kebiasaan yang Merusak Mata

Terkadang perilaku anak ketika bermain sulit untuk ditebak, karena itu, orang tua perlu mengawasi anak supaya tidak melakukan kebiasaan yang berdampak buruk terhadap dirinya, salah satunya pada kesehatan matanya.

Baca Juga:  11 Cara Simple Alami Menghilangkan Kadas (Kurap)

Apabila menyadari bahwa anak telah mengalami gangguan pada penglihatannya, segera periksakan ke dokter spesialis mata.

Menjaga kesehatan mata perlu dilakukan sejak dini supaya anak dapat beraktivitas dan tumbuh secara normal. (Sumber)

Terimakasih telah melihat artikelĀ 6 Tips Merawat Kesehatan Pada Mata Anak, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Back to top button