Advertisement
Tanya Jawab

berita kekalahan jepang pertama kali didengar oleh – CIKIJING.COM

Berita menyerah kalahnya Jepang pada 14 Agustus 1945 pertama kali didengar oleh …

A. Sutan Syahrir

B. Moh. Hatta

C. Ir. Sukarno

D. Radjiman Wedyoningrat

Jawaban

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah A.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Peristiwa Jepang menyerah pada Sekutu menimbulkan dampak bagi bangsa Indonesia dan memberikan kesempatan untuk memproklamasikan kemerdekaan. Presiden Amerika Serikat Harry Truman memerintahkan pengeboman terhadap kota Hiroshima (6 Agustus 1945) dan Nagasaki (9 Agustus 1945) yang mengakibatkan kelumpuhan kondisi politik dan ekonomi Jepang. Akhirnya, pada tanggal 15 Agustus 1945, Jepang menyerah tanpa syarat pada Sekutu. Kaisar Hirohito tampil di radio nasional pertama kalinya, mengumumkan Jepang menyerah demi menciptakan perdamaian besar bagi generasi mendatang. Amerika Serikat segera menerima menyerahnya Jepang. Peristiwa ini mengakhiri Perang Dunia II setelah empat tahun pertempuran antara Jepang dan Amerika Serikat.

Golongan muda yang mendengar berita kekalahan Jepang dari radio luar negeri merasa situasi tersebut merupakan kesempatan baik bagi bangsa Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaannya. Berita kekalahan Jepang dari Sekutu tidak seketika tersiar ke berbagai negara. Namun, berita soal ini diketahui salah satu tokoh pada masa itu, Sutan Syahrir.

Pada masa kependudukan Jepang, Syahrir melakukan gerakan bawah tanah untuk mempersiapkan kemerdekaan tanpa bekerja sama dengan Jepang. Pada tanggal 10 Agustus 1945, Sutan Syahrir mendengar berita tersebut dari siaran radio luar negeri yang pada waktu itu dilarang. Akhirnya, Syahrir menghubungi Chairil Anwar dan segera meneruskan berita tersebut kepada para pemuda yang pro kemerdekaan.

Originally posted 2022-03-10 14:08:46.

Terimakasih telah melihat artikel Tanya Jawab, semoga bermanfaat bagi para pembaca Cikijing.com.

Baca Juga:  Rumah Adat Berikut Berasal Dari Daerah? - CIKIJING.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button